Inilah 7 Khasiat Minyak kelapa Bagi Kesehatan yang Harus Anda Ketahui

Manfaat Minyak Kelapa Yang Harus Anda Keahui

minyak-kelapa-walafiatMinyak kelapa atau virgin coconut oil memiliki segudang manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Minyak kelapa ini sendiri dibuat dari sari kelapa yang mempunyai manfaat baik dan telah dimanfaatkan sejak dulu. Umumnya orang mengenal minyak kelapa hanya untuk perawatan rambut dan kulit. Namun, minyak kelapa juga sangat baik untuk kesehatan jantung, sistem kekebalan tubuh dan dapat merawat tulang dan gigi.

Di Indonesia sendiri bukan hal baru lagi bahwa minyak kelapa sudah dimanfaatkan untuk kecantikan. Namun, masih belum semua tahu bahwa ternyata minyak kelapa juga dapat membuat tubuh terhindar dari penyakit kronis seperti sakit jantung. Mengkonsumsi minyak kelapa juga dapat membuat tubuh lebih sehat karena dapat melancarkan metabolisme. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki kelebihan dapat mengontrol gula dalam darah sehingga anda bisa terhindar dari penyakit diabetes.

Sejak dulu minyak kelapa dibuat secara tradisional oleh masyarakat Indonesia untuk minyak rambut. Hingga saat ini masih banyak yang membuat minyak kelapa secara tradisional agar mendapatkan minyak kelapa yang murni yang tentunya dapat memberikan banyak manfaat.

Bagi anda yang ingin mencoba membuat minyak kelapa murni caranya sangat mudah. Anda hanya harus memarut kelapa yang sudah cukup tua sehingga memiliki banyak santan. Setelah proses memarut, santan yang telah dihasilkan tadi rebuslah di sebuah wajan sekalian dengan air kelapanya. Aduk terus hingga nanti santan tersebut berubah menjadi minyak. Tidak hanya terdapat minyak saja, nanti juga akan ada ampas yang berasal dari santan tadi. Ampas tersebut umumnya digunakan sebagai campuran masakan bagi orang jaman dulu karena memiliki rasa yang manis dan gurih.

Minyak kelapa murni umumnya dikira oleh banyak orang memiliki sejumlah lemak yang tinggi sehingga berbahaya bagi tubuh. Namun, sebenarnya minyak kelapa murni memiliki 57% minyak jenuh sedang berantai. Artinya minyak kelapa tersebut tidak akan mengendap di dalam tubuh dan proses metabolisme tubuh pun tidak akan terganggu.

Untuk Ciri – ciri tanaman & Manfaatnya silakan Klik Disini:

Mahkota Dewa

Kunyit Putih

Daun Binahong

Kandungan Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung asam laurat, asam kaprat dan asam kaprilat yang dapat menangkal bakteri dan sebagai antioksidan. Asam laurat yang didapat dari minyak kelapa akan diubah menjadi monolaurin saat berada di tubuh manusia dan dapat membantu menjadi pengkal bakteri dan virus yang masuk ke tubuh.

Minyak kelapa juga mengandung asam lemak tak jenuh ganda yaitu asam linoleat dan asam lemak tak jenuh ganda asam oleat. Minyak kelapa yang murni yang dibuat secara tradisional sangat tinggi kandungan polifenol. Selain itu minyak kelapa juga mengandung vitamin E dan K, mineral serta zat besi.

Manfaat Minyak Kelapa bagi Kesehatan

  • Melenyapkan Bakteri yang Ada di Tubuh
    Bakteri dan virus ialah penyebab utama sehingga anda bisa terkena suatu penyakit. Dengan mengkonsumsi minyak kelapa maka dapat membantu tubuh anda memerangi bakteri dan virus agar terhindar dari penyakit. Kandungan asam kaprilat yang ada di minyak kelapa sangat berguna untuk membunuh bakteri dan juga virus yang ada di tubuh.
  • Membantu Proses Metabolisme Tubuh
    Minyak kelapa murni yang mengandung lemak jenuh sedang berantai dapat membantu tubuh untuk memperlancar proses metabolisme. Sehingga tubuh akan lebih sehat dan terhindar dari penyakit jika proses metabolisme tubuh lancar.
  • Menjaga Jantung Tetap Sehat
    Kandungan asam laurat yang dimiliki oleh minyak kelapa dapat mengubah kolesterol jahat menjadi kolesterol baik sehingga jantung akan tetap sehat. Penyakit jantung ialah salah satu penyakit yang paling ditakuti, oleh karena itu kesehatan jantung amatlah penting untuk dijaga.
  • Merawat Rambut
    Rambut ialah salah satu bagian penting yang ada di tubuh karena dapat menunjang penampilan seseorang. Sehingga rambut yang sehat ialah impian bagi sebagian orang. Menjaga rambut tetap sehat dengan menggunakan minyak kelapa sudah dilakukan sejak dulu. Minyak kelapa sangat baik jika doleskan ke rambut setiap hari setelah mandi karena dapat mencegah kerusakan rambut. Menggunakan minyak kelapa juga dapat membuat kulit kepa yang kering menjadi lembab dan dapat pula menghindarkan dari masalah ketombe maupun kutu rambut.
  • Merawat Kulit
    Tidak hanya dapat menjaga rambut tetap sehat dan lembab, minyak kelapa juga dapat membuat kulit anda lebih lembab. Kulit kering yang sering mengganggu dapat diatasi dengan menggunakan minyak kelap murni. Kandungan antioksidan yang tinggi dapat membantu kulit terhindar dari penuaan dini. pengelupasan kulit juga dapat dicegah dengan menggunakan minyak kelap murni. Banyaknya manfaat baik minyak kelapa untuk kulit membuat minyak kelapa menjadi bahan dasar berbagai macam produk kecantikan seperti lotion dan sabun. Merawat kulit dengan menggunakan minyak kelapa anda tidak akan mendapatkan efek samping negatif.
  • Meningkatkan Sistem Imun Tubuh
    Kandungan asam laurat, lipid antimikroba, asam kaprilat dan asam kaprat membuat minyak kelapa menjadi salah satu bahan yang dapat mengkal berbagai macam bakteri dan virus. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh anda. Sehingga anda bisa terhindar dari penyakit karena sistem kekbalan tubuh yang kuat.
  • Dapat Menyerap Nutrisi dengan Baikmanfaat-minyak-kelapa-untuk-kecantikan
    Vitamin E yang terkandung dalam minyak kelapa murni memiliki manfaat besar bagi tubuh yaitu membantu menyerao nutrisi. Dengan kandungan vitamin E yang tinggi, maka tubuh dapat menyerap nutrisi dengan lebih baik dan juga lebih cepat. Dengan penyerapan nutrisi yang lebih cepat tentu akan membuat tubuh lebih sehat.
  • Melancarkan Pencernaan
    Minyak kelapa yang dipakai sebagai minyak goreng juga akan memberikan banyak manfaat baik untuk tubuh. Lemak jenuh yang dikandung minyak kelapa dapat membunuh berbagai mikroba seperti jamur, bakteri yang umumnya menyebabkan gangguan pencernaan. Hal itu akan membuat sistem pencernaan tubuh akan lebih sehat dan membuat terhindar dari gangguan pencernaan. Gangguan pencernan seperti iritasi usus besar dapat dicegah terjadinya dengan mengkonsumsi minyak kelapa. Selain itu, minyak kelapa murni juga bisa membantu usus saat menyerap nutrisi seperti mineral, vitamin dan asam amino.
  • Mengontrol Kadar Gula
    Minyak kelapa murni juga dapat membantu tubuh dalam mengontrol gula darah. Hal itu dikarenakan minyak kelapa dapat membuat insulin bekerja lebih efisien. Dengan kadar gula yang normal tentunya anda dapat terhindar dari penyakit diabetes.

Banyaknya manfaat baik dari minyak kelapa untuk tubuh membuat anda sadar pentingnya bahan yang satu ini. Meskipun minyak kelapa umumnya hanya terkenal dapat membuat rambut dan kulit agar tetap sehat, ternyata juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan.

Mengkonsumsi minyak kelapa secara teratur dan tidak berlebihan tidak akan menyebabkan efek samping bagi tubuh. Jadi anda bisa dengan aman menggunakan bahan yang satu ini untuk menjaga kesehatan tubuh. Mulailah menyimpan minyak kelapa di rumah dan manfaatkanlah agar tubuh anda senantiasa sehat.

Itulah beberapa manfaat dari minyak kelapa yang umumnya masih tidak diketahui oleh banyak orang. Semoga artikel di atas bisa bermanfaat bagi anda yang ingin tahu apa saja khasiat dari minyak kelapa.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.