Menyingkap 5 Keajaiban Daun Sirih bagi Kesehatan

Keajaiban Daun Sirih bagi Kesehatan

Menyingkap 5 Keajaiban Daun Sirih bagi KesehatanDaun sirih (Piper betle) merupakan salah satu tanaman herbal Indonesia yang telah diakui sejak jaman dahulu. Bahkan, nenek moyang kita masih menggunakannya hingga saat ini sebagai bahan makanan layaknya permen yang hanya dikunyah begitu saja. Daun yang mempunyai tiga jenis warna ini memang dikenal khasiatnya untuk menguatkan gusi dan gigi. Coba Anda perhatikan gigi milik nenek atau kakek yang senang mengunyah daun sirih. Tanpa harus melakukan perawatan ke dokter dengan biaya mahal, gigi mereka masih tampak kuat dan sehat meski sudah berusia lanjut.

Apakah daun sirih hanya bermanfaat untuk menguatkan gusi dan gigi saja? Tentu tidak. Pada jaman sekarang, para ilmuwan sudah menemukan ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari khasiat daun sirih, terutama untuk kesehatan tubuh manusia. Apa sajakah manfaat itu? Coba Anda simak uraian berikut ini.

  1. Ciri-ciri Tanaman Daun Sirih

Tanaman sirih diduga berasal dari Asia, kemudian menyebar hingga ke Afrika, Bonin, Fuji, dan akhirnya ke Indonesia. Di Indonesia sendiri, tanaman ini banyak ditemukan di kepulauan Riau. Tanaman sirih hidup dengan cara merambat.
Tanaman dengan subkingdom Tracheobionta atau tumbuhan berpembuluh ini biasa ditanam dengan sengaja di dalam pot atau di tanah pekarangan. Adapun ciri-ciri dari tanaman sirih adalah sebagai berikut:

  1. Akar tanaman sirih termasuk akar tunggang dengan bentuk bulat dan tumbuh secara menjalar. Di akar inilah tumbuh tunas-tunas baru. Warna akar kekuningan atau kecokelatan.
  2. Batang tanaman sirih juga menjalar dan merambat hingga mencapai 5–15 m. Batang dengan warna kecokelatan hingga kehijauan ini beruas dan berbuku-buku (jarak 5–10 cm). Calon akar baru banyak tumbuh di bagian batang ini.
  3. Daun sirih mempunyai pertulangan menyirip dan berbulu di bagian bawah daun. Warnanya yang kehijauan muda hingga tua mempunyai bentuk pangkal seperti jantung. Daun yang berbentuk bulat telur dan lumayan tebal ini mempunyai rasa pahit.
  4. Karena mempunyai bunga, tanaman ini termasuk dalam divisi Magnoliophyta atau tumbuhan berbunga. Biasanya, bunga tanaman sirih yang berwarna merah mudah hingga tua dan putih ini biasanya terletak di cabang dan daun yang berhadapan. Bulir bunga terdiri dari bulir jantan (panjang 1–3 cm) dan betina (panjang 2–6 cm).
  5. Buah dari tanaman sirih berwarna kelabu hingga kehitaman. Di permukaan buah yang berbentuk bulat telur kecil terdapat banyak bulu. Di dalam buah inilah terdapat biji sekitar 10–20 buah. Oleh karena itu, tanaman ini masuk ke subdivisi Spermatophyta (menghasilkan biji). Warna biji kehitaman dengan bentuk bulat pipih.

Untuk Ciri – ciri tanaman & Manfaatnya Silakan Klik Disini :

Bawang Dayak

Manjakani

Buah Mengkudu

  1. Kandungan dan Manfaat Daun Sirih bagi Kesehatan

Ada banyak khasiat yang terkandung di dalam daun yang mempunyai nama spesies Piper betle L. ini. Mulai dari mimisan, keputihan, sakit gigi karena berlubang, bau mulut, hingga diabetes dapat diatasi dengan menggunakan daun yang bergenus Piper ini.

Lalu, apa saja kandungan dari tanaman yang masuk dalam kelas Magnoliopsida (dikotil) ini hingga memiliki banyak khasiat? Ternyata, di dalam tanaman ini terkandung minyak atsiri yang mengandung betlephenol, seskuiterpen, diatase, pati, gula, dan kavikol yang ampuh untuk membunuh kuman. Sedangkan, zat fungisida dan antioksidan terbukti dapat digunakan sebagai antijamur. Sementara itu, kandungan senyawa aktif kavikol dan fenol di dalam tanaman yang masuk dalam famili Piperaceae (suku sirih-sirihan) ini mampy menjadi bahan pengendali hama penghisap.

  1. Berbagai Ramuan Menggunakan Daun Sirih untuk Menyembuhkan Gangguan Kesehatan

Selain sebagai penguat gigi dan beberapa khasiat yang telah disebutkan di atas, apakah masih ada khasiat ajaib lainnya dari daun sirih? Ohhh…, jangan diragukan lagi. Daun yang mempunyai empat jenis daun ini (merah, hijau, kuning, dan kehitaman) ini ternyata mampu mengatasi segudang penyakit yang biasa dialami manusia. Penyakit-penyakit apa sajakah itu? Dan, bagaimana cara meramunya? Ini dia uraian lengkapnya.Daun Sirih4

  • Menyembuhkan Iritasi Mata
    Mata adalah organ tubuh yang paling rentang terkena infeksi. Sebab, banyak polutan di sekitar Anda yang masuk hingga membuat alergi pada mata yang bersifat sensitif. Mata berwarna merah, terasa gatal, dan terasa perih merupakan ciri-ciri mata yang terkena alergi. Apabila obat tetes tidak dapat mengatasinya, ada baiknya Anda mencoba ramuan daun sirih. Caranya, rebus 1–2 lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih ke dalam 1 gelas air. Setelah mendidih, dinginkan dan gunakan airnya untuk menetesi mata. Air rebusan juga dapat digunakan sebagai kompres di mata. Lakukan secara teratur hingga mata kembali jernih.
  • Mengatasi Mulut Berbau
    Mulut yang berbau tentu sangat mengganggu aktivitas Anda saat dengan orang lain. Berbagai obat penyegar mulut sudah dicoba namun hanya bertahan sebentar. Solusinya adalah menggunakan ramuan daun sirih. Caranya, rebus 3–4 lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih. Setelah mendidih, dinginkan dan gunakan untuk kumur-kumur. Lakukan secara teratur terutama setelah makan dan setelah sikat gigi.
  • Melancarkan Haid
    Selain menggunakan jamu-jamu pelancar haid, haid yang tidak lancar juga bisa diatasi dengan ramuan daun sirih. Bagaimanakah caranya? Caranya, rebus 3–5 daun sirih setelah dicuci bersih. Setelah mendidih, tunggu hingga dingin dan minumlah secara teratur selama haid.
  • Mengobati Asma
    Meskipun bukan termasuk penyakit kronis, namun asma cukup mengganggu aktivitas. Gejala seperti sesak napas dan napas tersengal-sengal sebenarnya dapat diatasi hanya dengan daun sirih. Caranya, rebus 4–5 lembar daun sirih setelah dicuci bersih ke dalam 2 gelas air. Tunggu hingga mendidih dan tersisa 1 gelas. Minum ramuan 2–3 kali sehari secara rutin.
  • Menyembuhkan Demam Berdarah
    Penyakit demam berdarah tidak bisa dianggap enteng. Jika tidak ditangani sesegera mungkin bisa berakibat fatal. Anda dapat memberikan pengobatan penyakit ini secara alami menggunakan daun sirih. Caranya, rebus 5–6 lembar daun sirih setelah dicuci bersih ke dalam 2 gelas air. Tunggu hingga mendidih dan tersisa 1 gelas. Minum ramuan 2 kali sehari secara rutin.

Itulah sebagian khasiat dari daun sirih. Masih ada sejuta khasiat yang dimiliki daun ajaib ini. Namun begitu, Anda juga perlu waspada. Jangan sampai Anda mengonsumsi herbal ini secara berlebihan atau tidak sesuai dosis. Sebab, penggunaan daun sirih yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai efek samping.

Penggunaan daun sirih yang berlebihan tidak hanya membunuh bakteri jahat, namun juga bakteri baik yang sebenarnya dibutuhkan tubuh. Selain itu, saat digunakan secara berlebihan untuk membersihkan organ vital wanita, dapat menyebabkan area miss V menjadi kering dan rentan terkena iritasi. Justru akan menimbulkan masalah baru, bukan?

 Khasiat Daun Sirih yang Menakjubkan

Tidak bisa dipungkiri, daun sirih mempunyai 1001 manfaat bagi kesehatan manusia. Berbagai penyakit mulai dari mimisan, penyakit kulit, gusi bengkak, luka bakar, hingga demam berdarah dapat disembuhkan menggunakan daun ini.

Namun, dengan banyaknya manfaat ini, bukan berarti mengurangi kewaspadaan Anda terhadap efek samping yang bisa ditimbulkannya. Agar dapat terhindar dari efek samping, Anda harus cermat dalam menggunakan ramuan dengan bahan daun ini. Ada baiknya Anda berkonsultasi dengan para ahli agar mengetahui rambu-rambu yang harus ditaati dalam menggunakan obat herbal. Jadi, berhati-hati dan tetap waspadalah!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *