Seputar Jintan Hitam dan Manfaatnya

Apakah Jinten Hitam Itu ?

jinten-hitamJintan hitam merupakan salah satu jenis rempah yang berupa biji-bijian seperti beras dan berwarna hitam. Jintan hitam memiliki kemampuan untuk menyembuhkan gangguan kesehatan ringan dan berat secara alami. Karena kemampuan penyembuhan alami inilah, dari dulu semasa nenek moyang kita hingga sekarang jintan hitam ini masih dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit tertentu. Jintan hitam sendiri berasal dari Mesir dan negara-negara di kawasan Timur Tengah serta India.

Mulanya  jintan hitam ini hanya dimanfaatkan sebagai bumbu masak saja (khususnya di India), lalu biji-bijian yang berbentuk menyerupai bulan sabit ini dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat ramuan obat tradisional. Jintan hitam memiliki rasa pahit dan dapat dimanfaatkan sebagai pengganti lada. Biji-bijian dengan nama latin Nigella sativa ini ternyata memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan. Terdapat sekitar 100 senyawa kimia yang berdampak baik untuk mendukung kesehatan tubuh terkandung di dalam setiap biji jintan hitam. Daripada penasaran khasiat apa saja yang diberikan oleh biji-bijian jintan hitam, simak list khasiat jintan hitam berikut ini.

Untuk Ciri – ciri tanaman & Manfaatnya silakan Klik Disini:

Susu Kambing Etawa

Kunyit Putih

Minyak Kelapa

Manfaat Konsumsi Jinten Hitam Untuk Kesehatan

Atasi Gangguan Perut

Jintan hitam memiliki sifat alami untuk menyembuhkan berbagai jenis gangguan pada perut, seperti ganguan pencernaan, sembelit, diare, dan perut sebah. Jintan hitam ini sangat efektif dimanfaatkan sebagai bahan ramuan yang dikonsumsi guna menjaga kesehatan sistem pencernaan. Hebatnya lagi, ramuan tradisional yang terbuat dari biji-biji jintan hitam ampuh basmi cacing-cacing yang ada di dalam usus.

Sumber Nutrisi yang Dibutuhkan oleh Tubuh

Kandungan beta-karoten/ pro-vitamin A, zat besi, kalsium, kalium, dan sodium yang terdapat pada jintan hitam merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Tak hanya itu saja kandungan nutrisi yang terdapat pada biji-biji jintan hitam, melainkan juga ada 8 dari 9 jenis asam amino esensial yang dapat ditemukan di jintan hitam. Perlu Anda ketahui bahwa asam amino esensial sama sekali tidak diproduksi oleh tubuh dan tubuh kita mendapatkan asupan asam amino esensial dari makanan yang kita konsumsi setiap hari. Salah satunya bisa didapatkan dari jintan hitam ini.

Meningkatkan Fungsi Sistem Imun Tubuh

Khasiat lain dari mengkonsumsi jintan hitam yaitu dapat meningkatkan fungsi sistem imun tubuh. Ramuan tradisional yang terbuat dari jintan hitam sangat baik untuk Anda yang sering mengalami gangguan imunitas tubuh. Dengan sistem imun tubuh yang kuat, proses penyembuhan dari penyakit seperti AIDS, flu, batuk, pilek, dll akan berlangsung lebih cepat dan tubuh kita pun akan terhindar dari serangan-serangan gangguan kesehatan ringan ataupun berat yang terkait dengan imunitas tubuh kita.

Menyembuhkan Alergi dan Asmajinten-hitam-walafiat

Dalam biji jintan hitam terdapat kandungan senyawa yang dinamakan histamin. Kandungan senyawa ini dilepaskan oleh sistem imun tubuh ketika terjadi reaksi alergi. Kemudian ada juga senyawa Crystalline nigellone yang mana senyawa ini mengandung protein kinase C yang tak lain adalah sebuah substansi yang mampu menghambat proses pelepasan senyawa histamin. Dengan mengkonsumsi jintan hitam, reaksi alergi pada tubuh dapat berkurang. Reaksi alergi yang demikian biasanya dialami oleh penderita asma, bronkritis, dan penderita alergi-alergi lainnya. Menariknya lagi, pemberian treatmen tradisional dengan menggunakan ramuan jintan hitam pada penderita alergi ini tanpa menimbulkan efek samping apapun.

Mengobati Penyakit Kanker

Asam lemak pada biji jintan hitam juga efektif menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel-sel kanker. Jintan hitam secara alami akan merangsang kinerja dan imunitas sel-sel tulang sumsum. Jintan hitam juga aktif menstimulasi produksi interferon dan memberikan perlindungan bagi sel-sel normal, serta melawan  sel-sel kanker tanpa merusak sel-sel yang sehat.

Mencegah dan Mengobati Penyakit yang Disebabkan oleh Bakteri yang Kebal terhadap Oba-Obatan

Jintan hitam juga begitu kuat dalam melawan berbagai jenis bakteri yang terkenal sangat tahan dengan obat-obatan. Contohnya saja bakteri penyebab kolera. Dengan hanya memanfaatkan jintan hitam, penyakit kolera dapat dicegah dan juga dapat diobati dengan mudah.

Mengobati Radang

Thymoquinine pada jintan hitam adalah obat anti-inflamasi alami yang efektif untuk obati radang yang diderita oleh tubuh. Salah satu jenis radang yang paling umum dialami oleh sebagian besar orang yaitu jerawat. Anda dapat memanfaatkan jintan hitam yang telah diolah menjadi minyak jintan hitam sebagai obat anti-jerawat. Caranya sangat mudah, cukup oleskan minyak jintan hitam pada bagian kuit wajah yang berjerawat. Anda bisa campurkan minyak jintan ini dengan bahan-bahan alami lain seperti minyak zaitun, madu, atau cuka.

Meningkatkan Produksi ASI

Nah, bagi Anda bunda yang sedang aktif menyusui, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi ramuan jintan hitam secara rutin karena jintan hitam ternyata dapat memicu produksi ASI. Di dalam biji jintan hitam terdapat terdapat unsur-unsur dan sytruktur hormon lipid yang sangat baik untuk wanita menyusui. Selain itu, biji jintan hitam juga memiliki kandungan arginine yang sangat krusial untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Mencegah Alzheimer dan Meningkatkan Kecerdasan

Kandungan asam linoleat atau populer dengan sebutan omega dan asam linolenat atau Omega 3 tak lain adalah dua jenis nutrisi utama untuk otak. Dengan asupan omega 6 dan omega 3 yang cukup atau melebihi kata cukup, tentunya akan sangat membantu dalam meningkatkan kecerdasan. Menariknya lagi, kebutuhan akan nutrisi bagi otak juga menjadi cara terbaik untuk mengurangi kepikunan dan gejala alzheimer. Jintan hitam juga memiliki khasiat lain terkait dengan otak, yaitu membantu memperlancar peredaran darah ke otak sehingga otak pun dapat berfungsi secara optimal. Baik sekali dikonsumsi oleh anak-anak dan lansia.

Efek Samping Jinten Hitam

Meski cukup banyak khasiat yang didapatkan dari mengkonsumsi jintan hitam, perlu diketahui bahwa terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan terkait dengan penggunaan jintan hitam. Biji hitam dapat menurunkan gula darah secara signifikan sehingga perlu konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk rutin mengkonsumsi ekstrak atau olahan jintan hitam. Kemudian, jintan hitam sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat merangsang kontraksi rahim. Dari sini, kita menjadi tahu bahwa biji jintan memang memiliki banyak sekali khasiat, hanya saja tidak baik dimanfaatkan oleh kalangan tertentu, seperti ibu hamil.

Soal pengolahan, ada cukup banyak pilihan pengolahan biji jintan yang dapat Anda coba. Misalnya saja dengan cara diseduh dengan air panas lalu air seduhan diminum hangat-hangat. Ada juga dikonsumsi langsung dengan cara memasukan beberapa biji ke dalam minuman hangat seperti kopi atau teh. Biji jintan juga dapat digiling/ dihaluskan untuk kemudian dimanfaatkan sebagai bahan campuran pada salad atau makanan lain. Kini cukup banyak produk olahan jintan hitam seperti ekstrak jintan hitam, teh celup jintan hitam, bubuk jintan hitam, dan minyak jintan hitam yang bisa Anda manfaatkan untul berbagai keperluan.

Demikian sekilas informasi tentang biji jintan hitam dan manfaatnya. Diharapkan artikel ini menambah pengetahuan Anda tentang obat herbal yang satu ini.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.