5 Tanaman Ampuh Sembuhkan Diabetes, Apa Saja Tanaman Ajaib Itu?

Apa Penyakit Diabetes?

diabetes3Salah satu penyakit yang paling sering ditemukan di Indonesia ialah diabetes. Penyakit yang sering disebut dengan kencing manis ini telah menjangkit sekitar 8,5 juta warga Indonesia. Banyaknya yang terkena penyakit diabetes itu menjadikan Indonesia termasuk sebagai 10 negara dengan penderita diabetes terbesar di dunia.

Penyakit diabetes memiliki dua jenis, yaitu tipe 1 dan tipe 2. Penderita diabetes baik tipe 1 atau tipe 2 memiliki gejala yang sama. Gejala yang paling umum ditemukan pada para penderita diabetes yaitu sering merasa lapar dan haus. Selain itu gejala yang paling mudah dilihat ialah dengan turunnya berat badan yang tiba-tiba.

Umumnya penyakit diabetes tipe 1 dapat berkembang sangat cepat. Namun, penderita diabetes tipe 2 sering kali tidak sadar bahwa dirinya telah mengidap diabetes. Meskipun telah melakukan cek kadar gula, banyak orang masih tidak peduli dengan kenaikan kadar gula dalam darah. Pra diabetes merupakan salah satu tahap saat penyakit ini mulai mengganggu kinerja organ di tubuh. Orang yang sudah mengalami pre diabetes memiliki kemungkinan besar untuk terkena penyakit kronis lainnya. Misalnya penyakit stroke, jantung dan gangguan pada penglihatan.

Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes ialah penyakit yang disebabkan oleh kadar gula di dalam darah yang sangat banyak dan melewati batas normal. Diabetes juga disebut-sebut sebagai penyakit yang telah menelan korban lebih banyak daripada penyakit kanker payudara.

Penyakit diabetes dikarenakan tubuh tidak dapat lagi memproduksi insulin secara normal. Insulin ialah sebuah hormon yang diproduksi di pankreas. Insulin berfungsi untuk mengalirkan gula ke semua sel yang ada di dalam tubuh agar bisa diubah menjadi energi. Sehingga jika produksi insulin mengalami kelainan atau berhenti prosesnya maka dapat menyebabkan penumpukan gula dan menjadi salah satu penyebab dari penyakit diabetes.

Penyakit diabetes dapat menyerang siapapun di usia berapa pun. Diabetes jenis 1 umumnya menyerang seseorang yang berusia di bawah 40 tahun. Pada diabetes tipe 1 pankreas tidak bisa memproduksi insulin yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga penderita diabetes tipe 1 sangat memerlukan asupan insulin agar gula bisa diubah menjadi energi oleh tubuh.

Penderita diabetes tipe 1 sering juga disebut dengan diabetes anak-anak karena yang menderita umumnya anak muda dan anak-anak. Namun, diabetes tipe 1 ini sangatlah jarang terjadi. Penderita diabetes tipe 1 sangat tergantung dengan suntikan insulin setiap hari. Selain itu, mereka juga harus pintar-pintar menjaga kadar gula dalam darah agar gula tidak menumpuk dalam darah.

Sedangkan diabetes tipe 2 merupakan diabetes yang paling umum terjadi. Di Indonesia sendiri sebanyak 80% orang terkena diabetes tipe ini. Diabetes tipe 2 dapat terjadi karena pankreas tidak cukup dalam membuat insulin ataupun karena insulin sudah tidak dapat bekerja secara maksimal lagi. Diabetes tipe 2 lebih mudah diderita oleh orang yang kelebihan berat badan. Namun, gejala diabetes tipe 2 dapat dikendalikan melalui beberapa cara seperti menjaga pola makan dan selalu mengawasi kadar gula yang ada dalam darah.

Banyak sekali mitos tentang penyakit diabetes yang beredar di masyarakat. Misalnya penyebab penyakit diabetes karena terlalu banyak mengkonsumsi gula. Padahal faktanya hal itu tidak selalu terjadi karena salah satu penyebab utama seseorang terkena penyakit diabetes ialah karena faktor keturunan.

Memang benar terlalu banyak mengkonsumsi gula bisa menyebabkan diabetes. Namun, hal tersebut juga dipengaruhi oleh kemampuan tubuh seseorang dalam mengelolo kadar gula. Banyak orang yang sering mengkonsumsi gula, namun tidak terkena diabetes hanya karena tubuhnya mampu mengendalikan gula sehingga tidak sampai terkena penyakit tersebut.

Mitos lainnya yang sering didengar yaitu para penderita diabetes tidak boleh mengkonsumsi karbohidrat karena dapat berakibat buruk. Padahal faktanya yaitu sebenarnya karbohodrat juga menjadi salah satu zat yang dibutuhkan oleh penderita diabetes. Karena karbohidrat dapat menjadi salah satu menu sehat saat diet karea obesitas. Namun, karbohidrat yang didapat haruslah yang berasal dari roti gandum, sayur dan buah yang banyak mengandung serat. Selain itu, porsi makan makanan yang mengandung karbohidrat juga harus diatur agar tidak mengkonsumsi terlalu banyak karena dapat menghasilkan gula yang banyak pula dalam tubuh.

Tanaman Herbal yang Dapat Menyembuhkan dan Mencegah Diabetesdiabetes-walafiat

Penyakit diabetes yang sudah terlanjur diderita dapat diobati dengan mendapatkan bantuan medis. Selain bisa pergi ke dokter dan mendapatkan resep obat, namun mengobati diabetes juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi tanaman herbal. Berikut ini beberapa tanaman herbal yang dapat dijadikan obat diabetes, antara lain :

  1. Mengkudu
    Tanaman herbal untuk diabetes yang pertama adalah dengan mengkudu. Buah yang satu ini sering kali desebut sebagai tanaman yang dapat dijadikan obat bagi banyak penyakit. Mengkudu mengandung Proxeroni yang dapat memproduksi alkaloid. Alkaloid sendiri ialah zat yang bisa membuat nutrisi bisa dapat terserap oleh tubuh sehingga akan sangat bermanfaat untuk dijadikan obat diabetes.Cara membuatnya ialah dengan memblender 1 buah mengkudu dan kemudain peras dan ambil airnya. Taruh di dalam gelas dan tambahkan sedikit madu agar tidak terlalu berbau. Konsumsi jus mengkudu ini secara teratur agar diabetes segera terobati.
  1. Mahkota Dewa
    Tanaman herbal ini juga sering terdengar namanya menjadi salah satu obat tradisional yang dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, salah satunya ialah diabetes. Mahkota dewa memiliki banyak kebaikan seperti sebagai anti-peradangan dan dapat menurunkan gula darah.Mengkonsumsi mahkota dewa untuk obat diabetes juga sangat mudah. Iris mahkota deewa dan seduh dengan air panas di dalam gelas. Tutuplah gelas sebentar agar irisan tadi bisa larut dan barulah minum sebanyak 2-3 kali sehari.
  1. Buncis
    Selain sering digunakan untuk membuat masakan, ternyata buncis juga memiliki banyak manfaat untuk dijadikan obat herbal. Kandungan B-sitosterol pada buncis mampu membuat produksi insulin dalam tubuh serta dapat menjaga kandungan insulin dalam keadaan normal.Membuat ramuan untuk diabetes dari buncis dapat dilakukan dengan merebus setengah kilogram buncis dengan 2 gelas air. Setelah mendidih, dinginkan dan segera minum air rebusan tadi. Lebih baik jiko mengkonsumsi ramuan ini pada pagi dan malam hari.
  1. Pare
    Pare sering kali ditemukan dalam masakan. Namun, pare juga dapat dijadikan obat tradisional untuk diabetes. Kandungan charantin dan polypeptide-P pada pare dapat membantu merangsang sel pankreas untuk memproduksi insulin.Pare dapat dibuat ramuan untuk diabetes dengan cara merebus pare atau dibuat jus. Air hasil rebusan atau jus tersebut bisa langsung diminum setelah makan. rutinlah mengkonsumsi jus pare agar diabetes dapat segera terobati.
  1. Daun Kemangi
    Jika anda menyukai lalapan, maka tidak akan asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Daun kemangi yang umumnya dibuat lalapan ternyata juga memiliki kemampuan untuk mengobati diabetes. Tanaman ini memiliki kandungan yang dapat membuat kadar gula dalam darah tetap stabil. Konsumsilah kemangi secara teratur seperti saat memakannya dengan lalapan. Namun, ingat untuk selalu mengkonsumsi kemangi yang bersih.

Karakteristik dan gejala penyakit diabetes haruslah diketahui oleh semua orang agar bisa terhindar dari penyakit ini. Penyebab dari diabetes selain karena faktor genetik juga dapat diakibatkan karena pola makan dan hidup yang kurang baik.

Mengkonsumsi tanaman herbal seperti yang disebutkan di atas juga dapat membantu mengobati dan mencegah terjadinya penyakit ini dalam tubuh. Itulah beberapa tanaman yang sangat manjur untuk mengobati diabetes. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda yang ingin lebih mengetahui tentang penyakit diabetes.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.