6 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Terbukti Dan Aman

Apa Saja Usaha Anda Untuk Menurunkan Berat Badan Akhir – Akhir Ini?

Pernahkah Anda melakukan hal dibawah ini:

  • meminum pil pelangsing
  • melakukan diet ketat yang justru akan mengancam kesehatan dan jiwa anda.
  • Olahraga Berlebihan yang membuat badan Anda pegal – pegal keesokan harinya
  • Mengurangi porsi makan Anda, tapi malah kena maag

Bila Anda pernah melakukan salah satu dari upaya diatas maka artikel ini sangat cocok untuk Anda. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tips untuk menurunkan bobot tubuh Anda secara alami dan aman.

Namun sebelum mengupas tentang cara tersebut ada baiknya kita sedikit membahas tentang berat badan berlebihan atau obesitas

Turunkan Berat Badan Walafiat

Resiko Bila Badan Anda Mengalami Kegemukan

Memiliki tubuh yang ideal merupakan keinginan semua orang, tidak hanya pria tetapi juga wanita.  Apalagi ukuran tubuh yang besar akan menyebabkan anda kesulitan untuk menentukan ukuran pakaian dan celana yang pas.  Belum lagi ukuran sepatu yang juga membengkak, tidak hanya itu berat badan yang bertambah dari waktu ke waktu akan menyebabkan ruang gerak semakin terbatas.  Berat badan berlebih disebabkan oleh tidak seimbangnya kalori yang masuk dan kalori yang keluar dari dalam tubuh.  Orang yang gemuk lebih banyak mengonsumsi kalori namun sedikit melakukan aktivitas.

Masalah berat badan berlebih jangan dianggap remeh karena berat badan yang tidak normal sesuai dengan masa indeks tubuh berbahaya bagi kesehatan. Apa lagi jika dalam keluarga anda ada riwayat penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, stroke bahkan sakit jantung, kegemukan bisa menjadi faktor pemicunya.

Kegemukan disebabkan oleh berbagai faktor yaitu dari luar dan dari dalam.  Dari dalam yaitu adanya faktor genetik atau keturunan, hal ini tidak dapat dihindari.  Karenanya jika orang tua anda baik ayah atau ibu memiliki tubuh yang gemuk kemungkinan besar anda juga akan mewarisinya.  Faktor dari luar seperti konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak sehingga membuat lemak terperangkap di dalam tubuh.  Belum lagi kebiasaan duduk sambil bermain ponsel atau menonton televisi yang akan membuat tubuh tidak berkeringat.  Lebih parahnya, jika kegiatan tersebut dilakukan sambil memakan cemilan yang minim serat.

Banyak orang yang tidak sadar akan bahaya yang ditimbulkan oleh tubuh yang gemuk.  Tubuh gemuk memang terlihat lucu dan menggemaskan terlebih jika terjadi pada anak-anak.  Namun jangan salah, bahwa kegemukan juga menyimpan potensi yang sangat berbahaya bagi kesehatan.  Beberapa bahaya dan resiko yang akan anda alami jika memiliki tubuh yang gemuk adalah :

  • Kesulitan tidur
    Kesulitan tidur yang dialami oleh orang gemuk dinamakan sleep apnea, yang ditandai dengan gejala berhenti bernafas beberapa kali saat orang tersebut terlelap.  Hal ini disebabkan oksigen yang ada dalam darah semakin menurun.  Keadaan ini akan mempengaruhi kerja jantung sekaligus pembuluh darah.
  • Gangguan kesehatan pada persendian dan tulang
    Orang yang gemuk lebih rentan untuk mengalami  atau pengapuran tulang.  Tidak hanya itu, gangguan persendian dan tulang juga menghantui orang yang gemuk karena beban tubuh yang melebihi normal.
  • Resiko penyakit kronis
    Gemuk identik dengan makan makanan yang mengandung minyak, lemak dan minim serat sehingga angka kolestrol semakin memprihatinkan.  Penyakit kronis seperti darah tinggi, liver, dan kanker juga dapat menjadi resiko besar bagi orang gemuk.  Lemak yang berlebih juga mengakibatkan darah susah membeku yang dapat memicu penyakit stroke.
    Penurunan rasa percaya diri

Orang yang gemuk sering kali sulit  untuk menemukan ukuran baju yang pas, sehingga tidak dapat bereksperimen dengan tubuhnya sendiri.   Akibatnya banyak orang gemuk yang mengalami kesulitan untuk menunjukan dirinya di depan umum karena krisis kepercayaan diri.

Itulah beberapa dampak negatif yang bisa ditimbulkan akibat berat badan yang melampaui batas normal.

Cara Menenghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus BMI

Rumus BMI (Body Mess Index) atau biasa juga disebut IMT (Indek Massa Tubuh) sering kali di jadiak acuan untuk mengetahui berat badan seseorang. Rumus ini memadukan perhitungan antara tinggi dan berat badan seseorang. Sehingga hasilnya akan menjadi berat badan ideal orang tersebut. Berukut ini rumusnya:

Berat Badan Ideal = Berat Badan (Kg) : (Tinggi badan x Tinggi badan)

Sebagai Contoh: Berat badan anda 50 kg : (1,68 m x 1,68 m) = 45 : 2,82 = 17,0 adalah Nilai BMI anda.

6 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Terbukti Dan Aman

Sekarang kita akan mengupas tentang 6 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Terbukti Dan Aman.  Cara ini merupakan sumber informasi anda yang mungkin sedang mengalami masalah dengan berat badan ideal. Cara yang akan kami sajikan terbukti aman karena tidak menggunakan bahan kimia apapun. Penasaran? Segera simak bersama :

  1. Minum air putih sebelum makan
    Air putih merupakan minuman terbaik untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat aktivitas sehari-hari.  Tidak hanya untuk sebagai penghilang rasa haus, air putih juga bisa jadi salah satu dari 6 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Terbukti Dan Aman.   Caranya sangat mudah, anda hanya perlu meminum air putih terlebih dahulu sebelum makan. Air putih yang masuk ke perut akan menempati ruang di lambung sehingga ruang untuk makanan yang akan dikonsumsi lebih sedikit.
  2. Jangan lupa sarapan
    Sarapan atau makan pagi sangat penting.  Banyak orang yang sering mengabaikan sarapan, padahal sarapan sebagai sumber tenaga yang akan kita gunakan ketika beraktivitas.  Tidak sarapan akan membuat tubuh lemas dan pencernaan di perut jadi terganggu.  Akibatnya otak memberikan sinyal bagi tubuh untuk makan lebih banyak saat jam makan siang.
  3. Perhatikan porsi makan
    Porsi makan juga berpengaruh bagi tubuh.  Makan dalam porsi besar sekali waktu akan membuat metabolisme tubuh menjadi terganggu.  Lebih baik jika makan dalam porsi yang kecil sehingga kalori yang masuk ke dalam tubuh juga akan diserap dan dikeluarkan secara lebih optimal.
  4. Pilih jenis makanan
    Jenis makanan juga wajib anda perhatikan.  Sekali lagi, hindari atau kurangi jumlah asupan makanan dengan kadar lemak atau minyak yang tinggi seperti mentega, keju, susu, kuning telur, makanan yang digoreng serta makanan olahan.  Coba perbanyak makanan sayur dan buah yang akan menjaga kesehatan pencernaan anda.  Bila perlu ganti cemilan anda dari snack buatan pabrik dengan kacang rebus atau buah segar.  Selain lebih sehat, tentu saja anda bisa mendapatkan berat badan ideal dalam waktu singkat.
  5. Istirahat cukup
    Istirahat juga penting untuk merelaksasi tubuh dan pikiran.  Berilah waktu untuk tubuh beristirahat.  Jika kurang tidur, hormon ghrelin atau hormon yang memicu nafsu makan akan naik dan membuat anda ingin menyantap apa saja.  Kurang tidur juga bisa menyebabkan metabolisme anda menjadi terganggu.
  6. Katakan tidak pada makan malam
    Selain minimnya aktivitas yang kita jalani saat malam hari, makan malam juga memaksa sistem pencernaan untuk tetap mengolah makanan.  Malam hari adalah waktunya tubuh untuk beristirahat.  Makan malam hanya akan menjadikan timbunan lemak dibawah kulit semakin tebal, sebaiknya jangan makan lebih dari pukul 6 sore.

Itulah 6 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Terbukti Dan Aman yang bisa anda coba.  Cara ini harus dilakukan dengan konsisten dan penuh keyakinan, karena 6 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Terbukti Dan AmanTidak menggunakan badan kimia berbahaya atau prosedur lain yang akan membuat tubuh tidak nyaman.  Ubah perilaku hidup ke arah yang lebih sehat.  Jika memiliki waktu lebih tidak ada salahnya untuk membuang kalori dengan olah raga agar 6 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Terbukti Dan Aman bisa memberikan hasil yang maksimal.   Selamat mencoba.

Sumber Pustaka:

alodokter.com

cantikitu.com

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.