Manfaat Ampuh Ekstrak Kulit Manggis

Rahasia Kulit Manggis Yang Harus Anda Ketahui

Manfaat ekstrak kulit manggis – Manggis selama beberapa tahun terakhir menjadi buah yang cukup terkenal di dunia pengobatan. Selain rasa buahnya yang enak dan bermanfaat, ternyata kulit manggis yang biasanya hanya dibuang, dalam perkembangannya terbukti mampu menyembuhkan beberapa penyakit ganas seperti kanker.

Pada bulan  April 1993, Munekazu Iinuma mengumpulkan kulit manggis dari berbagai daerah di Indonesia. Oleh Munekazu, kulit manggis tersebut  dibawa  ke Gifu Pharmaceutical University di Jepang.

Munekazu bersama Kenji Matsumoto dan kawan-kawan yang lain melakukan percobaan menggunakan kulit manggis.  Dari penelitian itu didapat hasil bahwa senyawa-senyawa dalam kulit manggis atau xanthone dapat memicu kematian sel leukimia.

Hasil penelitian Kenji tersebut seolah-olah menjadi pelopor bagi ilmuwan lain untuk melakukan penelitian terhadap kulit manggis. Lima bulan sesudahnya di Swiss dilakukan penelitian. Hasil dari penelitian tersebut membuktikan bahwa xanthone mampu mengatasi depresi. Setelah itu, semakin banyak penelitian yang menggunakan esktrak kulit manggis sebagai bahan utamanya.

Manggis yang bernama latin Garcinia mangostana    merupakan  pohon daerah tropis dan diyakini berasal dari Nusantara.  Buah dari pohon ini yang disebut juga buah manggis memiliki kulit berwarna merah atau merah keunguan. Kulit luarnya bertekstur keras. Manggis sering disebut juga dengan buah ratu (queen of tropical fruits) karena pada atas buah manggis terdapat mahkota yang identik dengan atribut seorang ratu.

Buah ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan. Selain buahnya, ekstrak kulitnya juga berguna untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Untuk Ciri – ciri tanaman & Manfaatnya Silakan Klik Disini :

Madu Pahit

Kunyit Asem

Angkak

Manfaat Ekstrak Kulit Manggis

Di dalam ekstrak kulit manggis terdapat senyawa penting yang bermanfaat untuk kesehatan maupun menanggulangi berbagai macam penyakit.

  1. Menjaga kecantikan wajah
    Selain untuk mengobati penyakit, ekstrak kulit manggis bisa digunakan untuk menjaga kecantikan tubuh. Manfaat ekstrak kulit manggis untuk kecantikan antara lain untuk menghaluskan kulit wajah, menghilangkan jerawat, mengencangkan kulit, meremajakan sel-sel, menghilangkan flek hitam, serta menghancurkan lemak dalam tubuh. Terutama untuk wanita yang mementingkan penampilan, ekstrak kulit manggis ini sangat bermanfaat.
  1. Melawan sel-sel kanker
    Kanker termasuk penyakit yang berkontribusi tinggi untuk kematian baik di dunia maupun Indonesia sendiri. Semua kalangan baik anak-anak maupun dewasa, lelaki ataupun perempuan sama-sama berpotensi terkena penyakit ini. Kanker yang banyak diidap oleh orang Indonesia antara lain adalah kanker payudara, kanker prostat, kanker serviks, dan kanker paru-paru.Kandungan senyawa xanthone yang terdapat dalam kulit buah manggis  mampu menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker dalam tubuh. Dengan cara konsumsi yang teratur dan konsisten, sel-sel kanker bisa dilawan dengan ekstrak kulit manggis.

Tidak hanya itu saja. Selain hal di atas, ada beberapa manfaat dari ekstrak kulit manggis yang lain yaitu  membantu menurunkan  berat badan, meringankan wasir, mengurangi resistensi insulin, menyembuhkan kerusakan urat syaraf, menyembuhkan peradangan, meningkatkan sistem kekebalan, memperlancar haid, dan masih banyak lagi.

Cara Menggunakan Ekstrak Kulit Manggis

Ada dua kategori dalam penggunaan ekstrak kulit manggis terutama untuk perawatan  kulit, yaitu perawatan dalam dan perawatan luar.

  • Perawatan dari dalam
    Siapkan satu buah kulit manggis yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Kemudian  iris-iris sehingga kulit  menjadi beberapa bagian. Potongan tersebut diblender hingga halus dengan dengan diberi tambahan air sebanyak kurang lebih setengah gelas. Minum waktu sebelum tidur pada malam hari. Bisa juga ditambah dengan madu agar tidak terlalu pahit. Lakukan konsumsi jus ini secara rutin dan lihat hasilnya di bulan pertama. Kulit akan tampak lebih bersih, cerah, dan terhindar dari jerawat.
  • Perawatan dari luar
    Siapkan 2 buah kulit manggis yang sudah dibersihkan. Blender kulit tersebut dengan menambahkan gelas air sampai halus. Lalu  peras airnya hingga kering. Setelah itu, biarkan hingga 3 jam sampai terlihat endapannya. Buang airnya lalu  pergunakan endapan tersebut untuk masker wajah. Pergunakan masker wajah ini setiap malam secara rutin lalu biarkan hingga esok pagi. Lalu bilas dengan air bersih.Selain dibuat jus dan masker, ada juga cara lain yang bisa digunakan untuk mengolah kulit buah manggis.
  • Direbus dan dikeringkan
    Potong atau iris kulit buah manggis  lalu  dijemur hingga kering di bawah  matahari. Tujuannya adalah agar kulit manggis tersebut bisa bertahan lama dan bebas jamur.Untuk mengonsumsinya, ambil satu genggam kulit buah manggis yang sudah kering tersebut. Kemudian rebuslah menggunakan segelas air. Tunggu sampai beberapa menit hingga kulit manggis menjadi layu. Setelah itu gunakan rebusan kulit manggis tersebut untuk membuat jus  dan dicampur dengan buah yang lainnya.
  • Dengan cara ditumbuk
    Cara ini tidak jauh berbeda dengan cara di atas. Setelah kulit manggis dikeringkan,  ambil secukupnya untuk ditumbuk hingga menjadi  serbuk. Untuk menjadikannya obat, ambil serbuk kulit manggis tersebut lalu campur dengan jus. Atau bisa diseduh dengan air panas dan bisa ditambahkan dengan madu agar rasa pahitnya berkurang.

Jika Anda tidak mau repot dan kesulitan, Anda bisa menikmati ekstrak kulit manggis yang kini sudah banyak  beredar di pasaran. Selain itu, membuat ekstrak kulit manggis sendiri jika tidak tepat bisa menimbulkan dampak bagi tubuh. Anda bisa memilih ekstrak kulit manggis sesuai keinginan Anda. Ada ekstrak kulit manggis yang berujud kapsul dan ada juga ekstrak yang berujud cair.

Efek Samping Ekstrak Kulit Manggis

Manfaat Ekstak Kulit ManggisEkstrak kulit manggis maupun buahnya sendiri sudah terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Akan tetapi apakah mengonsumsi ekstrak kulit manggis akan menimbulkan efek samping bagi tubuh?

Meskipun herbal, ternyata ada dampak dari konsumsi ekstrak kulit manggis yang berlebihan. Penggunaan ekstrak kulit manggis yang berlebihan akan berdampak pada ginjal. Efek samping ini akan muncul jika pengolahan kulit manggis tidak dilakukan secara tepat. Agar lebih aman,  Anda sebaiknya mengimbangi konsumsi ekstrak kulit manggis  dengan memperbanyak meminum air putih.

Meminum air putih dapat mengurangi pengendapan pada ginjal.  Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi jintan, adas, atau daun sembung yang bersifat diuretik atau pendorong produksi air seni.

Menurut penelitian dari beberapa pihak, mengonsumsi ekstrak kulit manggis dalam jangka pendek masih relatif aman. Dengan catatan, takaran yang digunakan juga masih dalam ambang normal atau di bawah 750 gram. Segala hal yang berlebihan memang pada dasarnya tidak berdampak baik. Oleh karena itu, Anda hendaknya mengonsumsi ekstrak buah manggis secara wajar

Dalam  kulit manggis terkandung zat-zat seperti tanin, resin, dan juga serat kasar yang bisa membahayakan ginjal dan usus jika  mengendap.

Efek samping lain yang bisa timbul dari konsumsi ekstrak kulit manggis ini adalah perut akan terasa kembung. Efek ini timbul bisa jadi karena pengonsumsi memiliki penyakit lain yang tidak diketahui selain dari penyakit utama.

Sebagai contoh, setelah mengonsumsi ekstrak kulit manggis, seseorang yang memiliki keluhan penyakit maag ternyata merasa kembung, maka ada kemungkinan bahwa orang tersebut memiliki gangguan pada pencernaan selain maag. Jika perut terasa kembung, Anda bisa  mengkonsumsi temulawak atau kunyit.

Selain itu, bisa juga akan timbul alergi yang memengaruhi sistem kerja tubuh seperti nyeri sendi, sakit kepala, nyeri otot, insomnia, gatal-gatal, dan jantung berdebar.

Akan tetapi efek ini akan berbeda kepada setiap orang. Hal ini tergantung pada kondisi kesehatan pengguna maupun sensitivitasnya.

Demikian tadi beberapa manfaat yang ada dalam kulit manggis. Kandungan xanthone yang ada dalam kulit manggis memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh Anda. Semoga bermanfaat!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.