Manfaat Ikan Gabus Untuk Kesehatan

Ketahui 3 Rahasia Khasiat Ikan Gabus untuk Tubuh Kita.

Ikan gabus atau Ikan Kutuk
Snakehead adalah Nama Lain Ikan Gabus

Artikel ini membahas berbagai kegunaan dari ikan gabus atau dikenal juga sebagai ikan kutuk. Ikan yang memang sudah terkenal di masyarakat Indonesia ini sendiri sudah sering dikonsumsi oleh Kita. Namun dibalik rasa nya yang enak , ikan ini menyimpan khasiat yang bermanfaat bagi tubuh Anda.

Kesehatan merupakan suatu hal yang sangat penting untuk diperhatikan karena dengan kesehatan yang terjaga baik, tentu saja nantinya akan sangat membantu dalam menjalankan aktivitas sehari – hari. Namun yang namanya penyakit memang bisa datang kapan saja, mulai dari penyakit ringan sampai dengan penyakit berat. Berbicara mengenai penyakit, sekarang ini banyak orang yang mudah terkena gangguan kesehatan karena memang pola hidup yang dijalankan kurang sehat seperti kurang berolahraga, tidak menjaga kebersihan, asupan makanan yang tidak sehat dan masih banyak lagi. Terlebih lagi dalam menkonsumsi makanan yang mana menjadi penyebabnya secara langsung.

Ikan kutuk sendiri dipercaya mampu membantu untuk mengobati beberapa macam penyakit yang tergolong berat seperti gagal ginjal, kanker, stroke, tuberkolosis dan juga diabetes. Selain itu juga mampu membantu untuk mempercepat pengeringan luka atau jahitan dalam maupun luar. Hal tersebut karena ikan gabus / ikan kutuk memiliki kandungan albumin yang sangat dibutuhkan dan juga baik untuk kesehatan tubuh.

Ikan gabus sendiri merupakan salah satu jenis ikan yang mana banyak sekali dijumpai di Indonesia dan juga sudah dikenal oleh orang zaman dulu, selain itu juga banyak digunakan untuk membantu mempercepat penyembuhan luka, seperti luka khitan, kemudian luka setelah melahirkan, luka bakar dan luka yang lainnya. Namun pada dasarnya ikan gabus adalah salah satu jenis ikan predator yang mana hidup pada air tawar dan ikan ini memiliki kepala yang mirip seperti ular dan tak heran jika . Ikan gabus sendiri memiliki nama latin yaitu Channa striata.

Ciri – ciri dari ikan gabus sendiri adalah ukuran tubuhnya cukup besar dan bisa tumbuh mencapai 1 meter, kepalanya agak gepeng dan besar sangat mirip dengan kepala ular sehingga banyak yang menamakannya snakehead. Kemudian di bagian atas kepala terdapat sisik – sisik yang besar, tubuhnya sendiri bulat memanjang dan terlihat seperti peluru kendali. Setelah itu sirip pada punggungnya memanjang serta sirip pada ekor ujungnya membulat. Pada sisi atas tubuh, mulai dari kepala sampai dengan ekor memiliki warna yang gelap, hitam kecokelatan ataupun kehijauan. Dan pada sisi bawah tubuh memiliki warna putih, sisi sampingnya terdapat coret – coret tebal dan agak kabur. Pada mulutnya memiliki ukuran yang besar dan gigi – giginya juga besar serta tajam.

Manfaat Ikan Kutuk bagi Kesehatan Anda

Ikan gabus memang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan tentu saja terdapat banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Oleh karena itu berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan menkonsumsi ikan gabus / ikan kutuk:

  1. Membantu untuk pembentukan dan pertumbuhan otot
    Iwak Kutuk sendiri memiliki kandungan protein yang mana lebih tinggi jika dibandingkan dengn protein yang ada pada ikan lele ataupun ikan mas. Tetapi memang masih setara dengan kandungan protein yang ada pada ikan bandeng. dari 100 gram ikan gabus, terdapat 25,2 gram protein. Anda bisa membandingkan dengan kadar protein pada daging ayam yang mana di dalam 100 gram daging ayam terdapat 18,2 gram, kemudian pada telur hanya 12,8 gram, sedangkan daging sapi 18,8 gram. Kandungan protein yang tinggi tersebut sangat menguntungkan dan sangat berperan dalam proses pembentukan dan juga pertumbuhan dari otot itu sendiri.
  2. Membantu mempercepat penyembuhan dari luka
    Daging dari ikan gabus tersebut juga mengandung kadar albumin yang sangat tinggi dan Anda juga perlu mengetahui jika albumin merupakan salah satu jenis dari protein yang sangatlah penting di dalam proses penyembuhan luka yang ada di tubuh Anda.
  3. membantu untuk menjaga keseimbangan cairan yang ada di dalam tubuh
    kandungan akan albumin tersebut nantinya dapat menjaga kestabilan regulasi cairan yang ada di dalam tubuh dan jika kondisi tubuh Anda kurang cairan, maka protein yang nantinya masuk ke dalam tubuh akan pecah sehingga tidak bisa berfungsi secara normal. Dan kandungan normal dari albumin yang ada di dalam tubuh sendiri mencapai 60%.

Cara Konsumsi

ciri-ciri-ikan-gabus-walafiat
Gambar Bentuk Ikan Gabus / Kutuk

Anda bisa menkonsumsinya dengan beberapa cara, dan berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  1. Yang pertama adalah dibuat mejadi beberapa jenis masakan, sekarang ini sudah banyak sekali menu makanan yang dibuat dari bahan dasar ikan gabus. Anda bisa membuat ikan goreng, kemudian juga pepes ikan, abon ikan dan berbagai macam masakan yang lainnya. ada masakan terkenal khas betawi yaitu gabus pucung.
  2. Kemudian yang kedua adalah dengan mengonsumsi kapsul ikan gabus atau yang lebih sering disebut dengan ekstrak ikan gabus. Sekarang ini sudah ada banyak sekali produsen herbal yang membuat ikan gabus menjadi bahan dasar utama dari suatu kapsul herbal. Dengan kapsul tersebut, nantinya Anda hanya tinggal meminumnya saja dan akan mendapatkan manfaatnya.

 

Efek Samping 

Obat – obatan herbal yang lainnya memiliki efek samping untuk kesehatan tubuh, lalu bagaimana dengan mengonsumsi ikan ini? Mengonsumsi ikan gabus sendiri tidak akan menimbulkan efek samping. Meskipun berlebihan dalam menkonsumsi ikan gabus, Anda tidak perlu khawatir karena tidak akan menimbulkan efek samping.

Jika Anda mengonsumsi albumin berlebih maka nantinya tubuh akan menyimpannya sebagai massa otot, dengan demikian orang yang sedang sehat juga sangat aman untuk mengonsumsi ikan gabus sebagai suplemen. Pada dasarnya tubuh sendiri memiliki cadangan albumin yang mana dapat digunakan jika asupan albumin terlalu kurang, cadangan tersebut yang nantinya akan disimpan di dalam otot. Tetapi jika cadangan albumin tersebut diambil secara terus menerus, maka akan mengganggu metabolisme tubuh. Oleh sebab itu untuk semua orang yang sehat ataupun sakit, tidak perlu sungkan dan ragu – ragu untuk menkonsumsi albumin ikan gabus / ikan kutuk karena nantinya sangat bermanfaat untuk meningkatkan kadar albumin di dalam darah.

Jadi pada dasarnya ikan ini sangat kaya akan protein albumin yang mana merupakan jenis protein yang dapat membantu mempercepat penyembuhan pascaoperasi dan juga melahirkan. Selain itu zat tersebut juga membantu untuk pertumbuhan anak dan juga menambahkan berat badan orang yang menderita HIV AIDS. Zat gizi yang terkandung di dalam iwak kutuk tersebut juga membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh agar nantinya tidak mudah terserag penyakit.

Jadi pada intinya adalah Anda jangan pernah ragu lagi untuk menkonsumsi ikan kutuk untuk menjaga kesehatan Anda dan keluarga serta dapatkan berbagai manfaatnya. Terimakasih.

Baca Juga

Khasiat Angkak untuk DBD dan Penyakit Lain

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.