Daun Meniran dan 8 Khasiatnya

Kenali Tentang Daun Meniran dan 8 Khasiatnya

daun-meniranDaun meniran (Phyllanthus urinaria) memang sering disebut-sebut sebagai salah satu tanaman berkhasiat yang sering dimanfaatkan oleh banyak orang untuk mengobati beberapa jenis penyakit, mulai dari penyakit yang ringan hingga penyakit berat. Tanaman ini mudah tumbuh di kawasan tropis seperti Indonesia sehingga banyak masyarakat kita yang membudidayakannya untuk kemudian dijadikan obat herbal untuk dikonsumsi pribadi ataupun dijual kepada orang lain. Tanaman meniran yang memiliki nama latin Phyllanthus urinaria ini termasuk dalam jenis tanaman semak dengan ciri-ciri khusus batang bulat, batang basah, dan tinggi tanaman kurang lebih 50 cm. Kemudian, bentuk daun meniran berupa sirip-sirip dengan jumlah yang banyak. Menariknya lagi, jumlah sirip daun di setiap batang selalu sama. Jenis daun meniran termasuk daun majemuk. Bunga tanaman meniran tumbuh di ketiak daun dan selalu menghadap ke arah bawah.

Manfaat Konsumsi Daun Meniran

Banyak sumber yang menginformasikan bahwa ada banyak sekali khasiat dari tanaman meniran. Penasaran apa saja khasiatnya? Simak informasinya berikut ini.

Untuk Ciri – ciri tanaman & Manfaatnya silakan Klik Disini:

Daun Tapak Liman

Bawang Putih Tunggal

Jinten Hitam

Memperkuat Sistem Imun

Tanaman meniran, khususnya daunnya, ternyata dapat dimanfaatkan sebagai ramuan penguat sistem imun. Di dalam tanaman ini, terdapat kandungan zat yang mampu merangsang aktivitas imuno modulator. Oleh karenanya bagi Anda yang ingin memiliki sistem imun yang bagus, sangat dianjurkan untuk sering mengkonsumsi ramuan tradisional yang terbuat dari daun meniran.

Bekurangnya Risiko Terinfeksi oleh Mikroba, Virus, dan Bakteri

Daun meniran memang terbukti sangat baik untuk menjaga kualitas kesehatan tubuh, bahkan dari serangan bakteri, virus, dan mikroba penyebab penyakit. Bibit-bibit penyakit ini akan dimatikan oleh sistem kekebalan tubuh yang kuat akibat mengkonsumsi ramuan daun meniran secara teratur.

Mengendalikan Fungsi Sistem Imun

Terkadang tubuh terlalu diforsir untuk melakukan banyak aktivitas dalam satu waktu. Deadline dan pekerjaan yang menumpuk mengharuskan kita untuk terus bekerja dan bekerja, padahal belum tentu tubuh dalam kondisi fit dan pastinya kondisi tubuh lelah. Kondisi seperti ini membuat sistem imun bekerja keras. Padahal tiap orang memiliki batasan yang berbeda soal sistem imun yang dimilikinya. Jika ternyata kinerja sistem imun melampaui batasnya, tubuh akan sakit. Berbeda nantinya jika kita sering mengkonsumsi daun meniran. Sistem imun kita akan tetap kuat dan yang paling penting adalah tubuh kita akan memiliki kemampuan untuk mengontrol sistem imun kita sendiri. Jadi ketika tubuh kita sedang terforsir, zat-zat yang ada di dalam daun meniran yang telah kita konsumsi akan mengontrol secara otomatis dengan cara menurun kinerja sistem imun secara perlahan.

Menggantikan Fungsi Sistem Imun

Hebatnya lagi, kandungan zat-zat yang ada di dalam tanaman meniran mampu menggantikan fungsi sistem imun di dalam tubuh. Kondisi di mana zat-zat yang ada di dalam tanaman meniran akan menggantikan fungsi sistem imun tubuh yaitu ketika tubuh bekerja terlalu keras. Bagaimana caranya? Ketika sistem imun tubuh sedang mengalami penurunan akibat terlalu terforsir, zat-zat yang ada di dalam tanaman meniran, khususnya zat flavonoid, akan langsung mengirimkan sinyal tertentu lalu sinyal ini akan membantu tubuh untuk kembali pada fungsi/ kinerjanya yang tadinya mulai menurun.

Sebagai Zat Anti Radang

Khasiat tanaman meniran tidak melulu soal sistem imun. Masih ada banyak khasiat lainnya yang juga sangat baik untuk tubuh kita. Salah satu khasiat lain dari tanaman meniran yaitu sebagai zat anti peradangan. Zat ini akan bekerja ketika tubuh mengalami peradangan atau infeksi oleh bakteri atau virus. Dengan bekal zat anti radang yang sangat ampuh, berbagai jenis radang atau infeksi akan segera hilang. Jadi, ketika kita menjumpai tubuh kita menderita radang, infeksi, atau sakit, segera saja mengkonsumsi tanaman yang satu ini.

Mengurangi dan Bahkan Menghilangkan Rasa Nyeri

Tanaman meniran juga efektif menhilangkan rasa nyeri pada tubuh. Hal ini dibuktikan dari sebuah penelitian di Brazil yang mana disebutkan bahwa tanaman meniran mengandung banyak senyawa yang baik untuk tubuh. Adapun senyawa-senyawa yang dimaksud antara lain senyawa flavonoid yang terdiri dari rutin dan quersetin, senyawa tanin yang di dalamnya mengandung furosin dan geraniin, dan senyawa benzenoid yang terdiri dari metil gallat dan etil, serta senyawa fitosterol.

Menurunkan Kadar Gula Darahmanfaat-daun-meniran

Penyakit diabetes menjadi salah satu penyakit yang berbahaya karena penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi yang dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya. Penyakit yang juga disebut dengan penyakit kencing manis ini sebenarnya dapat dikontrol dengan cara menerapkan pola makan yang baik dan pemilihan makanan dan minuman yang tepat. Namun jika sudah terlanjur positif menderita diabetes, penderita harus rutin berobat. Nah, ada salah satu obat herbal yang sangat membantu untuk mengontrol dan bahkan menurunkan kadar gula dalam darah. Tepat sekali, tanaman meniran namanya. Dengan mengkonsumsi olahan daun meniran secara teratur, perlahan namun pasti kadar gula darah akan kembali normal.

Mengatasi Hipertensi

Berbicara soal masalah tekanan darah, memang dapat dikatakan sangat rumit. Bagaimana tidak, tekanan darah tidak boleh terlalu tinggi dan juga tidak boleh terlalu rendah (tekanan darah sebaiknya normal). Tekanan darah yang terlalu tinggi berpotensi menyebabkan beberapa penyakit lainnya. Sebut saja penyakit jantung dan penyakit-penyakit yang ada kaitannya dengan kardiovaskular. Hipertensi sendiri sebenarnya dapat diatasi dengan mengkonsumsi obat-obat herbal yang aman dan tanpa efek samping. Salah satu obat herbal yang begitu direkomendasikan adalah tanaman meniran. Tanaman meniran terbukti dapat menormalkan kembali tekanan darah yang terlalu tinggi.

Selain beberapa khasiat di atas, ada juga beberap khasiat lainnya dari daun meniran; misalnya saja mengatasi masalah diuretik, hipoglekemik, hepatitis B, radang sendi, membantu mengurangi dampak akibat penyakit HIV / AIDS, dan menjaga keseimbangan kimia di dalam tubuh. Jadi, dapat disimpulkan bahwa daun meniran ini memang menawarkan banyak sekali khasiat untuk mendukung kualitas kesehatan tubuh. Meski kecil, tanaman obat ini terbukti ampuh cegah dan bahkan obati beberapa penyakit berat sekalipun.

Cara Pengolahan daun meniran

Daun meniran dapat diolah sebagai obat herbal dengan cara pengolahan yang berbeda-beda. Khusus sebagai obat herbal minum, daun meniran segar yang sudah dicuci bersih cukup direbus saja lalu air rebusan diminum secara rutin. Cara lainnya, tumbuk segenggam daun meniran hingga halus, lalu peras hingga keluar air perasan daun meniran tersebut. Silahkan minum air perasan daun meniran tadi. Nah, sebagai obat luar, haluskan segenggam daun meniran segar yang sebelumnya telah dicuci bersih. Setelah halus, bubuhkan pada bagian tubuh yang terluka lalu balut dengan kain atau perban steril. Mudah, bukan?

Demikian informasi seputar daun meniran dan khasiatnya. Semoga informasi ini dapat memberi pengetahuan baru bagi Anda para pembaca, dan yang pasti bermanfaat untuk Anda. Jangan ragu lagi untuk memanfaatkan tanaman-tanaman obat yang ada di sekitar kita karena tanaman-tanaman obat ini sama ampuhnya dengan obat-obatan medis. Dan tentunya tanaman-tanaman obat ini murah, mudah didapat, dan aman (tanpa efek samping). Terima kasih sudah membaca artikel ini.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.