5 Bahan Herbal yang Berkhasiat Menyembuhkan Radang Amandel

Kenali Radang Amandel Lebih dalam

radang-amandel-walafiatAmandel biasa juga disebut tonsil adalah kumpulan dari jaringan limfoid yang letaknya ada di dalam kerongkongan pada belakang ujung lipatan di belakang mulut. Tonsil ini mempunyai fungsi untuk  mencegah supaya infeksi tak menyebar ke seluruh tubuh, dengan cara yaitu menahan kuman dan bakteri masuk ke dalam tubuh melalui hidung,  mulut maupun kerongkongan. Oleh sebab itu, tonsil sering mengalami peradangan. Tonsilitis yaitu peradangan yang terjadi pada tonsil. Peradangan ini termasuk gangguan THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan). Tonsilitas bisa bersifat akut serta kronis.

Bentuk tonsilitis yang akut tidak begitu parah pada umumnya hanya terjadi kurang lebih selama 4 sampai 5 hari.Biasanya peradangan jenis ini terjadi pada anak-anak dalam usia 5-10 tahun. Sementara peradangan yang kronis biasanya terjadi secara berulang-ulang dan berlangsung pada waktu yang lama.

Peradangan amandel akut biasanya diawali dengan sakitnya tenggorokan ringan sampai parah, sakit pada waktu menelan makanan dan bahkan muntah-muntah. Tonsilitis jenis ini menyebabkan amandel membengkak, gatal, panas, sakit pada sendi dan otot, sakit nyeri di seluruh badan, sakit kepala, kedinginan dan sakit di telinga.

Sementara radang amandel kronis pada umumnya diawali dengan kambuhnya sakit tenggorokan, serta keluar nanah di lekukan tonsil. Serangan biasanya terjadi berulang-ulang, tonsil membesar, kemudian menjadi merah, serta terjadinya abses. Membesarnya tonsil bisa menjadi sangat besar, yang mengakibatkan bertemunya tonsil kiri dan kanan, yang menyebabkan saluran pernapasan menjadi terganggu.

Gejala-gejala umum radang amandel antara lain, demam, tubuh sakit, batuk, sakit kepala, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, sulit saat menelan makanan, amandel menjadi merah dan membengkak, leher kaku dan membengkak.

Saat seseorang mengalami gejala-gejala seperti tersebut di atas, maka segeralah ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan pada amandel, dan bagian belakang mulut, memeriksa apakah amandel berwarna merah dan bernanah. Jika terlihat amandel terkena infeksi, dokter biasanya akan mengusapkan kasa steril pada belakang amandel untuk mengambil sampel liur.

Penyebab Radang Amandel

Untuk penyebab dari radang amandel sendiri antara lain:

  1. Kurang asupan nutrisi yang mengandung Vitamin C. Vitamin C tidak diproduksi oleh tubuh. Itu merupakan salah satu alasan mengapa tubuh wajib mengkonsumsi kurang lebih sebanyak 500 mg Vitamin C, untuk memenuhi kebutuhan vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh, juga untuk mengimbangi nutrisi lainnya.
  2. Mengkonsumsi makanan dengan pengawet secara berlebihan.
    Bahan-bahan kimia seperti bahan pengawet,dan pemanis buatan, adalah bahan kimia yang biasanya terkandung dalam makanan instan. Mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan-bahan kimia tersebut sebenarnya berdampak buruk bagi tubuh. Memakan makanan berpengawet dapat memicu timbulnya penyakit radang amandel.
  1. Terlalu banyak makan makanan pedas
    Terlalu banyak makan makanan pedas dapat menyebabkan tenggorokan sakit, dan dapat  menyebabkan sakit radang amandel.
  1. Kurangnya konsumsi air putih.
    Kurang meminum air putih dapat menyebabkan tenggorokan menjadi kering. Tenggorokan yang kering merupakan gejala awal timbulnya radang tonsil atau tonsilitis.
  1. Kurang terjaganya kebersihan.
    Menjaga kebersihan saat sedang makan adalah sangat  penting. Makanan yang dikonsumsi haruslah bersih, sebelum makan,pastikan membiasakan diri untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Hal itu dapat mencegah masuknya bakteri dan kuman ke dalam tubuh.

Bahan Herbal dan Cara Pengolahan Untuk Penyakit Radang Amandel

Radang Amandel adalah penyakit yang menyerang bagian tenggorokan. Penyakit ini biasanya menyebabkan rasa sakit saat menelan dan juga bisa menyebabkan demam. Namun sakit gangguan tenggorokan ini bisa diatasi dengan ramuan-ramuan tradisional. Berikut ramuan tradisional yang dapat digunakan untuk mengobati tonsilitis ini.

  1. Jeruk Nipis
    Jeruk nipis adalah salah satu tanaman obat yang dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Jeruk nipis juga dapat bermanfaat untuk mengobati gangguan tenggorokan seperti radang amandel. Jeruk nipis mengandung anti bakteri sehingga sangat cocok untuk mengobati radang tenggorokan. Caranya cukup simpel. Siapkan 2 butir jeruk nipis dan air kapur sirih sebanyak setengah sendok teh. Peras jeruk nipis tadi, campurkan dengan air kapur sirih. Meminum ramuan tersebut 2 kali dalam sehari, pada pagi hari dan sore hari dapat membantu menyembuhkan rasa sakit pada tenggorokan yang disebabkan oleh radang.
  1. Mengkudu yang dicampur dengan Madu
    Kandungan nutrisi yang ada pada buah mengkudu berkhasiat untuk menyembuhkan peradangan amandel. Meskipun dikenal sebagai buah yang memiliki rasa tidak enak , namun buah ini mempunyai banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan.Cara memanfaatkan kandungan dalam mengkudu yaitu dengan meminum air perasan buah ini. Siapkan 2 buah mengkudu, parut, dan peras. Saring air perasan madu tersebut, tambahkan air panas, kemudian campur dengan madu sesuai selera. Konsumsi ramuan tersebut 2 kali dalam sehari,  yaitu pada waktu pagi dan malam hari. Untuk hasil yang  lebih baik, minum minuman tersebut secara teratur, maka sakit tenggorokan akan sembuh.
  1. Kulit manggis
    Kulit manggis adalah salah satu bahan herbal yang bermanfaat besar bagi kesehatan.  Kulit manggis mengandung beberapa nutrisi penting yang berguna bagi kesehatan.Cara menggunakan kulit manggis sebagai obat radang amandel adalah dengan menjadikan olahan kulit manggis untuk berkumur-kumur. Sediakan kulit manggis sebanyak kurang lebih 15 gram, siapkan juga minyak daun mint. Rebus air sebanyak 2 botol, biarkan mendidih hingga tersisa setengahnya saja. Setelah tinggal setengahnya, dinginkan, campur dengan minyak daun mint. Manfaatkan ramuan tersebut untuk kumur-kumur. Dalam beberapa hari sakit radang tenggorokan yang diderita akan sembuh.
  1. Daun Benaluradang-amandel
    Daun benalu yang tumbuh pada pohon jeruk nipis juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati radang tenggorokan ini. Daun herbal ini juga mempunyai khasiat yang berguna bagi kesehatan tubuh.Cara memanfaatkannya cukup mudah. Siapkan daun benalu serta adas pulo waras sampai menjadi halus. Saring hasil dari tumbukan tersebut. Tambahkan air panas, kemudian minum. Meminum ramuan itu secara teratur dapat meringankan rasa sakit pada tenggorokan yang diakibatkan oleh radang amandel. Bahkan ramuan tersebut juga dapat menyembuhkan peradangan yang terjadi.
  1. Bawang Merah
    Bawang merah biasanya dikenal sebagai bahan-bahan dapur untuk memasak. Namun bawang merah juga mengandung banyak kandungan nutrisi yang sangat berguna bagi kesehatan. Bawang merah juga dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit radang yang terjadi pada tenggorokan atau biasa disebut tonsilitis.Cara menggunakan bahan ini sebagai obat radang tenggorokan yaitu  dengan cara mengunyah dan menelannya. Bila dikonsumsi secara teratur maka bawang merah dapat memberikan efek baik, radang tenggorokan yang terjadi pun bisa menjadi sembuh.

Radang Amandel bukan penyakit biasa. Pada awalnya penyakit ini menyerang pada bagian tenggorokan, namun bila dibiarkan maka penyakit ini dapat menganggu kesehatan tubuh secara menyeluruh hingga dapat menyebabkan demam. Banyak obat-obatan yang bisa menyembuhkan penyakit ini. Memanfaatkan ramuan herbal adalah pilihan terbaik, karena dengan menggunakan ramuan herbal, radang dapat disembuhkan dengan cara yang aman tanpa menimbulkan efek samping pada tubuh.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.