7 Manfaat Sehat Dari Daun Tapak Liman

Apa itu Tapak Liman?

manfaat-tapak-limanTapak liman adalah salah satu tanaman herbal yang dipercaya ampuh untuk mengobati berbagai macam penyakit. Keluhan-keluhan penyakit yang dapat diatasi dengan memanfaatkan khasiat dari daun tapak liman antara lain sakit radang, kurang darah atau anemia, hepatitis, cacar air, dan sakit nyeri saat haid. Tanaman berkhasiat ini juga merupakan tanaman sehat yang juga dapat dimanfaatkan untuk mencegah berbagai macam penyakit berat seperti kanker, penyakit liver, penyakit diabetes, dan juga anti bisa ular.

Tanaman herbal ini mempunyai nama latin Elephantopus scaber. Tanaman ini merupakan tumbuhan yang dapat tumbuh sepanjang tahun, dan sudah begitu familier di tengah masyarakat. Tanaman Elephantopus scaber ini adalah tanaman herbal tegak. Tanaman ini sendiri berasal dari daerah Amerika tropis, namun tanaman ini kini juga dapat ditemukan di daerah lain seperti Australia dan Asia. Tapak Liman sudah begitu lama dikenal sebagai tanaman yang dapat berkhasiat sebagai obat. Tanaman ini juga mempunyai julukan lain seperti elephant’s foot, tapak sulaiman, Tapak Liman tutup Bumi dan prickly-leaved elephant’s foot.

Ciri – Ciri Tanaman Tapak Liman

Tapak liman sendiri yaitu termasuk golongan rerumputan, tanaman ini tumbuh sepanjang tahun. Tumbuhnya berdiri tegak, warna dari daun yaitu hijau tua. Daun rendahan dari tanaman ini mengumpul membentuk karangan dekat akar, tangkai daun ini pendek. Bentuk dari daun ini yaitu panjang, sampai bulat telur. Panjangnya sekitar 2-7 cm. Untuk bunga, warna bunga dari tanaman ini yaitu merah-ungu. Bunganya terbagi jadi 5 bagian, muncul pada bulan April hingga Oktober. Bunga mulai mekar pada pukul 1 siang hingga 2 siang, dan mengatup kembali pada pukul 4 sore. Bunga tumbuh di jantung dari daun.

Untuk Ciri – ciri tanaman & Manfaatnya silakan Klik Disini:

Madu, Propolis Dan Bee Pollen

Daun Meniran

Daun Insulin

Manfaat Konsumsi dan Cara Pengolahan Daun Tapak Liman

Daun ini mempunyai banyak senyawa aktif. Beberapa senyawa aktif tersebut diantaranya berupa epifrielinol, stiqmasterol, dotriacontan-l-ol, lupeol, lupeol acetat,asam urosolik, isodeozyelephantopin, dan deoxyelephantopin. Bunga dari tanaman ini juga mengandung senyawa aktif yaitu luteolin-7-glucoside. Dari banyaknya senyawa aktif yang terkandung di dalam daun tapak liman ini, ada banyak manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dengan memanfaatkan khasiat dari daun ini.

  • Sebagai Obat dari terkena bisa ular.

Tanaman herbal ini dapat dimanfaatkan untuk mengobati luka akibat terkena bisa ular. Luka terkena bisa ular sangat berbahaya, bila terkena bisa ular, maka bisa ular dapat segera menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Luka akibat terkena gigitan ular berbisa harus ditangani dengan segera agar tidak menimbulkan efek yang lebih buruk. Asam urosolik dan pentasiklik triterpene lupeol yang terkandung dalam daun ini dapat melawan bisa ular.

  • Mengobati Diabetes

Trienolida adalah senyawa aktif dari ekstra daun tapak liman Senyawa aktif ini dapat berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh. Senyawa aktif ini bisa menstimulasi keluarnya insulin yang keluar dari sel beta  yang kemudian diregenerasi. Ekstrak air, methanol dan juga hexana yang terkandung di dalam daun ini juga dapat bermanfaat untuk membantu menurunkan kolesterol, LDL (lemak jahat) dan juga triasilgliserol yang adalah gejala yang sering dijumpai pada pasien penderita diabetes. Senyawa kimia tersebut bisa meningkatkan HDL (lemak baik) yang dapat menurunkan gejala-gejala diabetes tersebut. Salah satu hasil dari ekstrak daun, methanol, bisa menurunkan gula darah yang ada di dalam tubuh, dan juga meningkatkan fungsi hati, serum insulin dan juga glikogen otot.

  • Mengobati Hepatitis

Sebuah studi menunjukkan bahwa daun ini bisa mencegah senyawa karbon tetraklorida yang bisa mengakibatkan gangguan hati yang kronis, yang dapat ditunjukkan dengan tanda-tanda biologis misal asparte aminotrasferase, alkaline phosphatase, alanine trasferase, hingga pospolipid jaringan.

Hepatitis merupakan salah satu penyakit yang tidak bisa diremehkan, karena penyakit hepatitis menyerang salah satu organ penting di dalam tubuh yaitu hati. Bila hati terserang atau terganggu maka tubuh pun akan kehilangan keseimbangannya, sehingga sistem di dalam tubuh pun tidak dapat difungsikan dengan baik. Hepatitis adalah salah satu jenis penyakit berat yang harus mendapat penanganan segera.

Penyakit hepatitis juga dapat disembuhkan dengan memanfaatkan daun tapak liman. Meminum air rebusan daun liman dapat bermanfaat untuk dapat membantu mengobati penyakit hepatitis. Caranya, pilih kurang lebih 5 daun liman, siapkan 3 gelas air mineral, rebus sampai mendidih. Biarkan hingga air tersisa 1 gelas saja. Minum ramuan tersebut 2 kali sehari.

  • Untuk mengobati Sakit radang.

Daun dari tanaman yang mempunyai nama latin elephantopus scaber ini juga dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk membantu menyembuhkan sakit radang.

Cara memanfaatkan daun ini untuk meringankan sakit radang yaitu dengan meminum air rebusan dari daun ini. Ambil kurang lebih 25 gram daun tapak liman yang sudah kering. Direbus dengan 3 gelas air. Setelah rebusan tersebut mendidih, kemudian diamkan hingga dingin, setelah dingin kemudian saring. Konsumsi ramuan herbal ini 2 kali dalam sehari. Dengan meminum ramuan ini dengan teratur, sakit radang pun akan mereda.

  • Mengobati Nyeri saat haidtapak-liman

Rasa nyeri pada saat haid sering dirasakan oleh beberapa wanita. Bagi para wanita, nyeri saat haid sangat mengganggu, karena rasa sakit tersebut biasanya menyerang selama beberapa hari selama masa haid.

Namun rasa sakit nyeri saat haid dapat diobati dengan cara meminum ramuan dari daun tapak liman. Untuk dapat membuatnya, cukup mudah. Siapkan daun dari tanaman ini, jinten hitam, daun sambiloto masing-masing sebanyak 10gram. Siapkan juga biji kedawung dan juga daun sembung masing-masing kurang lebih sebanyak 15 gram. Persiapkan garam secukupnya dan juga air mineral. Langkah pertama yaitu sangrailah biji kedawung, kemudian tumbuk bersama jinten hitam. Campurkan semua bahan-bahan tadi, dan tambahkan air, rebus hingga mendidih. Setelah mendidih biarkan sampai airnya tersisa kurang lebih setengahnya. Minum ramuan tersebut 2 kali dalam sehari, yaitu pada pagi hari dan malam hari. Meminum ramuan tersebut secara rutin bisa meringankan bahkan menghilangkan rasa nyeri pada waktu sedang haid.

  • Mengobati cacar air.

Daun dari tanaman ini juga bermanfaat untuk mengobati cacar air. Caranya yaitu dengan meminum air dari rebusan daun ini. Langkahnya cukup sederhana. Cukup siapkan daun tapak liman, kencur, kunyit, gula merah dan juga asam kawak. Rebus kesemua bahan-bahan tersebut  menjadi satu. Minum air rebusan tersebut secara rutin dapat mengobati penyakit cacar air.

  • Mengobati Anemia (Sakit kurang darah)

Cara mengobati anemia dengan memanfaatkan daun ini sebenarnya juga cukup mudah. Ambil daun tapak liman, kemudian cucilah hingga bersih. Tumbuk daun tersebut dan campur dengan sedikit air, kemudian saring. Kocok telur dan tambahkan sedikit madu, campurkan bahan-bahan tersebut. Minum ramuan tersebut sehari sekali.

 

Meskipun sering dianggap sebagai tanaman liar, namun sebenarnya tanaman yang bernama latin elephantopus scraber ini mempunyai berbagai manfaat.  Daun tapak Liman sendiri mengandung berbagai senyawa aktif yang mempunyai khasiat penting bagi kesehatan tersebut. Memanfaatkan daun ini sebagai tanaman obat dapat membantu mengobati berbagai penyakit dan juga meningkatkan kesehatan tubuh.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.