5 Hal Mengenai Wasir Yang Harus Anda Ketahui

Kenali Lebih Dalam Apa Itu Penyakit Wasir

5 Hal Mengenai Wasir Yang Harus Anda KetahuiWasir atau yang sering juga disebut dengan ambeien merupakan penyakit yang umum diderita oleh masyarakat. Namun hanya sedikit orang yang segera melakukan penanganan saat mengalami gejala – gejala wasir.  Masyarakat cenderung enggan untuk menemui dokter karena merasa malu dengan penyakit wasir yang dideritanya tersebut. Padahal penyakit wasir yang pada awalnya tampak sepele, jika dibiarkan akan menyebabkan penyakit lain yang lebih serius.

Wasir sendiri terjadi akibat adanya pembengkakan pembuluh darah yang terdapat di sekitar anus. Pembengkakan pembuluh darah yang menyebabkan wasir dapat terjadi di bagian dalam rektum maupun di luar anus. Pembengkakan pembuluh darah yang terjadi di dalam rektum biasanya tidak dirasakan oleh penderita, karena memang tidak menyebabkan rasa tidak nyaman. Sedangkan pembengkakan yang terjadi di sekitar anus cenderung lebih mengganggu karena menimbulkan rasa sakit dan perih.

Mengingat penyakit wasir adalah penyakit yang umum terjadi, ada baiknya kita mengetahui segala sesuatu tentang penyakit tersebut. Berikut 5 hal mengenai wasir yang harus anda ketahui.

Gejala Wasir

Penyakit wasir ditandai dengan berbagai gejala. Gejala  yang timbul berbeda – beda,tergantung dari tingkatan penyakit wasir yang diderita. Tingkatan penyakit wasir secara umum dibagi menjadi 4. Berikut adalah gejala – gejala penyakit wasir sesuai dengan tingkatannya.

  • Derajat 1
    Gejala yang timbul pada penyakit wasir tingkat awal ini ialah keluarnya darah segar pada saat buang air besar.
  • Derajat 2
    Pada penyakit wasir derajat ke-2 ini, gejala yang timbul ialah keluarnya benjolan dari anus. Namun benjolan ini tidak selalu muncul karena dapat masuk kembali dengan sendirinya.
  • Derajat 3
    Jika penyakit wasir sudah memasuki derajat ke-3, maka benjolan yang keluar dari anus tidak dapat masuk dengan sendirinya seperti yang terjadi pada wasir derajat ke-2. Benjolan tersebut harus didorong untuk dapat masuk kembali.
  • Derajat 4
    Saat penyakit wasir telah mencapai derajat ke-4, maka benjolan yang muncul dari anus akan ada secara opermanen. Tidak dapat masuk kembali walaupun dibantu dengan dorongan jari sekalipun.

Mitos Wasir

Ada beberapa hal yang sering kita dengar mengenai wasir. Namun kita harus lebih selektif dalam menerima informasi yang ada, karena tidak semua informasil tersebut benar adanya. Berikut adalah beberapa mitos yang kerap kita dengar mengenai wasir.

  1. Hanya lansia yang mengalami wasirWasir Luar atau dalam
    Memang betul penderita wasir pada umumnya adalah orang dengan usia antara 50 hingga 65 tahun. Namun, orang – orang dengan rentang usia yang relatif lebih muda juga dapat menderita wasir. Apalagi bagi orang – orang yang tidak mengadopsi gaya hidup sehat.
  1. Makanan pedas dapat menyebabkan wasir
    Banyak orang percaya bahwa mengonsumsi makanan pedas dapat menyebabkan wasir. Faktanya, wasir disebabkan oleh meningkatnya tekanan yang terjadi pada pembuluh darah di sekitar anus. Tidak ada kaitannya dengan mengonsumsi makanan pedas.
  1. Duduk di permukaan dingin dapat menyebabkan wasir
    Pendapat bahwa duduk di atas permukaan yang  dingin dapat menjadi salah satu penyebab terjaidnya wasir adalah salah. Tidak ditemukan bukti yang menunjukkan adanya korelasi antara kedua hal tersebut. Bahkan rasa dingin justru dapat mengurangi rasa tidak nyaman yang timbul akibat wasir.
  1. Penderita wasir harus menghindari olahraga
    Mitos. Berolahraga harus menjadi bagian dari gaya hidup bagi para penderita wasir. Dengan berolahraga secara teratur, metabolisme tubuh akan menjadi baik dan buang air besarpun menjadi lancar. Hal tersebut akan membantu mengatasi terjadinya gejala – gejala waasir. Satu – satunya olahraga yang tidak boleh dilakukan ialah mengangkat beban.
  1. Wasir dapat meningkatkan risiko kanker
    Hal ini tidaklah tepat. Biasanya yang terjadi ialah orang sering tidak sadar dengan gejala – gejala kanker, karena mirip dengan gejala wasir. Yaitu terjadi pendarahan saat buang air besar.
  1. Wasir tidak dapat disembuhkan
    Pendapat ini sama sekali tidak benar. Wasir dapat disembuhkan dengan berbagai cara pengobatan. Anda dapat menemui dokter atau dapat juga mengonsumsi obat – obatan yang terbuat dari bahan alami.

Penyebab Wasir

  • Berusia lebih dari 45 tahun
    Orang dengan usia di atas 45 tahun memang meiliki risiko lebih tinggi untuk menderita wasir. Hal tersebut diebabkan mulai melemahnya fungsi organ – organ tubuh dan menurunnya metabolisme.
  • Kurang makanan berserat
    Kurang makanan berserat dapat menyebabkan feses menjadi lebih keras. Dengan demikian proses buang air besar menjadi terganggu.  Untuk dapat menghindari penyakit wasir, ada baiknya kita membiasakan diri untuk menginsumsi makanan yang banyk mengandung serat seperti gandum dan sayur – sayuran.
  • Duduk di atas toilet terlalu lama
    Duduk di atas toilet terlalu lama dapat menyebabkna meningkatnya tekanan pada paha dan anus. Tentu saja hal ini akan menjadi pemicu timbulnya penyakit wasir. Oleh karena itu hindarilah kegiatan yang dapat membuat kita lupa waktu saat berada di toilet, seperti membaca atau bermain gadget.
  • Kehamilan
    Seseorang yang sedang hamil akan mengalami tekanan yang besar pada perut, panggul dan area di sekitarnya. Tekanan tersebut akan menyebabkan terjadinya penyumbatan aliran darah, sehingga pembuluh darahpun akan membengkak.

Pantangan Penderita WasirWasir

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang pantang dikonsumsi oleh penderita wasir. Makanan dan minuman tersebut antara lain:

  • Makanan dengan kadar garam tinggi
    Konsumsi garam yang berlebihan dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi. Salah satu akibat yang timbul karena dehidrasi ialah sembelit atau susah buang air besar. Hal itu disebabkan karena feses yang menjadi lebih keras.
  • Biji – bijian
    Penderita wasir tidak disarankan untuk mengonsumsi biji – bijian. Selain mengandung sedikit serat, biji – bijian juga dapat menimbulkan terajadinya pembengkakan pada wasir.
  • Obat pencahar
    Mengonsumsi pbat pencahat mungkin terdengar sebagai solusi yang baik bagi para penderita wasir. Dengan minum obat pencahar tentu buang air besar akan menjadi mudah sehingga tidak perlu mengejan. Namun sebenarnya obat pencahar memiliki kandungan asam yang cukup tinggi. Hal tersebut akan menimbulkan rasa sakit pada anus saat penderita melakukan buang air besar.
  • Alkohol
    Sama seperti garam, alkohol juga dapat menyebabkan dehidrasi bagi orang yang mengonsumsinya. Dehidrasi yang terjadi pada tubuh seseorang akan berpengaruh pula dengan kondisi feses yang menjadi lebih keras. Oleh karena itu penderita wasir harus menjauhi alkohol agar proses buang air besar menjadi lancar.

Tumbuhan Herbal Untuk Mengatasi Wasir

Wasir tidak selalu harus diatasi dengan menggunakan obat – obatan kimia. Ada beberapa jenis tumbuhan yang dipercaya dapat mengatasi keluhan – keluhan akibat penyakit wasir.

  • Cocor bebek
    Cocor bebek memiliki khasiat sebagai anti radang dan dapat menghentikan pendarahan.  Cara menggunakannya ilah dengan mencampur hasil tumbukan daun cocor bebek dengan secangkir air panas. Minum 3x sehari saat masih hangat.
  • Lidah buaya
  • Selain berfungsi sebagai anti radang, lidah buaya juga dapat memperlancar pencernaan. Anda dapat mencobanya dengan meminum hasil saringan jus lidah buaya yang dicampur dengan segelas air panas.
  • Daun Pegagan

Daun pegagan memiliki efek yang menyejukkan dan juga berfungsi sebagai anti infeksi. Untuk mengatasi wasir, minumlah air rebusan daun pegagan yang telah disaring sebanyak 2x sehari.

Itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang wasir. Semoga bermanfaat.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.