5 Informasi Penting Yang Wajib Diketahui Penderita Kolesterol

5 Informasi Penting Yang Wajib Diketahui Penderita Kolesterol

kolesterol-walafiatKeluhan atau gejala dari penderita kolesterol ini mirip dengan gejala dari penyakit ringan biasa, sehingga beberapa penderita kurang memperhatikan tanda-tanda tersebut. Ketidaktahuan mengenai gejala yang dirasakan tersebut, menjadikan penyakit kolesterol ini menjadi lebih parah. Sehingga penting bagi Anda untuk mengetahui gejala yang sering muncul pada penderita kolesterol, diantaranya adalah merasakan berat pada bagian tengkuk, pegal di bagian pundak, kepala terasa berat dan pegal, sering merasakan kesemutan, nyeri pada bagian kaki.

Selain itu pada malam hari, penderita kolesterol biasanya akan merasakan kram di kaki bagian bawah (jemari kaki dan tumit). Kuku mengalami perubahan seperti menebal dan lebih lambat tumbuh, perubahan warna kulit, sering merasa lesu dan pusing sebelah (migrain) pada bagian kepala. Berbagai gejala di atas perlu segera ditangani, karena jika tidak maka kolesterol akan mengakibatkan timbulnya penyakit berbahaya lainnya seperti penyakit jantung koroner, stroke dan masih banyak lagi. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai penyebab hingga pengobatan herbal yang dapat ditempuh, ada baiknya untuk mengetahui tentang apa itu kolesterol? Penyakit kolesterol? Kolesterol jahat dan kolesterol baik di bawah ini.

Apa Itu Penyakit Kolesterol?

Kolesterol sendiri merupakan zat lemak yang beredar di seluruh aliran darah, dipoduksi oleh organ hati dari produk makanan binatang seperti telur, daging dan produk susu. Zat lemak kolesterol ini sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Kolesterol juga merupakan suatu substansi berwarna putih seperti lilin yang ditemukan secara alami di dalam tubuh manusia. Kolesterol memiliki peran penting untuk tubuh manusia yakni berfungsi untuk membangun dinding sel serta membuat beberapa hormon tertentu.

Akan tetapi kolesterol yang berlebihan di dalam tubuh kita justru akan menimbulkan masalah khususnya pada bagian pembuluh darah otak dan pembuluh darah jantung. Penyakit mematikan yang dapat menyerang Anda karena kolesterol ini diantaranya adalah penyakit jantung koroner dan penyakit stroke. Sebenarnya tubuh manusia dapat menghasilkan kolesterol sendiri dengan jumlah yang tepat, namun akibat dari produk hewani yang berlebihan dikonsumsi mengakibatkan beberapa orang kemudian mengalami kelebihan kolesterol. Peningkatan kadar kolesterol tersebut diantaranya karena asupan makanan dari lemak hewani, telur serta berbagai makanan junkfood.

Fakta & Mitos Dari Penyakit Kolesterol

Sehingga pernyataan kolesterol itu jahat sebenarnya adalah mitos. Dimana sebenarnya kolesterol merupakan zat yang penting bagi fungsi tubuh. Kolesterol yang dibutuhkan tubuh kita hanya sekitar 200 hingga 300 mg dari asupan makanan, yang selebihnya akan disintesis oleh tubuh. Namun ada fakta yang penting untuk Anda ketahui dimana kolesterol terbagi menjadi dua jenis yakni kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Pembentukan plak pada pembuluh darah jantung yang akan menyebabkan penyakit jantung atau plak pada pembuluh darah otak penyebab stroke sebenarnya terjadi akibat kolesterol LDL atau kolesterol jahat yang menumpuk dan membentuk plak. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai kedua jenis kolesterol tersebut, yakni sebagai berikut :

  1. Kolesterol Jahat / LDL (Low Density Lipoprotein)
    Merupakan jenis kolesterol yang berbahata sehingga sering disebut dengan kolesterol jahat. Tingginya kadar kolesterol jahat ini kan membahayakan dan menyebabkan pembentukan plak atau pengendapan kolesterol di dalam pembuluh arteri. Kolesterol LDL ini yang menjadi penyebab atau faktor resiko utama dari penyakit jantung koroner. Kolesterol LDL atau lemak jahat ini memiliki kecenderungan lebih mudah melekat pada dinding pembuluh darah, hal ini menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Lemak jahat ini memiliki kecenderungan melekat pada pembuluh darah karena dirusak oleh radikal-radikal bebas atau mengalami proses oksidasi.
  1. Kolesterol Baik / HDL (High Density Lipoprotein)
    Setelah membahas mengenai LDL, maka saatnya kita membahas mengenai kolesterol HDL yang merupakan kolesterol yang tidak berbahaya atau baik bagi tubuh. Jika kolesterol LDL lebih banyak mengangkit kolesterol, maka HDL justru mengangkut kolesterol jauh lebih sedikit dari LDL. Kolesterol HDL disebut kolesterol baik karena kolesterol jenis ini mampu membuah kelebihan kolesterol jahat yang ada di dalam pembuluh darah arteri yang akan dikembalikan ke hati untuk diproses dan dibuang. Sehingga HDL justru berfungsi untuk mencegah kolesterol mengendap di dalam pembuluh darah arteri serta dapat melindungi pembuluh darah tersebut dari proses terbentuknya plak di dalam dinding pembuluh darah atau disebut dengan proses Aterosklerosis.

 

Selain dapat mengakibatkan penyakit jantung koroner dan stroke, kolesterol tinggi juga dapat mengakibatkan penderitanya mengalami dibetes melitus tipe2. Pertanyaan yang kemudian muncul apakah benar jika kolesterol total normal penderitanya tidak mengalami resiko serangan jantung dan stroke? Jawabannya hal itu adalah mitos, karena faktanya meskipun total kolesterol berada di angka normal, namun kolesterol HDL rendah atau kolesterol LDL tinggi maka hal tersebut dapat meningkatkan resiko dari penyakit stroke dan jantung.

Penyebab Penyakit Kolesterolkolesterol-tinggi-walafiat

Berikut beberapa faktor penyebab terjadinya peningkatan kolesterol dalam darah, yaitu sebagai berikut :

  1. Faktor Genetik
    Seperti kita ketahui sebelumnya bahwa tubuh kita dapat memproduksi kolesterol dengan kadar yang mencukupi untuk tubuh. Dalam proses produksi kolesterol yang dilakukan tubuh ini ada sebagian orang yang memproduksinya dengan kadar lebih banyak dari pada yang lain. Hal tersebut disebabkan karena adanya faktor keturunan dari penyakit kolesterol tersebut.
  1. Faktor Asupan Makanan
    Selain karena faktor genetik, faktor makanan seperti asupan lemak juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Lemak merupakan asupan makanan yang penting bagi tubuh, namun dapat menjadi berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan karena dapat mengakibatkan kerusakan pada pembuluh darah. Sehingga penting bagi Anda untuk mengetahui kandungan lemak di dalam makanan Anda, akan lebih baik jika Anda mengkonsumsi asam lemak dari ikan yakni omega 3, asam lemak omega 6 yang berasal dari sayuran dan asam lemak lain yang tidak berbahaya dalam meningkatkan kolesterol LDL.
    Jika Anda menjadi salah satu orang yang memiliki keturunan penyakit kolesterol, maka dari sekarang jaga pola makan Anda dengan menkonsumsi kolsterol HDL dan bukan LDL.

Makanan / Minuman Pemicu Penyakit Kolesterol

  • santan
  • gajih babi
  • cumi-cumi
  • jeroan sapi
  • jeroan kambing
  • jeroan babi
  • kerang tiram / kerang putih
  • mentega / margarine
  • kuning telur ayam
  • telur burung puyuh
  • otak sapi dan otak babi

Pengobatan Alami / Herbal Untuk Penderita Kolesterol

  • daun dewa
  • mengkudu
  • sarang semut
  • kulit manggis
  • biji rami
  • daun sukun
  • bawang putih
  • sumber makanan yang mengandung likopen tinggi, seperti semangka dan tomat.

Nah, demikianlah beberapa informasi mengenai penyakit kolesterol, fakta dan mitos seputar penyakit tersebut, kedua jenis kolesterol, makanan/minuman yang perlu dijauhi atau menjadi pantangan bagi penderita penyakit kolesterol serta tumbuhan herbal yang baik dalam pengobatan kolesterol. Terimakasih bagi para pengunjung yang telah membaca artikel kami, semoga dapat menjadi tambahan pengetahuan serta bermanfaat bagi Anda dan keluarga agar terhindar dari penyakit berbahaya tersebut.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.