7 Manfaat Luar Biasa Dari Jahe Untuk Kesehatan

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Luar Biasa Dari Jahe Untuk KesehatanJahe merupakan, tanaman yang bisa mengatasi berbagai macam penyakit. Diantara penyakit atau keluhan yang bisa diatasi dengan meminum air jahe atau ekstrak jahe adalah, migran, demam dan batuk, melancarkan peredaran darah, menurunkan berat badan, mengobati sakit gigi, menurunkan tekanan darah, dan lain sebagainya. Dari tanaman ini, ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh untuk mengobati penyakit.

Jahe merupakan, tanaman yang termasuk kedalam jenis temu-temuan. Tanaman jahe ini, memiliki nama ilmiah Zingiberi yang diberikan oleh penemu jahe, William Roxburgh. Di Negara-Negara di asia, jahe merupakan salah satu tanaman yang biasa digunakan sebagai rempah untuk bumbu masakan dan juga bahan obat. Jahe dapat tumbuh di tempat yang lembab, atau di daerah yang memiliki kadar tanah yang agak basah.

Ciri dari tanaman ini, memiliki batang yang tegak. Akar dari tanaman jahe ini, memiliki akar serabut dan juga berumbi. Tunas dari tanamanan jahe ini sangat bervariasi, tergantung dengan varitasnya. Bentuk dari daun jahe, berbentuk bulat panjang tetapi tidak begitu lebar. Pada tanaman jahe, bisa ditemukan bunga jahe. Dimana terdapat 2 kelamin dalam bunga jahe tersebut. Bunga jahe akan muncul pada ketiak daun, dan posisinya berada pada posisi duduk.

Untuk Ciri – ciri tanaman & Manfaatnya Silakan Klik Disini :

Sambiloto

Daun Sirih

Minyak Zaitun

Manfaat tanaman jahe sebagai obat herbal

Tanaman yang dikenal dengan segudang manfaat ini, memang sudah lama dikenal. Dari sejak dulu, jahe sudah digunakan sebagai salah satu bahan obat, untuk mengobati berbagai macam penyakit. Akan tetapi, jahe juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam keluhan tentang kesehatan. Oleh karena itu, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa saja manfaat dari jahe tersebut. Berikut beberapa manfaat jahe.

  1. Melancarkan peredaran darah
    Kandungan gingerol pada jahe, memiliki sifat antikoagulan. Dimana dengan kandungan gingerol yang bersifat antikoagulan ini, mampu mencegah terjadinya penggumpalan darah. Oleh karena itu, dengan jahe ini, kita bisa mencegah tersumbatnya pembuluh darah. Apabila pembuluh darah tersumbat, maka penyakit utama seperti strok dan serangan jantung bisa menyerang.
  1. Mengobati migran
    Penyakit sakit kepala sebelah (migran), disebabkan oleh prostaglandin. Pada suatu studi, jahe mampu menghentikan prostaglandin. Oleh karena itu, jahe dapat mengatasi penyakit sakit kepala sebelah.
  1. Demam dan batuk
    Pada penderita demam dan batuk, Anda bisa mengkonsumsi ekstrak jahe sebagai salah satu obat untuk mengatasi demam dan batuk tersebut. Kandungan gingerol yang terdapat dalam jahe, tidak hanya bisa melancarkan peredaran darah, tetapi juga bisa mengobati demam dan juga batuk. Dengan mengkonsumsi jahe, maka Anda sudah menekan efek samping yang biasanya terdapat pada obat-obatan kimia.
  1. Membantu menurunkan berat badan
    Manfaat jahe yang mampu melancarkan dan melebarkan pembuluh darah, membuat tubuh mampu membakar kalori. Pembakaran kalori tersebut, berubah menjadi panas tubuh. Pada jahe, mengandung sangat sedikit kalori di dalamnya. Sehingga, dengan mengkonsumsi jahe, tidak akan meningkatkan berat badan.  Dengan mengkonsumsi jahe secara rutin pada pagi hari dan sore hari, bisa membantu menjaga kesehatan dan juga metaboliseme tubuh dengan baik.
  1. Sebagai obat jerawat
    Manfaat jahe yang satu ini, tentunya belum banyak diketahui banyak orang. Pada suatu penelitian di Universitas Maryland Medical Centre, jahe digunakan sebagai salah satu obat untuk mencegah timbulnya jerawat pada bagian wajah. Oleh karena itu, pada penelitian tersebut, dianjurkan untuk mengkonsumsi jahe kurang lebih 4gr dalam sehari. Apabila mengkonsumsi jahe secara berlebihan, maka bisa menimbulkan efek seperti mulas, iritasi, dan juga diare.
  1. Mengatasi peradangan
    Kandungan gingerol pada jahe, ternyata juga mampu mengatasi peradangan. Senyawa gingerol ini, berfungsi sebagai aroma menyengat dan memiliki khasiat anti inflamasi. Oleh karena itu, pada saat Anda menderita peradangan, ada baiknya Anda mengkonsumsi jahe atau mencari obat yang memiliki kandungan gingerol.
  1. Mengobati sakit gigi
    Pada saat Anda sedang mengalami sakit gigi atau nyeri gusi, Anda bisa meminum air jahe. Dengan mengkonsumsi air jahe, maka sakit gigi atau nyeri gusi yang sedang Anda alami akan segera teratasi. Hal ini dikarenakan, jahe memiliki sifat anti jamur dan juga anti bakteri.

Cara penggunaan jahe sebagai obatJahe3

Untuk mendapatkan khasiat jahe sebagai obat, maka Anda perlu mengetahui cara penggunaan jahe tersebut. Selain untuk obat, jahe juga bisa digunakan sebagai suplemen untuk menjaga tubuh agar tetap hangat, bugar, dan juga sehat. Berikut cara penggunaan jahe.

  1. Jahe sebagai obat sakit kepala
  • Ambil kurang lebih 15 gram jahe
  • Kemudian gulah merah secukupnya
  • Setelah itu, rebus jahe dan gula merah bersamaan dengan air kurang lebih 400cc
  • Biarkan rebusan jahe dan gula merah sampai mendidih dan air sisa setengah
  • Saring air rebusan jahe dan gula merah tersebut dan diminum dalam kondisi masih hangat.
  1. Jahe untuk meningkatkan stamina
  • Ambil kurang lebih 10 gram jahe dan kemudian diparut
  • Sediakan air kurang lebih 200cc
  • Campurkan jahe yang sudah diparut tadi bersama air dan kemudian disaring
  • Air saringan jahe tadi, ditambahkan merica kurang lebih setengah sendok teh dan madu secukupnya
  • Air rebusan jahe siap untuk diminum
  1. Jahe sebagai obat batuk
  • Ambil kurang lebih 15 gram jahe, kemudian dihaluskan
  • Sediakan air kurang lebih 400cc
  • Rebus jahe yang sudah diparutkan tadi hingga air mendidih dan tersisa setengah
  • Kemudian saring air rebusan jahe tersebut, dan diminum pada kondisi masih hangat.

Efek samping mengkonsumsi jahe

Jahe 5Hampir setiap obat herbal memiliki efek samping, hal ini juga berlaku pada jahe. Ada beberapa macam efek samping, yang dialami setelah mengkonsumsi jahe ini. Berikut beberapa efek samping tersebut.

  1. Efek samping yang paling umum setelah mengkonsumsi jahe adalah, merasakan mulas, diare, dan juga iritasi pada mulut
  2. Pada sebagian orang yang mengkonsumsi jahe pada waktu yang lama, biasanya menyebabkan terdapatnya ruam kering dan bersisik.
  3. Penggunaan jahe pada waktu yang lama, bisa membuat mata akan lebih sensitif terhadap cahaya terang.
  4. Pada sebagian orang, ada yang mengalami efek samping iritasi mata dan juga mata memerah setelah mengkonsumsi jahe
  5. Pada penderita diabetes dan mengkonsumsi obat untuk diabetes, disarankan untuk tidak mengkonsumsi jahe.

Dari ulasan diatas, dapat disimpulkan bahwa jahe merupakan rempah atau ramuan yang sering kali digunakan sebagai bahan obat dan juga sebagai bumbu masakan. Walaupun efek samping dari mengkonsumsi jahe ini jarang terjadi, tetapi diperlukannya kewaspadaan agar tidak mengalami efek samping setelah mengkonsumsi jahe.

Oleh karena itu, mengkonsumsi jahe dengan dosis yang tepat merupakan kunci terhindar dari efek samping jahe tersebut. Semoga ulasan diatas bisa menjadi referensi Anda, ketika Anda hendak mengkonsumsi jahe.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.