7 Manfaat Daun Dewa Untuk Kesehatan

Apa Itu Daun Dewa ?

Daun dewa merupakan salah satu diantara banyak tanaman yang berkhasiat mengobati kanker. Hal ini menjadikan daun dewa cukup banyak dikenal banyak orang. Habitatnya sendiri tidak sulit dicari, karena daun dewa ini pada dasarnya tanaman liar yang seringkali dijumpai di halaman belakang rumah. Selain berkhasiat mengobati kanker, daun dewa juga banyak digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit lainnya.

Mengenal daun dewa

Di Indonesia, tanaman dengan nama latin Gynura divaricata ini lebih dikenal sebagai daun dewa. Namun di Cina, daun dewa lebih dikenal sebagai samsit. Daun dewa hanya mampu tumbuh hingga ketinggian 30-40 cm. Meski mampu tumbuh tegak, namun pada dasarnya batang daun dewa ini cukup lunak dan memiliki bentuk segilima. Bagian luar batang daun dewa berambut sehingga lebih mudah dikenali dari tanaman liar lainnya.

Ciri daun dewa lainnya yang mudah dikenali adalah bentuk daunnya yang lonjong. Ukurannya 20 x 10 cm dan memiliki tangkai daun yang pendek. Sama dengan batangnya, daun dewa juga memiliki bulu-bulu halus. Ujung daun berbentuk lancip dengan warna hijau sedikit keunguan. Selain memiliki bentuk daunnya yang sangat khas, daun dewa juga memiliki bentuk bunga unik. Bunga tumbuh pada ujung dari batang, dengan bentuk benang sari seperti jarum dan berwarna kuning. Untuk Ciri – ciri tanaman & Manfaatnya Silakan Klik Disini :

Ciplukan

Murbei

Bawang Dayak

Manfaat daun dewa

7 Manfaat Daun Dewa Untuk KesehatanTanaman liar yang diduga berasal dari Cina dan Myanmar ini memiliki banyak manfaat untuk mengobati penyakit. Salah satunya digunakannya daun dewa sebagai obat untuk mengatasi kanker. Selain terkenal sebagai obat kanker, daun dewa juga banyak dimanfaatkan untuk mengobati keluhan sakit lainnya. Berikut ini beberapa manfaat daun dewa yang dapat menjadi solusi pengobatan alternatif untuk mengatasi beberapa penyakit berbahaya:

  1. Daun dewa sebagai obat kanker
    Salah satu manfaat daun dewa yang sangat terkenal adalah mampu mengatasi penyakit kanker. Hal ini karena daun dewa memiliki kandungan flavonoid, monoterpen hingga seskuiterpen lakton yang cukup tinggi. Senyawa-senyawa ini berperan aktif dalam menghambat pertumbuhan tumor hingga sel kanker sehingga tidak berkembang dan menyebar ke organ tubuh lainnya. Saat pertumbuhan sel kanker terhambat maka peluang matinya sel kanker juga semakin besar.
  1. Mengobati luka bakar
    Tidak hanya digunakan untuk pengobatan dari dalam, namun daun dewa juga dapat digunakan untuk mengobati luka luar. Mulai dari luka bakar, luka sayat hingga luka gores. Penggunaannya dilakukan dengan cara menumbuk daun dewa hingga halus. Hasil tumbukan dijadikan sebagai penutup luka atau dioleskan langsung pada bagian tubuh yang mengalami luka. Jika dilakukan secara teratur, luka akan segera kering dan sembuh.
  1. Mengatasi rematik
    Rematik adalah masalah yang seringkali timbul pada persendian. Biasanya lebih banyak dikeluhkan oleh mereka yang telah berusia lanjut, namun tidak menutup kemungkinan remaja hingga dewasa juga mengalaminya. Daun dewa juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah rematik. Dengan mengkonsumsi air rebusan daun dewa secara teratur, keluhan rematik yang Anda keluhkan dapat berkurang dan pelan-pelan hilang.
  1. Mengobati diabetes
    Diabetes adalah penyakit yang sukar sekali dicari obatnya. Penyakit yang disebabkan oleh terganggunya fungsi pankreas sehingga tidak bisa memproduksi insulin menyebabkan kadar gula darah selalu naik. Anda dapat memperbaiki kerja pankreas kembali normal dengan daun dewa. Dengan mengkonsumsi daun dewa secata teratur, kadar gula darah dapat dikendalikan. Bahkan kerja pankreas kembali normal dalam memproduksi insulin.
  1. Mengatasi tekanan darah tinggi
    Penyakit darah tinggi menjadi salah satu penyakit berbahaya yang berisiko menimbulkan kematian. Terutama jika tekanan darah tidak dikendalikan normal, darah tinggi dapat menyebabkan komplikasi berupa jantung hingga stroke. Untuk mengendalikan tekanan darah tinggi, Anda dapat memanfaatkan daun dewa yang terbukti memiliki sifat hipotesif. Sifat ini menjadikan daun dewa sangat efektif digunakan sebagai obat mengatasi tekanan darah tinggi.
  1. Mengatasi penyakit jantung dan stroke
    Penyakit jantung ini seringkali disebut sebagai pembunuh nomor satu di dunia. Hal ini karena serangan jantung terjadi secara tiba-tiba tanpa diketahui. Daun dewa menjadi obat yang cukup ampuh untuk mengatasi penyakit jantung dan mencegah serangan jantung. Selain penyakit jantung, daun dewa juga memiliki khasiat yang sangat besar dalam mengatasi penyakit stroke yang juga menjadi penyakit berbahaya karena datangnya tiba-tiba.
  1. Mengatasi demam dan gangguan pernapasan
    Manfaat lain dari daun dewa adalah dapat digunakan untuk mengatasi demam. Biasanya demam seringkali melanda anak karena infeksi virus atau kelelahan. Saat anak demam biasanya disertai dengan gangguan pada saluran pernapasan yang menyebabkan batuk hingga sesak napas. Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan daun dewa. Air rebusan daun dewa yang diminum secara teratur akan menyembuhkan demam dan meringankan gejala gangguan pernapasan.

Cara mengkonsumsi daun dewa

Untuk obat luar seperti mengobati luka bakar hingga luka tergores, daun dewa dapat digunakan dengan cara menumbuknya. Ambil beberapa helai daun dewa, pilih yang masih muda dan bersihkan dari debu. Setelah daun dewa bersih, tempatkan di wadah bersih dan tumbuk hingga halus. Hasil tumbukan yang halus dapat digunakan untuk menambal luka. Dapat juga dioleskan pada bagian tubuh yang mengalami luka.

Sementara untuk obat dalam7 Manfaat Daun Dewa, seperti untuk mengatasi penyakit diabetes, hipertensi hingga penyakit jantung dan stroke dapat dilakukan dengan merebus daun dewa. Ambil beberapa lembar daun dewa, bersihkan dari debu dan rebus dalam air. Banyaknya air sesuaikan dengan jumlah helai daun dewa. Rebus hingga air tersisa separuh. Air rebusan daun dewa dapat diminum 3 kali dalam sehari secara rutin sehingga keluhan sakit mulai berkurang.

Selain daunnya, pemanfaatan tanaman daun dewa sebagai obat dapat dilakukan pada bagian getah hingga umbinya. Untuk mengobati penyakit seperti wasir atau ambien, Anda bisa menggunakan getah daun dewa dengan cara diteteskan pada bagian anus yang sakit. Sedangkan umbi daun dewa dapat digunakan dengan cara ditumbuk halus untuk dioleskan pada luka gigitan ular dan binatang berbisa lainnya. Sehingga rasa sakitnya dapat berkurang dan sembuh.

Efek samping daun dewa

Salah satu hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih metode pengobatan penyakit tertentu adalah efek samping yang ditimbulkan. Penggunaan obat-obatan kimiawi secara terus-menerus dan berkelanjutan berisiko menimbulkan efek samping yang buruk bagi organ tubuh lainnya. Hal ini tentu berbeda dengan pengobatan yang dilakukan secara alami menggunakan tanaman daun dewa yang tidak menimbulkan efek samping yang buruk bagi tubuh.

Daun dewa telah teruji klinis memiliki kandungan senyawa flavonoid, saponin hingga minyak atsiri. Senyawa-senyawa ini berperan penting dalam mengatasi berbagai macam penyakit dengan memberikan efek tertentu seperti analgesik atau meredakan nyeri. Sehingga daun dewa dapat digunakan untuk mengatasi keluhan nyeri yang disebabkan oleh penyakit tertentu seperti rematik. Selain itu daun dewa juga mampu memberikan efek anti inflamasi atau anti radang.

Dengan efek anti inflamasi ini, daun dewa dapat digunakan untuk mengatasi radang yang disebabkan penyakit tertentu. Selain itu daun dewa juga memberikan efek melancarkan sirkulasi darah. Selama ini banyak penyakit disebabkan oleh tidak lancarnya sirkulasi darah dalam tubuh. Dengan sirkulasi darah yang lancar, tubuh akan mencegah penyakit datang. Sekaligus memastikan setiap organ tubuh bekerja dengan baik mendukung proses metabolisme.

Manfaat daun dewa yang luar biasa untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, dapat menjadi alternatif pengobatan alami yang aman. Selain aman, pengobatan alami dengan daun dewa juga tidak menimbulkan ketagihan. Sehingga tidak menimbulkan efek samping yang buruk untuk organ tubuh lainnya. Selain untuk mengobati penyakit, daun dewa juga dapat menjadi alternatif pengobatan untuk mencegah timbulnya keluhan penyakit yang mengganggu.

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.