Bahaya Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah Tinggi

darah-tinggi-1Hipetensi atau penyakit tekanan darah tinggi ialah salah satu penyakit yang sering diderita oleh sebagian besar penduduk Indonesia. Hipertensi di Indonesia sendiri telah mencapai angka 25,8% banyak penderitanya. Umumnya yang terkena penyakit kronis ini ialah seseorang yang sudah berumur di atas 18 tahun. Selain penyakit diabetes, penyakit tekanan darah tinggi ini telah menjadi salah satu penyakit yang menyebabkan banyak kematian di Indonesia. Hal tersebut karena banyaknya orang yang tidak menyadari bahwa telah terkena hipertensi.

Tekanan darah tinggi memang tidak memiliki gejala yang signifkan sehingga menyebabkan seseorang yang terkena penyakit ini tidak mengetahuinya. Namun, umumnya orang yang mengalami tekanan darah tinggi jtuga akan menunjukkan gejala seperti sakit kepala yang tidak ada hentinya, sesak napas, sering mengalami mimisan dan pandangan mata pun menjadi sedikit kabur.

Gejala tersebut tidak selalu terlihat pada orang yang mengalami tekanan darah tinggi. Namun, jika anda memiliki gejala tersebut lebih baik untuk segera periksa ke dokter. Hal itu karena tekanan darah tinggi dapat menyebabkan penyakit serius lainnya muncul. Penyakit seperti jantung, diabetes dan stroke bisa diakibatkan jika tekanan darah tinggi tidak segera ditangani.

Apa Itu Tekanan Darah Tinggi?

Hipertensi atau tekanan darah tinggi ialah salah satu penyakit yang mematikan jika tidak segera ditangani dengan benar. Tekanan darah tinggi dapat terjadi jika tekanan darah pada pembuluh darah arteri lebih dari keadaan normal. Pembuluh darah arteri sendiri ialah pembuluh darah yang memiliki fungsi untuk mengedarkan oksigen dan nutrisi dari jantung menuju ke seluruh organ tubuh. Tekanan darah dikatakan normal jika memiliki angka 120mmHg/80mmHg.

Penyebab tekanan darah tinggi yang biasanya sering ditemukan pada para penderitanya ialah karena faktor genetis. Tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit keturunan. Jadi seseorang yang memiliki keluarga terkena penyakit ini memiliki kesempatan lebih besar mengidap penyakit ini. Selain karena faktor keturunan, penyakit ini juga disebabkan dengan bertambahnya usia. Semakin bertambahnya usia, maka semakin besar pula risiko terkena tekanan darah tinggi.

Pola hidup yang  tidak sehat seperti kurang berolahraga juga dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit ini. Kelebihan berat badan juga dapat memicu seseorang terkana penyakit ini. Selain itu, terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung garam juga menjadi pemicu datangnya tekanan darah tinggi pada tubuh.

Mencegah penyakit ini dapat dilakukan dengan mulai menerapkan pola hidup sehat setiap hari. Garam dan kafein juga mempengaruhi munculnya tekanan darah tinggi, maka mengontrol asupan kedua bahan tersebut sangatlah diperlukan. Kelebihan berat badan juga menjadi faktor pemicu tekanan darah tinggi. Jadi berolah raga untuk menurunkan berat badan juga sangat dianjurkan. Meskipun tidak kelebihan berat badan, namun berolahraga secara teratur juga dapat sangat membantu mencegah datangnya penyakit kronis ini.

Stres yang terus menerus juga menjadi salah satu penyebab tekanan darah tinggi. Jadi hilangkan stres agar tidak menjadi salah satu penderita darah tinggi. Jangan lupa pula untuk selalu melakukan cek tekanan darah secara berkala agar bisa terhindar dari tekanan darah tinggi.

Mitos Tentang Darah tinggi

Banyak beredar mitos yang tidak benar tentang tekanan darah tinggi di masyarakat luas. Salah satunya ialah tekanan darah tinggi bukanlah termasuk masalah besar yang harus diperhatikan. Tentu saja hal itu sangatlah salah, karena tekanan darah tinggi dapat memicu penyakit mematikan lainnya seperti stroke, penyakit jantung dan gagal ginjal. Fakta yang sebenarnya ialah tekanan darah tinggi sering menjadi pembunuh yang tak kasat mata karena tidak ada gejala signifikan.

Mitos lainnya ialah tekanan darah tinggi akan datang ke tubuh tanpa bisa dicegah timbulnya. Faktanya ialah tekanan darah tinggi memang sangat berisiko bagi orang yang memiliki anggota keluarga mengidap penyakit ini karena faktor genetis. Namun, tidak semua orang yang mengidap penyakit ini karena faktor genetis saja. Banyak yang terkena darah tingi karena kesalahan pola makan ataupun karena terlalu sering mengalami stres.

Tentu saja tekanan darah tinggi dapat dicegah. Batasi jumlah asupan garam dan berolah raga secara teratur menjadi salah satu jurus penting untuk mencegah tekanan darah tinggi. Menghindari rokok dan alkohol juga sangat diperlukan jika tidak ingin tekanan darah tinggi satang menghampiri anda.

Tanaman Herbal Untuk Obati dan Cegah Tekanan Darah Tinggidarah-tinggi

Tekanan darah tinggi dapat diobati tidak hanya dari pertolongan medis saja. Namun, juga dapat diobati dan dicegah dengan menggunakan tanaman herbal. Mengkonsumsi tanaman herbal sebagai obat tekanan darah tinggi memiliki banyak keuntungan karena tidak mengandung bahan kimia sehingga tidak akan menimbulkan efek samping.

Berikut ini beberapa tanaman herbal yang dapat digunakan sebagai obat tekanan darah tinggi, antara lain :

  1. Daun Salam

Tanaman herbal untuk obat tekanan darah tinggi yang pertama ialah daun salam. Meskipun sering digunakan sebagai tambahan bumbu masakan, ternyata daun salam juga memiliki banyak manfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti tekanan darah tinggi, menurunkan kolesterol dan kadar gula.

Membuat ramuan dari daun salam untuk tekanan darah tingi dapat dibuat dengan merebus daun salam sebanyak 10 lembar dengan tiga gelas air. Rebus daun salam hingga airnya sisa sekitar satu gelas saja. Setelah itu saring air rebusan dan minumlah pada hari dan lakukan secara teratur agar tekanan darah bisa menjadi normal kembali.

  1. Mengkudu

Buah mengkudu sudah tidak asing lagi menjadi obat tradisional yang paling sering digunakan. Tidak hanya bisa menurunkan tekanan darah tinggi, buah mengkudu juga dapat menurunkan kolesterol dan juga kadar gula dalam darah.

Mengkonsumsi mengkudu untuk obat tekanan darah tinggi, anda hanya perlu menghaluskan buah mengkudu yang matang. Setelah dihaluskan, air dari mengkudu tersebut bisa langsung dikonsumsi dengan tambahan sedikit madu.

  1. Kentang

Kentang yang umumnya digunakan sebagai bahan makanan karena mengandung karbohidrat, ternyata juga dapat menjadi obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kentang mengandung potasium yang tinggi bisa menurunkan tekanan darah tinggi sekaligus juga dapat menjadi bahan diet rendah karbohidrat.

Mengolah kentang untuk menurunkan karbohidrat sangat dianjurkan jika dipanggang. Kentang bisa dikonsumsi setiap hari namun dengan takaran yang pas. Jangan mengkonsumsi secara berlebihan karena potasium yang tinggi dalam tubuh dapat menimbulkan penyakit lain.

  1. Mentimun

Buah mentimun pasti sudah tidak asing lagi bagi banyak orang. Bahan yang satu ini sering dibuat pelengkap lalapan dan menjadi salah satu bahan yang paling sering dikonsumsi. Mentimun memiliki kandungan potasium yang cukup tinggi sehingga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Mengkonsumsi mentimun sebagai obat untuk menurunkan darah tinggi dapat dilakukukan secara dimakan langsung. Selain itu, dapat pula dibuat jus mentimun dengan tambahan bahan yang lain. Namun perlu diperhatikan saat mencampurkan bahan lain, jumlah mentimun haruslah lebih banyak.

  1. Bawang Putih

Tanaman herbal untuk mengobati tekanan darah tinggi selanjutnya adalah bawang putih. Meskipun sering dibuat untuk bumbu dapur, bawang putih juga sangat berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan bawang putih dapat membuat bahan yang satu ini dijadikan obat untuk penyakit yang bermcam-macam seperti jantung menurunkan kolesterol

Bawang putih dapat dikonsumsi secara langsung. Jangan lupa untuk mengupas dan membersihkan bawang putih hingga bersih sebelum dikonsumsi langsung. Selain itu, bawang putih juga dapat dihaluskan dan peras hingga mengeluarkan air. Campurkan dengan air putih dan segera minum. Hal ini bisa dilakukan sebanyak 3n darah tinggi.

Kesimpulan

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu jenis penyakit yang sering diderita oleh orang Indonesia. Gejalanya yang tidak terlihat membuat penyakit ini menjadi pembunuh diam-diam jika tidak segera diatasi. Teraturlah berolahraga dan hindari konsumsi garam berlebihan agar bebas dari penyakit ini.

Mengkonsumsi tanaman herbal juga dapat menjadi salah satu cara agar sembuh dari penyakit ini. Tekanan darah tinggi telah menjadi salah satu penyakit yang paling banyak merenggut nyawa di Indonesia. Jadi pengetahuan tentang penyakit ini diharapkan diketahui oleh banyak orang agar bisa terhindar dari tekanan darah tinggi.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.