Manfaat Daun Binahong untuk Melawan Penyakit

Khasiat Daun Binahong dalam penyembuhan 7 Penyakit

daun-binahong-segarMenghadapi berbagai masalah yang berkaitan dengan kecantikan & kesehatan memang menjadi hal yang sedikit rumit di masa kini. Pasalnya, berbagai macam pilihan pengobatan juga menetapkan harga yang fantastis, khususnya terasa demikian bagi kalangan masyarakat tingkat ekonomi menengah ke bawah. Katakanlah seperti menderita penyakit paru-paru, ginjal, kanker membutuhkan biaya hingga ratusan juta untuk mengobatinya. Akan tetapi apakah Anda sudah tahu bahwa rupanya berbagai keluhan gangguan kesehatan tersebut dapat ditangani secara mudah dan herbal menggunakan bantuan daun binahong?

Apa itu Daun Binahong?

Tanaman binahong memiliki nama latin Anredera cordifolia yang dikenal juga dengan sebagai madeira vine di wilayah Inggris. Di Indonesia, tanaman yang satu ini sudah terkenal menyimpan manfaat yang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Hal tersebut dibuktikan dari banyaknya tanaman binahong di hampir seluruh penjuru nusantara seperti Bali (gendola), Jawa (gedrek/uci-uci/genjerot), Sunda (gendola), Minangkabau (lembayung), Madura (kandula), Gorontalo (pailoo), Timor (kandola), dan Sulawesi Utara (tatabuwe).

Binahong memiliki ciri-ciri yang sangat khas, dimana tanaman ini merupakan jenis tumbuhan menjalar dengan panjang yang dapat melebihi 10 meter. Tanaman binahong juga memiliki akar rimpang dengan daging cenderung lunak. Batangnya juga berbentuk silindris, lunak dan saling membelit satu sama lain dengan warna batang kemerahan. Di bagian dalam batangnya solid dan permukaannya halus. Batang tersebut akan berubah warna menjadi putih kusam sekaligus lebih keras ketika tanaman sudah mulai menua.

Cabang dan batang tanaman dapat memiliki panjang mencapai 20 hingga 30 meter. Diameter dari bagian pangkal batang tanaman binahong bahkan mencapai 3,5 centi meter ketika tanaman berusia 3 tahun. Rimpang atau umbi juga akan terbentuk dan melekat di bagian ketiak daun yang bentuknya tidak beraturan dengan tekstur kasar.

Daun nya dapat ditemukan di setiap buku batang. Daunnya merupakan daun tinggal yang memiliki tangkai sangat pendek (subsessile), berwarna hijau, tersusun secara berseling, dengan bentuk cordata (jantung), panjang daun mulai dari 5 hingga 13 centi meter, sedangkan lebarnya 3-10 centi meter. Ketebalan daun 0,1 hingga 0,2 centi meter dengan panjang tangkai daun 1 hingga 3 centi meter. Setiap daunnya memiliki helaian yang lemas, memiliki tepian rata, pangkal berlekuk atau emerginatus, berujung runcing, memiliki permukaan agak licin dan dapat dimakan. Info Ciri – ciri Tanaman Lain Klik Disini

Daun Katuk

Bawang Dayak

Beras Merah Angkak

7 Penyakit Kronis yang dapat diatasi dengan konsumsi Binahong

Beberapa penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga penyakit yang cenderung kronis dan sulit diobati menggunakan pengobatan medis dapat ditangani oleh daun binahong seperti:

  • Maag
    Sakit maag dapat ditangani menggunakan daun binahong. Cara mengkonsumsi daun binahong untuk mengobati sakit maag adalah dengan merebus 10 lembar daun binahong bersama 1 gelas air hingga mendidih. Kemudian air rebusan daun binahong disaring. Konsumsi air rebusan daun binahong 3 kali sehari.
  • Bengkak Kandung Kemih
    Manfaat daun binahong untuk bengkak kandung kemih dapat dirasakan dengan merebus 10 lembar daunnya ke dalam 4 gelas air ditambah 5 gram daun kumis kucing hingga mendidih dan hanya tersisa 3 gelas. Minum rebusan daun binahong tersebut hanya untuk 1 hari. Pengobatan ini harus dilakukan rutin setiap hari.
  • Gagal Ginjal
    Pengobatan kanker ginjal dapat dilakukan dengan meminum air rebusan 10 hingga 15 lembar daun binahong. Air yang digunakan untuk merebus daun binahong tersebut adalah 1 gelas air. Hasil air rebusan daun binahong dikonsumsi 3 kali sehari setiap kali sebelum makan.
  • Kanker Ginjal
    Untuk memanfaatkan herbal ini sebagai obat kanker ginjal, caranya dengan merebus 15 gram daun binahong bersama 15 gram daun keladi tikus ke dalam 5 gelas air. Tunggu rebusan hingga mendidih dan hanya tersisa sekitar 3 gelas air. Tambahkan gula aren secukupnya sebelum air rebusan tersebut diminum. Konsumsi ramuan herbal daun binahong untuk kanker ginjal secara rutin.
  • Kencing Manis
    Mengobati kencing manis dapat dilakukan dengan mengkonsumsi air rebusan 11 lembar daun binahong yang direbus dalam 3 gelas air hingga hanya tersisa 1 gelas ramuan. Air hasil rebusan daun binahong dapat diminum setiap hari untuk mengobati kencing manis.
  • Patah Tulang
    Dengan memanfaatkan 10 hingga 20 lembar daun binahong yang direbus ke dalam 3 gelas air bersih hingga menyisakan hanya 1 gelas air dapat digunakan untuk mengobati patah tulang. Air ramuan daun binahong kemudian dapat diminum setiap hari.
  • Darah Rendah
    Darah rendah juga dapat diobati menggunakan daun binahong. Cara memanfaatkannya sebagai obat darah rendah adalah dengan merebus 8 lembar daun binahong menggunakan 2 gelas air, biarkan air rebusan hanya tersisa 1 gelas. Konsumsi air ramuan daun binahong setiap hari.

Cara Mendapatkan Manfaat Daun Binahong Untuk Pengobatan dan Kecantikanmanfaat-daun-binahong-walafiat

Selain memanfaatkan daun binahong sesuai dengan masing-masing penyakit yang disebutkan di atas, daun binahong juga dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit lainnya dengan cara meramunya secara mandiri. Cukup ambil 5 lembar daun binahong yang direbus ke dalam air sebanyak 2 gelas hingga mendidih dan hanya tersisa setengahnya saja. Kemudian masukkan madu ke dalam ramuan daun binahong tersebut dan dikonsumsi satu gelas setiap hari.

Bukan hanya untuk masalah kesehatan,daun ini juga bermanfaat menangani masalah kecantikan seperti menghaluskan kulit wajah, mengobati jerawat, mengecilkan pori-pori hingga menghilangkan berbagai flek hitam di permukaan kulit wajah. Cara membuat ramuan dengan menggunakan daun binahong adalah dengan meremas-remas beberapa lembar tanaman herbal tersebut hingga mengeluarkan air alami. Kemudian gunakan air alami yang sudah keluar dari daun binahong untuk dioleskan ke permukaan wajah secara merata. Agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal, maka cara semacam ini boleh dilakukan 3 kali dalam sehari.

Efek Samping Konsumsi Daun Binahong

Meskipun memiliki manfaat untuk mengobati berbagai masalah kesehatan maupun kecantikan, binahong juga tetap memiliki efek samping. Oleh karena itu, sangat tidak disarankan jika mengkonsumsi ramuan daun ini bersamaan dengan stimulan yang lain, contohnya kafein. Pasalnya, kafein yang dikonsumsi bersama ramuan daun binahong akan meningkatkan adanya kemungkinan efek samping yang cukup berbahaya, termasuk mengancam kondisi jiwa. Sumber kafein layaknya teh dan kopi juga patut dihindari saat mengkonsumsi ramuan daun binahong.

Bagi wanita hamil maupun menyusui, tidak disarankan mengkonsumsi ramuan daun ini. Bukan hanya itu binahong saat dikonsumsi juga dapat menyebabkan munculnya nyeri di bagian dada atau angina yang kemungkinan lebih memburuk karena merangsang hati. Sehingga penderita yang memiliki masalah angina sangat tidak diizinkan mengkonsumsi ramuan daun binahog.

Jadi, bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan maupun kecantikan dan ingin mengkonsumsi ramuan herbal daun ini, lebih baik memperhatikan dosis yang dianjurkan. Bukan hanya itu, perhatikan hal-hal yang dapat mengundang kemungkinan efek samping seperti yang telah disebutkan di atas.

Terima kasih sudah membaca khasiat daun binahong untuk mengobati masalah kesehatan dan kecantikan. Semoga bermanfaat!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *