5 Manfaat dari Temulawak bagi Kesehatan Tubuh

Kenali Lebih Dalam tentang Temulawak

tanaman-temulawak-walafiatDi Indonesia, temulawak dikenal sebagai salah satu tanaman herbal yang sangat kaya akan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Tanaman ini juga dikenal sebagai obat tradisional yang digunakan sejak jaman dahulu. Sebagai tanaman herbal yang kaya akan manfaat, tanaman ini tentu saja juga mempunyai banyak manfaat yang berguna untuk kesehatan tubuh. Pada umumnya temulawak sering disamakan dengan kunyit karena keduanya memiliki bentuk yang agak mirip.

Tanaman ini mempunyai banyak sekali manfaat, terutama bagi kesehatan.  Ada banyak sekali keluhan kesehatan yang dapat disembuhkan dengan memanfaatkan tanaman herbal ini. Keluhan kesehatan yang dapat diatasi dengan memanfaatkan khasiat temulawak antara lain masalah pencernaan, penyakit hepatitis, penyakit pernafasan seperti penyakit asma, radang sendi, sakit ginjal, bisul, mual, kelelahan otot, haid yang tidak teratur, jerawat,komedo, gangguan tidur atau insomnia, dan tanaman ini juga mempunyai khasiat untuk meningkatkan nafsu makan.

Tanaman obat ini termasuk dalam golongan tanaman temu-temuan (Zingiberaceace). Asal tanaman ini yaitu dari Indonesia, lebih tepatnya Pulau Jawa. Tanaman ini kemudian tersebar di kawasan lain, daerah biogeografi Malesia. Budidaya temulawak dapat ditemukan di beberapa wilayah seperti Malaysia, Filipina dan juga Thailand. Selain di kawasan Asia Tenggara, tanaman ini  juga dapat dijumpai di kawasan lain seperti Indocina, Jepang, China, Korea, India, Amerika Serikat dan juga beberapa negara di kawasan Eropa. Tanaman ini juga mempunyai sebutan lain di masing masing daerah. Di Jawa Tengah disebut temulawak , di daerah Sunda tanaman ini mempunyai sebutan koneng gede, dan di Madura, tanaman ini sering disebut temu lobak. Tanaman ini baik tumbuh di daerah dengan dataran rendah hingga ketinggian 1500 dpl.  Tumbuhan ini biasa berhabitat di kawasan hutan tropis. Rimpang dari tanaman ini bisa tumbuh baik dan berkembang baik pada tanah gembur. Tanaman ini mempunyai nama latin Curcuma Xanthorhizza ROXB.

Untuk Ciri – ciri tanaman & Manfaatnya silakan Klik Disini:

Daun Insulin

Pasak Bumi

Minyak Kelapa

Ciri – ciri tanaman Temulawak

Ciri-ciri morfologi dari tanaman ini yaitu mempunyai batang semu, tanaman ini dapat tumbuh tinggi lebih dari 1 m tetapi tidak melebihi 1 m. Akar rimpang dari tanaman ini mempunyai bentuk sempurna cabang kuat, ukuran besar, warnanya coklat kemerahan, atau warna hijau gelap. Tiap batang dari tanaman ini mempunyai daun kurang lebih 2 sampai 9 helai, bentuknya bundar memanjang. Warna dari daun yaitu hijau, coklat keunguan muda hingga gelap.

Manfaat Konsumsi Temulawak

Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh dari tanaman temulawak ini, terutama di bidang kesehatan. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman obat keluarga yang dapat tumbuh ditanam dimana. Menanam tanaman ini di pekarangan rumah dapat dijadikan ide untuk dapat memanfaatkan khasiat dari tanaman herbal ini.

  1. Dapat Menjaga fungsi hati

Salah satu nutrisi yang terkandung dari tanaman ini yaitu katagoga. Katagoga mempunyai manfaat memelihara fungsi hati. Katagoga berfungsi memproduksi empedu di dalam hati, serta dapat membantu mengosongkan kantung empedu. Pada uji klinis pada tanaman ini, temulawak  memproduksi enzim yang dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar dari SGOT dan juga SGPT di dalam 15-30 miligram kurkumin.

Tanaman ini dapat digunakan untuk mengobati sakit hepatitis. Caranya begitu sederhana. Sediakan temulawak gula aren. Iris kecil-kecil tanaman temulawak, rebus dengan air setengah liter, serta tambahkan gula aren. Rebus hingga mendidih, tunggu sampai tersisa kurang lebih setengahnya, kemudian dinginkan. Minum air ramuan tersebut 2 kali dalam satu hari, pagi hari dan juga malam hari. Minum ramuan tersebut secara teratur untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

  1. Mengobati Sakit radang Sendi

Radang sendi adalah salah satu penyakit yang diderita orang secara umum. Sakit radang sendi sangat mengganggu. Sebuah studi menunjukkan kurkumin yang terkandung di dalam temulawak dapat disamakan dengan 100 miligram fenibutazon. Zat ini sangat berguna mengurangi nyeri sendi. Zat tersebut dapat mencegah perpindahan leukosit ke daerah yang terserang nyeri sendi. Zat ini juga dapat mencegah terbentuknya mediator radang yang dapat memicu radang sendi. Kurkumin yang terkandung di dalam tanaman ini juga mempunyai fungsi sebagai anti-inflamasi, dapat digunakan untuk mengobati  radang sendi.

  1. Dapat memperlancar ASI

Ibu yang sedang menyusui  tentu saja harus menyediakan ASI ekslusif bagi sang bayi. Masalah yang sering dihadapi oleh seorang Ibu yang baru melahirkan antara lain ASI yang tidak lancar, ASI yang tidak lancar dapat disebabkan oleh banyak faktor.

Temulawak mengandung beberapa zat yang dapat berguna untuk memperlancar ASI. Meminum ramuan yang dibuat dari bahan tanaman ini dapat membantu untuk lebih memperlancar ASI, sehingga ASI yang diproduksi bisa menjadi lebih banyak.

Untuk dapat membuat ramuan tersebut langkahnya cukup sederhana. Cukup siapkan temulawak cuci bersih lalu parut. Peras hasil parutan tadi, kemudian rebus hingga mendidih. Diamkan hingga dingin. Tambahkan madu sesuai selera. Minum ramuan tersebut 2 kali dalam sehari, yaitu pada pagi hari dan juga malam hari. Minum air ramuan itu secara teratur dapat berguna untuk memperlancar produksi ASI.

  1. Berguna Mengatasi Sakit Ginjaltemulawak3

Tanaman yang berasal dari Indonesia ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati sakit  ginjal. Ginjal adalah salah satu organ penting tubuh. Bila fungsi dari ginjal terganggu, maka sistem tubuh pun juga tidak dapat berjalan dengan baik. Penyakit ginjal termasuk golongan penyakit berat. Bila penyakit ini menyerang, maka harus dilakukan penanganan dengan segera.

Untuk mengobati sakit ginjal dengan tanaman herbal ini, caranya cukup sederhana. Siapkan temulawak, kupas terlebih dahulu, kemudian cuci bersih. Rebus bersama daun kumis kucing, dan juga daun meniran. Rebus bahan-bahan tersebut menjadi satu sampai mendidih, setelah air tersisa kurang lebih setengahnya, angkat air rebusan tersebut, kemudian dinginkan. Hasil rebusan bahan-bahan tadi minum kurang lebih 3 kali dalam sehari. Meminum ramuan tersebut dapat membantu dalam pengobatan sakit ginjal.

  1. Mengobati Sakit Asma

Air rebusan temulawak yang dicampur dengan gula aren juga dapat bermanfaat untuk untuk meringankan sakit asma. Sakit asma adalah salah satu penyakit pernafasan yang sangat menganggu. Sakit asma juga merupakan penyakit kambuhan yang dapat menyerang kapan saja. Meminum ramuan herbal ini dapat membantu meringankan dan juga mencegah datangnya penyakit asma.

Efek Samping

Temulawak memang mempunyai kandungan-kandungan yang berguna bagi kesehatan tubuh. Namun bahan ini juga dapat menjadi berbahaya bila dikonsumsi secara terus menerus dalam jangka waktu panjang. Mengkonsumsi bahan ini secara terus menerus dalam waktu lama dapat mengakibatkan iritasi lambung dan juga rasa mual. Belum ada studi lanjut yang menunjukkan efek bahan ini terhadap Ibu hamil. Jadi untuk Ibu Hamil, tidak disarankan untuk mengkonsumsi produk-produk yang mengandung bahan ini.

Tanaman herbal ini mempunyai banyak sekali zat-zat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Mengkonsumsi ramuan alami yang terbuat dari bahan ini adalah salah satu cara sehat untuk dapat mendapatkan tubuh yang sehat.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.