10 Manfaat Daun Wungu untuk Kesehatan

Apa Itu Daun Wungu?

daun-wungu-walafiatDaun wungu atau daun ungu merupakan salah satu tanaman herba yang banyak dimanfaatkan untuk kesehatan. Di antaranya untuk mengatasi maag, sembelit, reumatik, sakit telinga, wasir, bisul, demam, memar, haid tidak teratur, dan batu empedu. Daun wungu memiliki nama latin yaitu graptophyllum pictum. Daun wungu juga dikenal dengan berbagai nama lokal seperti kadi, kobi, krotong, atau temen. Untuk mengenali tanaman herba ini tidaklah sulit. Daun wungu merupakan daun tunggal. Sesuai dengan namanya, warna daun wungu ini ungu agak kehijau-hijauan. Batang tanaman daun wungu ini juga berwarna ungu dan licin. Bentuk daun wungu oval dengan ruas daun yang saling bertemu. Tinggi tanaman berkhasiat ini dapat mencapai hingga 2 meter. Tanaman ini juga memiliki bunga. Bunga wungu merupakan bunga majemuk. Selain memiliki bunga, tanaman wungu juga memiliki buah yang berbentuk kotak lonjong berwarna coklat keunguan.

 

Daun wungu memiliki khasiat untuk penyakit maag, sembelit, reumatik, sakit telinga, wasir, bisul, demam, memar, haid tidak teratur, dan batu empedu karena daun wungu memiliki kandungan steroida, tanin, saponin, glikosida, klorofil, alkaloida non toksik, kalsium oksalat, asam formik, flavanoid, dan triterpinoid. Kandungan-kandungan inilah yang dapat membantu Anda untuk mengatasi berbagai penyakit seperti maag, sembelit, reumatik, sakit telinga, wasir, bisul, demam, memar, haid tidak teratur, dan batu empedu.

Untuk Ciri – ciri tanaman & Manfaatnya silakan Klik Disini:

Daun Binahong

Daun Tempuyung

Daun Meniran

Manfaat dan Cara Pengolahan Daun Wungu

  1. Maag

Maag atau yang dikenal juga dengan dispepsia merupakan kondisi lambung bagian dalam yang mangalami peradangan. Jika terus dibiarkan, lambung bagin dalam ini akan terkikis dan kemudian membentuk luka yang disebut dengan tukak lambung. Hal ini akan menimbulkan rasa perih dan panas pada bagian perut tengah bagi penderitanya. Maag ini disebabkan oleh bakteri dan penggunaan obat antiinflamasi non steroid.

Cara mengobati maag dengan daun wungu yaitu dengan menumbuk 10 gram daun wungu hingga halus. Saring dan minum airnya.

  1. Sembelit

Sembelit adalah kondisi kesehatan yang sulit buang air besar. Frekuensi normal buang air besar yaitu 3 kali dalam sehari. Bila selama tiga hari tidak buang air besar, maka kemungkinan terjadi sembelit. Sembelit disebabkan oleh kurang makanan berserat, pengaruh obat-obatan tertentu, dan kurang minum. Tinja yang menumpuk di usus bila tidak segera dikuarkan akan semakin keras dan susah untuk dikeluarkan.

Cara mengobati sembelit dengan daun wungu yaitu dengan merebus daun wungu sebanyak 10 gram dengan 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Tunggu hingga dingin, saring, dan minum air rebusan ini. Minum secara rutin sehari sekali.

  1. Reumatik

Reumatik merupakan penyakit nyeri yang disebabkan oleh otot persendan yang mengalami radang atau bengkak. Sendi yang dapat terkena reumatik ini bisa sendi manapun. Reumatik dapat mengakibatkan sendi menjadi bengkak dan sendi terasa kaku. Keadaan demikian apabila tidak segera diatasi akan menjadikan kerusakan permanen pada sendi dan perubahan permanen pada bentuk sendi.

Cara mengatasi reumatik dengan daun wungu yaitu dengan menumbuk halus 10 lembar daun wungu. Tempelkan tumbukan daun wungu ini pada sendi yang terkena reumatik. Lakukan cara ini setiap kali sendi-sendi Anda terasa sakit dan nyeri.

  1. Sakit Telinga

Sakit pada telinga dapat disebabkan oleh adanya infeksi. Adanya infeksi pada telinga akan menimbulkan rasa nyeri bagi penderitanya. Selain itu, sakit telinga dapat dikhawatirkan akan mengganggu pendengaran penderitanya. Infeksi telinga terjadi pada telinga bagian tengah, tepatnya pada saluran eustachius. Infeksi yang terjadi karena saluran eustachius ini terjadi pembengkakan atau penutupan. Penyebab infeksi telingan yaitu flu, merokok, dan lendir berlebih.

Cara mengobati sakit telinga dengan daun wungu yaitu dengan menumbuk daun wungu sebanyak 5 lembar hingga halus. Peras dengan kain bersih dan langsung di arahkan pada lubang telinga. Biarkan 2-3 tetes perasan daun wungu ini masuk ke dalam telinga Anda.

  1. Wasir

Wasir adalah pembengkakan pembuluh darah yang terjadi di sekitar anus atau rektum. Wasir menyebabkan pendarahan saat buang air besar. Penyebab wasir yaitu akibat keseringan mengejan ketika buang air dan kurangnya serat makanan.

Cara mengonsmsi daun wungu untuk mengatasi wasir dengan cara rebus 15 lembar daun wungu yang ditambahkan dengan 4 gelas air bersih, satu potong kunyit, dan gula aren secukupnya hingga mendidih. Minum air rebusan ini sehari dua kali pada pagi dan malam hari.

  1. Bisul

Bisul adalah bintik-bintik merah pada kulit yang berisi nanah. Bisul kerap muncul dibagian kulit wajah, meskipun juga dapat timbul pada kulit bagian lain seperti leher maupun punggung. Bisul disebabkan oleh bakteri dan darah kotor. Bakteri atau darah kotor ini menimbulkan inflamasi pada folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut.

Cara menggunakan daun wungu untuk menyembuhkan bisul ini dengan cara menumbuk 3 lembar daun wungu hingga halus. Kemudian tempelkan tumbukan daun wungu ini pada bintik-bintik bisul pada kulit Anda.

  1. Demam

Demam merupakan keadaan tubuh yang memproduksi panas melebihi 37,5 derajat celcius. Deman disebabkan oleh infeksi atau hal lainnya. Pada dasarnya, demam merupakan penyesuaian tubuh yang sedang melawan infeksi baik yang disebabkan oleh bakteri, virus, ataupun parasit. Demam yang terlampau tinggi menandakan bahwa tubuh sedang mengalami infeksi yang serius.

Cara mengatasi demam yaitu dengan daun wungu yaitu rebus 7 lembar daun wungu dan ditambahkan 2 gelas air bersih serta satu rimpang temulawak yang dirisi tipis. Rebus hingga mendidih dan minum ketika menjadi hangat. Minum sehari dua kali hingga deman turun.

  1. Memar

Memar merupakan kedaan yang terjadi dibawah kulit. Memar dapat ditimbulkan oleh terpukul benda keras atau karena peradangan. Pendarahan di bawah kulit tidak dapat keluar sehingga mengakibatkan kulit yang memar berwarna biru atau ungu.

Cara menggunakan daun wungu untuk menyembuhkan memar ini dengan cara menumbuk 3 lembar daun wungu hingga halus. Kemudian tempelkan tumbukan daun wungu ini pada kulit Anda yang memar.

  1. Haid Tidak Teraturdaun-wungu

Haid atau menstruasi tidak teratur mengakibatkan haid datang lebih cepat atau lebih lambat. Pada kondisi normal, siklus haid yaitu 28-35 hari. Haid tidak teratur akan menyebabkan haid yang datang kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. Haid tidak terautr disebabkan oleh pola hidup kurang sehat, alat kontrasepsi, tiroid, dan sindrom ovarium polikistik.

Cara melancarkan haid dengan daun wungu yaitu dengan merebus daun wungu kering sebanyak 5 lembar dengan 3 gelas air. Tunggu hingga dingin, saring, dan minum. Hendaknya minum sebanyak tiga kali sehari yaitu pagi, siang, dan malam hari pada hari-hari sebelum haid datang.

  1. Batu Empedu

Batu empedu merupakan kondisi di mana kantung empedu yang berisi cairan empedu mengeras. Batu empedu ini terbentuk karena adanya pengerasan kolesterol. Kolesterol yang tertimbun dalam cairan empedu tertimbun dan kemudian mengeras. Hal ini disebabkan oleh ketidakseimbangan kolesterol dengan senyawa kimia dalam cairan empedu tersebut.

Cara mengatasi batu empedu dengan daun wungu yaitu dengan merebus daun wungu sebanyak 7 lembar dengan 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Tunggu hingga dingin, saring, dan minum air rebusan ini. Minum secara rutin sehari sekali.

Efek Samping Konsumsi Daun Wungu

Menggunakan daun wungu untuk mengobati berbagai penyakit tersebut tidak akan menimbulkan efek samping. Daun wungu merupakan tanaman herba yang dapat kita peroleh di lingkungan sekitar. Bahan-bahan herbal teruji tidak menimbulkan efek samping karena bahan-bahannya yang alami. Penggunaan dalam jangka yang lama juga terbukti aman untuk dilakukan. Selain aman digunakan, bahan-bahan herbal juga mudah dan murah didapatkan. Alam telah menyediakan bahan-bahan herbal untuk mengatasi berbagai penyakit manusia.

 

Daun wungu adalah salah satu tanaman herbal yang berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Seperti maag, sembelit, reumatik, sakit telinga, wasir, bisul, demam, memar, haid tidak teratur, dan batu empedu. Cara mengonsumsi daun wungu untuk mengobati berbagai penyakit ini beragam. Seperti direbus dan digunakan sebagai lalap.

 

Terima kasih telah menyimak 10 manfaat daun wungu bagi kesehatan. Semoga dapat menambah manfaat dan menambah khazanah pengetahuan Anda. Nantikan manfaat-manfaat lain yang penting pula untuk Anda ketahui.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.