Daun Insulin | 7 Rahasia Manfaat untuk Kesehatan

Apa itu Daun Insulin?

daun-insulin-segar
Daun Insulin spesies Tithonia

Ada kabar gembira bagi Anda para penderita diabetes. Kini Anda dapat memanfaatkan satu jenis tanaman herbal yang bisa diolah menjadi obat herbal untuk menyembuhkan penyakit diabetes. Tanaman yang dimaksud adalah tanaman insulin atau biasa disebut dengan tanaman Yakon. Bagian tanaman yang dimanfaatkan sebagai obat adalah daunnya dan sesuai dengan namanya, daun insulin ini sangat baik dikonsumsi oleh Anda para penderita diabetes level kronis sekalipun.

Tanaman yang memiliki nama laitin Smallanthus sonchifolius/ Polymnia edulis/ P. Sonchifilia ini memiliki daun yang rasanya manis (karena mengandung zat insulin), bentuk bunga mirip dengan bunga violet, resin, dan terdapat tuna antena. Tanaman ini dapat tumbuh maksimal 2 meter dan bunganya berwarna kuning. Tanaman Insulin ini asli dari Benua Afrika dan dapat tumbuh subur di Indonesia. Setelah diteliti, ternyata daun insulin mengandung kandungan zat yang kompleks seperti fruktosa free (35 persen dan 25 persen terikat). Kandungan zat inilah yang kemudian dijadikan sebagai obat untuk mengobati penyakit diabetes.

Untuk Ciri – ciri tanaman & Manfaatnya silakan Klik Disini:

Angkak

Daun Katuk

Daun Pepaya

Manfaat Daun Yakon untuk Kesehatan

Daun yakon juga memiliki khasiat lain selain dapat mengatasi penyakit diabetes melitus. Ada beberapa jenis penyakit lainnya yang dapat dicegah dan diobati dengan daun ini. Penasaran khasiat apa saja dari daun ini? Berikut ini Manfaatnya

Sebagai Anti Bakteri dan Anti Mikroba

Banyak orang yang sering mengalami masalah pada sistem ekskresi yang biasanya diakibatkan oleh gangguan pada organ hati dan ginjal. Gangguan semacam ini kemudian dapat memicu mudahnya kuman dan bakteri masuk ke dalam tubuh. Nah, dengan mengkonsumsi ramuan herbal yang terbuat dari daun yakon secara teratur, perkembangan kuman dan bakteri dapat diminimalisir dan bahkan dapat dihilangkan secara permanen di organ ginjal dan kandung kemih. Alhasil, sistem pembuangan urin pun akan lancar dan tidak ada lagi masalah-masalah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh terhambatnya urin.

Menjaga Kadar Gula dalam Darah tetap Normal

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, daun yakon sangat baik dikonsumsi oleh para penderita diabetes karena mengandung suatu zat yang secara aktif dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Terlebih daun ini mengandung kalori yang rendah sehingga sangat cocok untuk menekan risiko hiperglikemik dan juga mengontrol kadar gula di dalam darah. Konsumsi rutin obat herbal yang terbuat dari daun yakon ini tentunya sangat efektif untuk normalkan kembali kadar gula dalam darah para penderita diabetes. Tentunya disertai juga dengan penerapan pola makan dan pemilihan makanan yang tepat.

Efek Prebiotik

Kandungan zat baik lainnya yang terdapat pada daun ini yaitu Fructooligosaccgarides. Zat ini adalah jenis fruktosa yang sangat bersahabat dengan bakteri baik yang terdapat di dalam usus. Dengan adanya zat ini, sistem pencernaan akan bertambah lancar karena jumlah bakteri baik di dalam usus bertambah. Sistem kerja daun insulin ini hampir sama dengan sistem kerja bakteri e-coli di dalam usus.

Mencegah Penyakit Kankerdaun-insulin

Setiap orang sudah pasti memiliki sel-sel kanker pada tubuhnya. Hanya saja sel-sel kanker tersebut tidak kerkembang. Sel-sel kanker dapat berkembang apabila tubuh terpapar oleh radikal bebas. Salah satu upaya pencegahan agar sel-sel kanker tetap dalam kondisi ‘tidur’ yaitu dengan banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan. Salah satu makanan yang kaya akan zat antioksidan adalah daun insulin. Daun ini dapat dimanfaatkan sebagai lalapan segar atau bahan sayur yang lezat untuk disantap. Konsumsi daun insulin secara teratur juga dapat membantu menjaga stamina dan imunitas tubuh.

Menjaga Kesehatan dan Fungsi Organ Hati

Nah, bagi Anda yang hobi minum minuman yang mengandung soda atau yang sedang menjalani terapi obat-obatan, sangat dianjurkan untuk sering mengkonsumsi daun insulin. Mengapa? Obat-obatan atau minuman berkarbonasi yang masuk ke dalam tubuh akan menjadikan kinerja organ hati lebih berat. Untuk itu, agar fungsi hati kembali normal dan semakin baik, konsumsilah daun insulin karena daun insulin mampu menjaga kesehatan dan meningkatkan fungsi organ hati. Selain itu, daun yakon juga dapat dimanfaatkan untuk sembuhkan penyakit hati.

Meringankan Radang Tenggorokan

Saat musim pancaroba tiba, biasanya tubuh mengalami gangguan kesehatan akibat naik-turunnya cuaca yang ekstrem. Nah, biasanya kondisi cuaca yang ekstrem ini rawan menyebabkan beberapa gangguan kesehatan ringan seperti salah satunya yang paling umum dialami oleh sebagian besar orang adalah radang tenggorokan. Radang tenggorokan dapat diatasi dengan mudah hanya dengan mengkonsumsi olahan daun yacon. Tanpa perlu mengkonsumsi obat-obatan kimia, hanya dengan mengkonsumsi ramuan yang terbuat dari daun ini.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Anda para penderita tekanan darah tinggi sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi daun ini. Bagaimana caranya mengolah daun yacon menjadi obat herbal? Caranya sangat mudah dan sederhana. Siapkan beberapa lembar daun insulin segar lalu cuci hingga bersih. Kemudian rebus daun ini dengan 4 gelas air hingga tersisa 1 gelas air rebusan. Saring, lalu minum hangat-hangat dua kali sehari.

Efek Samping dan Cara penggunaan

Bagaimana dengan efek sampingnya? Adakah efek samping pasca mengkonsumsi daun ini? Sebagian besar obat herbal yang dibuat dari 100% tanaman herbal tidak akan menimbulkan efek samping apapun, termasuk daun yakon ini. Jadi, tentu tidak akan timbul masalah kesehatan apapun meskipun Anda secara rutin mengkonsumsi ramuan herbal insulin ini.

Kemudian, bagaimana cara mengolah daun insulin untuk dijadikan sebagai obat herbal? Cara pemakaian/ konsumsi daun insulin tentunya berbeda, tergantung pada jenis olahan daun insulin itu sendiri. Daun segar, misalnya, dapat dikonsumsi setelah direbus lalu diambil air rebusannya yang kemudian dapat diminum. Teh yang terbuat dari daun yakon, contoh lainnya, cukup hanya diseduh dengan air panas/ air hangat lalu saring lalu diminum. Ada juga olahan daun ini yang berupa ekstrak/ sari insulin yang biasanya dikemas dalam botol. Nah, untuk jenis olahan daun yakon yang satu ini dapat langsung diminum dengan praktis.

Kesimpulan

Dari informasi singkat di atas, dengan jelas dapat disimpulkan bahwa daun insulin memiliki khasiat yang cukup banyak. Selain ampuh atasi penyakit diabetes, penggunaan daun insulin juga efektif untuk obati beberapa penyakit lainnya seperti kanker, hipertensi, gangguan pada ginjal dan kandung kemih, gangguan pada organ hati, dan gangguan kesehatan ringan seperti radang tenggorokan. Selain itu, daun insulin juga dapat kita manfaatkan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh, khususnya kesehatan sistem pencernaan kita.

Demikian informasi singkat tentang khasiat daun insulin atau populer disebut juga dengan daun yakon. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda para pembaca, khususnya Anda yang menyukai obat-obatan herbal sebagai alternatif terbaik untuk mencegah atau mengatasi berbagai gangguan kesehatan yang dialami. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi yang nantinya dapat Anda bagikan ke orang-orang terdekat yang juga membutuhkannya. Terima kasih.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.