Mengobati Berbagai Macam Penyakit Dengan Daun Salam

Ketahui Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

manfaat daun salam untuk kesehatanDaun salam merupakan, salah satu bumbu masakan Indonesia yang juga bisa digunakan sebagai obat untuk mengobati berbagai macam penyakit atau keluhan. Dengan mengkonsumsi daun salam secara rutin dan teratur penyakit seperti, batuk, gangguan ginjal, diabetes, kolesterol, asam urat, kanker, maag akut, dan lain sebagainya bisa diatasi dengan baik dan benar. Selain itu, keluhan seperti diare, tekanan darah, hingga mabuk alkohol, bisa diatas dengan mengkonsumsi daun salam.

Daun salam merupakan, daun dari tumbuhan atau pohon yang bernama salam. Daun salam ini, juga dikenal dengan nama lain, Indonesia bay leaf atau Indonesian laurel dalam bahasa Inggris. Nama ilmiah dari daun salam ini adalah, Syzgyium polyanthum.

Ciri dari pohon penghasil daun salam ini, memiliki tinggi kurang lebih bisa mencapai 30 m. Warna kulit batang dari pohon salam, berwarna cokelat abu-abu, dan seperti bersisik. Bentuk dari daun salam ini, lonjong tapi tidak begitu besar. Ukurannya kurang lebih 5-16 x 2,5-7cm. Pada tanaman salam ini, juga memiliki bunga dengan kuntum yang sangat banyak.

Untuk Ciri – ciri tanaman & Manfaatnya Silakan Klik Disini :

Murbei

Daun Bidara

Minyak Kemiri

Manfaat mengkonsumsi daun salam

Sebagai salah satu obat alternatif, tentunya daun salam memiliki manfaat yang banyak dan luar biasa. Bagi sebagian orang, mungkin masih belum banyak yang tahu apa saja manfaat dari daun salam. Untuk itu, ada baiknya Anda juga mengetahui manfaat yang didapat dengan mengkonsumsi daun salam. Berikut manfaat dari daun salam.

  1. Mengobati diabetes
    Kandungan antioksidan pada daun salam, mampu mengobati penyakit diabetes. Manfaat daun salam untuk penyakit diabetes ini, sudah sangat terbukti efektif. Dengan antioksidan yang terdapat pada daun salam, membuat tubuh mampu untuk memproses insulin dengan baik. Sehingga, bagi penderita diabetes, sebaiknya segera mengkonsumsi daun salam tersebut.
  1. Mencegah kanker
    Selain mengandung antioksidan, daun salam juga mengandung asam caffeic, quercetin, euganol, dan catechin. Kandungan tersebut, mempunyai sifat memberikan perlindungan dan melakukan perlawanan terhadap berbagai macam jenis kanker. Selain kadungan yang sudah disebutkan, daun salam juga mengandung phytonurient. Dimana, kandungan ini mampu menahan serangan dari kanker serviks.
  1. Mengobati gangguan ginjal
    Dengan khasiat yang sangat luar biasa dari daun salam ini, daun salam bisa mengatasi infeksi yang terjadi pada batu ginjal. Tidak hanya infeksi pada ginjal, penyakit batu ginjal juga bisa diobati dengan menggunakan daun salam.
  1. Mengobati asam urat
    Asam urat yang disebabkan oleh zat purin yang menumpuk, bisa diatasi dengan mengkonsumsi daun salam. Daun salam dipercaya mampu membantu tubuh, untuk menghancurkan dan mengeluarkan zat purin yang mengendap pada organ tubuh. Sehingga, penderita asam urat bisa terobati dengan mengkonsumsi daun salam.
  1. Menurunkan hipertensi
    Pada daun salam terdapat kandungan mineral. Dengan kandungan mineral tersebut, Anda bisa mengkonsumsi daun salam sebagai salah satu obat untuk menurunkan hipertensi. Setelah mengkonsumsi daun salam, Anda akan langsung merasakan dampak positif untuk hipertensi yang Anda alami. Selain itu, peredaran darah juga akan semakin lancar dengan mengkonsumsi air rebusan daun salam secara rutin dan teratur.
  1. Menjaga kesehatan mata
    Tidak hanya untuk mengobati penyakit yang tergolong berat, daun salam juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan mata. Anda bisa menggunakan ari rebusan daun salam, yang kemudian diusapkan kemata. Dengan menggunakan air rebusan daun salam secara rutin dan teratur untuk mata Anda, maka kesehatan mata Anda akan terjaga dengan baik dan benar.
  1. Membantu mengurangi kadar kolesterol jahat
    Air rebusan daun salam, tidak hanya bisa membantu menurunkan hipertensi saja. Tetapi juga bisa digunakan untuk mengurangi kadar kolesterol jahat pada tubuh. Anda bisa meminum air rebusan daun salam, pada waktu pagi hari dan juga malam hari ketika hendak tidur. Dengan meminum ari rebusan daun salam secara rutin dan teratur, kadar kolesterol jahat pada tubuh Anda akan berkurang dengan sendirinya.

Cara penggunaan daun salam sebagai obat

Hampir sama seperti obat herbal pada umumnya, daun salam juga memiliki cara penggunaan tersendiri untuk mengobati berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, berikut adalah cara penggunaan daun salam sebagai obat untuk beberapa macam penyakit.

  1. Menurunkan kolesterol
  • Ambil kurang lebih 7 lembar daun salam dan ditambahkan dengan kurang lebih 30gram daun cermai
  • Sediakan air kurang lebih 600cc
  • Rebus daun salam dan daun cermai tersebut secara bersamaan
  • Diamkan hingga air mendidih hingga berkurang setengahnya
  • Saring air rebusan tersebut, dan minum secara rutin dan teratur
  1. Mengobati diabetes
  • Ambil kurang lebih 7 lembar daun salam dan kemudian dicuci bersih
  • Kemudian rebus daun salam tersebut dengan air kurang lebih 3 gelas
  • Diamkan hingga air mendidih hingga berkuranga kira-kira 1 gelas.
  • Saring air rebusan tersebut, dan dibagi untuk diminum 2 kali.
  1. Mengobati asam urat
  • Ambil kurang lebih 10 lembar daun salam
  • Sediakan air kurang lebih 700cc
  • Rebus daun salam tersebut dan diamkan hingga air rebusan tersebut tersisi kurang lebih 1 gelas
  • Air rebusan daun salam siap untuk diminum
  1. Menurunkan hipertensi
  • Ambil kurang lebih 10 lembar daun salam kemudian cuci berish
  • Rebus daun salam tersebut dengan air kurang lebih 3 gelas
  • Diamkan hingga air mendidih hingga berkurang kurang lebih 1 gelas
  • Minum air rebusan daun salam tersebut dalam jangka waktu 1 kali sehari.

Efek samping mengkonsumsi daun salam

Pada obat-obatan herbal pada umumnya, memiliki efek samping setelah dikonsumsi. Hal ini juga terjadi pada daun salam. Ada beberapa efek samping yang dialami, setelah mengkonsumsi daun salam tersebut. Berikut beberapa efek sampingnya

  1. Setelah mengkonsumsi daun salam, biasanya akan mengalami masalah pencernaan. Hal ini disebabkan, daun salam sulit untuk dicerna oleh sistem penceranaan.
  2. Masalah pernafasan. Bagi penderita asma atau masalah pernafasan lainnya, disarankan untuk tidak mengkonsumsi daun salam dalam bentuk apapun.
  3. Tidak dikonsumsi oleh ibu hamil. Pada ibu yang sedang hamil, sebaiknya tidak mengkonsumsi daun salam. Hal ini dikarenakan, efek dari daun salam tersebut bisa membahayakan janin.
  4. Tidak baik bagi ibu yang sedang menyusui. Bagi para ibu yang sedang menyusui, sebaiknya tidak mengkonsumsi daun salam. Karena daun salam tidak begitu baik, untuk ibu yang sedang menyusui.

Inti dari ulasan diatas adalah, daun salam memiliki segudang manfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit dan juga keluhan. Akan tetapi, daun salam juga memiliki efek samping yang luar biasa bagi pencernaan dan juga bagi ibu-ibu yang sedang hamil dan menyusui. Itulah ulasan diatas mengenai, daun salam. Semoga ulasan diatas bisa membantu dan menjadi referensi Anda, ketika Anda ingin mengkonsumsi daun salam.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.