6 Obat Herbal Kolesterol Paling Mujarab Secara Alami

Tangani Kolesterol Anda Dengan Obat alami

kolesterolSeseorang yang mengalami kolesterol tinggi, yang disebut sebagai hiperkolesterolemia merupakan gejala suatu penyakit yang diakibatkan oleh kadar kolesterol yang tinggi dalam darah. Tingginya kadar kolesterol sebenarnya dapat dicegah sebelum menjadi lebih parah. Selain itu, untuk mengatasi kolesterol terdapat 2 pilihan cara, yakni dengan menggunakan obat herbal kolesterol dan obat-obatan yang disarankan oleh dokter. Kolesterol yang ada dalam darah kadarnya bisa meningkat, karena kandungan lemak jenuh dalam tubuh disertai gaya hidup tidak sehat sebagai pemicunya.

Tingkat kolesterol tinggi juga dipicu oleh konsumsi makanan tertentu yang biasanya banyak bersumber dari susu, telur dan daging. Sebenarnya tubuh sendiri membutuhkan kolesterol untuk bisa membantu pembentukan dinding sel, sekaligus sebagai bahan baku untuk membentuk sebuah hormon steroid. Kolesterol juga dihasilkan secara alami oleh tubuh lewat organ hati. Dimana organ hati ini menyumbang kolesterol sampai mencapai 80%, sementara 20% yang lainnya yang bersumber dari makanan maupun minuman yang telah dikonsumsi untuk tiap harinya.

Biasanya seseorang dengan kadar kolesterol yang tinggi pada tubuh sendiri tak menampakkan gejala apapun, tetapi saat dilakukan pemeriksaan tes laboratorium maka akan terlihat dimana kadar kolesterol darah sudah melebihi dari batas normal. Bila kadar kolesterol yang ada dalam darah pun kian meningkat, biasanya menyebabkan efek negatif untuk kesehatan tubuh. Kolesterol juga mengakibatkan gangguan penyakit, diantaranya penyempitan bagian pembuluh darah dan stroke. Sumber makanan bisa memicu kadar kolesterol meningkat, misalnya saja cumi-cumi, telur, telur puyuh bahkan minuman. Adapun sumber minuman yang begitu berbahaya untuk dikonsumsi penderita kolesterol sendiri yaitu minuman beralkohol, misalnya minuman dari ragi, bir dan tuak.

Sebelum membahas tentang obat herbal kolesterol, ada beberapa faktor penyebab kolesterol tinggi yang umumnya diakibatkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Salah satu faktor pemicu kadar kolesterol meningkat dalam darah yaitu naiknya berat badan. Berat badan yang berlebih dapat mengakibatkan tingkat kolesterol baik menurun dalam darah sehingga kadar trigilesirida pun meningkat dalam tubuh. Hal inilah yang bisa memicu peningkatan kadar kolesterol yang jahat yang juga memicu datangnya penyakit yang lainnya.

Selain berat badan, pola makan juga berpengaruh terhadap tingginya kadar kolesterol dalam darah. Adapun asupan makanan yang bisa mengakibatkan tingginya kadar kolesterol, diantaranya mentega, minyak goreng, telur, daging sapi, cookies, selai, susu, telur dan masih banyak lagi yang lain. Pemicu tingginya kolesterol bisa diakibatkan pula oleh aktivitas yang kurang seperti kurang berolahraga. Seseorang yang berdiam diri dalam rumah dapat memicu penurunan kadar HDL dalam darah. Jika sudah terjadi, maka perlu diobati menggunakan obat herbal kolesterol.

Faktor genetik atau keturunan bisa memicu tingginya kolesterol dalam darah. Bila Anda memiliki orang tua yang mempunyai riwayat kolesterol tinggi, dengan begitu bisa jadi sebagai anaknya maka Anda pun akan mempunyai penyakit yang serupa. Selain faktor genetik, penyebab kolesterol tinggi lainnya adalah dikarenakan merokok, jenis kelamin dan usia, meskipun hal tersebut bukan faktor utama.

Obat Herbal Kolesterol Tinggi

Sebenarnya kadar kolesterol untuk orang yang normal sendiri, yakni 200 mg/dl kurang. Sementara kadar LDL dalam darah kurang dari batas 100 mg/dl, sementara untuk kolesterol HDLnya sendiri 50 mg/dl lebih. Bila kadar kolesterol pada tubuh tak sesuai dengan jumlah kadar batas normal, maka bisa dikatakan orang tersebut memiliki kolesterol tinggi. Kadar kolesterol tinggi dalam darah sebenarnya tak menimbulkan rasa sakit. Untuk penyebab kolesterol sendiri sudah dijelaskan dalam ulasan artikel di atas.

Adapun untuk mengatasi kolesterol, penggunaan obat herbal kolesterol tentunya lebih aman dan efektif dibandingkan penggunaan obat-obatan medis, terlebih lagi jika digunakan dalam jangka waktu lama. Meskipun kolesterol tinggi bukanlah suatu penyakit melainkan gejala adanya suatu penyakit, jika dibiarkan terlalu lama bisa memicu timbulnya banyak penyakit mematikan diantaranya jantung, penyakit diabetes dan lain sebagainya.

Macam-Macam Ramuan Obat Herbal Kolesterol Tinggikolesterol-tinggi-walafiat

Sebagai pengobatan tradisional alami untuk kolesterol tinggi, Anda bisa memanfaatkan beberapa obat herbal kolesterol di bawah ini!

  1. Daun Dewa
    Ramuan daun dewa merupakan salah satu tanaman obat untuk mengatasi kolesterol tinggi. Disamping digunakan untuk lalapan, ternyata daun dewa juga sangat berkhasiat dan baik untuk mengatasi kolesterol tinggi. Adapun caranya yaitu dengan mempersiapkan tanaman daun dewa, lalu bersihkan dan tumbuk, setela itu saring menggunakan air hangat. Ramuan ini dapat membantu memperlancar sistem aliran darah pada jantung yang mengalami gangguan dengan baik.
  1. Buah Mengkudu
    Buah mengkudu memang tanaman obat paling familiar, sebab manfaatnya mampu mengobati berbagai macam penyakit termasuk kolesterol tinggi. Untuk membuat ramuan obat yang digunakan untuk mengatasi kolesterol tinggi cukup dengan membuat jus buah mengkudu. Dengan memanfaatkan jus mengkudu secara rutin, maka perlahan kadar kolesterol dalam darah pun akan menurun.
  1. Biji Rami
    Mengatasi kolesterol tinggi secara alami lainnya adalah dengan memanfaatkan biji rami. Jika Anda mengonsumsi biji rami setidaknya 50 gram saja tiap hari maka kolesterol LDL sebagai kolesterol jahat dalam tubuh pun akan turun secara perlahan. Dengan mengonsumsi biji rami sebanyak 38 gram untuk tiap harinya maka akan membantu untuk menurunkan kadar kolesterol LDL hingga 14% terutama bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Anda bisa mengonsumsi  biji rami yang ditambahkan pada sereal panas, misalnya pada oatmeal.
  1. Buah Belimbing
    Tak hanya tanaman-tanaman obat di atas, buah-buahan seperti belimbing juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu obat herbal kolesterol secara alami. Buah belimbing mengandung serat untuk membantu penyerapan lemak serta menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh. Disamping itu, kandungan vitamin C pada buah belimbing juga mempunyai dampak yang positif dalam meningkatkan ketahanan tubuh terhadap penyakit.
  1. Buah Alpukat
    Selain buah belimbing, buah alpukat juga dapat dimanfaatkan sebagai obat kolesterol alami dan aman. Buah alpukat memiliki kandungan asam folat, asam pantotenat dan juga berbagai macam jenis vitamin yang lainnya yang dapat memberikan dampak positif untuk kesehatan. Belum lagi kandungan glutation, serat dan magnesium di dalamnya tentu menjadikan buah alpukat efektif untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan termasuk kolesterol tinggi. Anda bisa mengonsumsi buah alpukat, baik dimakan secara langsung, dijadikan smoothie atau jus.
  1. Kubis
    Tanaman kubis bisa digunakan untuk mengatasi kolesterol tinggi dengan aman dan efektif. Kubis mengandung lemak, serat, protein, dan sebagainya bermanfaat positif dalam menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Kubis juga bisa dimanfaatkan sarinya dengan cara memotong sayuran kubis lalu ambil sari. Anda bisa mengonsumsi sari kubis tiap hari agar mendapatkan hasil maksimal untuk dapat menurunkan kadar kolesterol pada tubuh.

Disamping mengonsumsi ramuan obat herbal kolesterol di atas, sebaiknya diikuti pula dengan menjalankan gaya hidup yang sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, menghindari makanan junk food, menghindari minuman beralkohol dan berolahraga.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.