Sejuta Manfaat dan Khasiat dari Bunga Cantik Rosella

Kenali Lebih Dalam Si Bunga cantik Rosella

Bunga Cantik RosellaKeluhan sakit atau memiliki penyakit kerap selalu membayangi manusia, tidak terkecuali bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan seperti halnya hipertensi, ginjal, hingga diabetes mellitus yang sebenarnya dapat teratasi dengan Rosella atau bunga Rosella.

Bunga Rosella merupakan spesies yang sebenarnya berasal dari benua Afrika. Bunga dengan nama latin Hibiscus Sabdariffa ini juga dikenal dengan sebutan asam kumbang, asam paya dan juga asam susur. Pada awalnya, bunga ini hanyalah tanaman bunga yang cantik sehingga hanya sebagai penghias untuk halaman rumah. Namun saat musim dingin, bunga Rosella menjadi minuman hangat, sebaliknya saat musim panas, bunga ini menjadi minuman dingin. Cara membuatnya pun mudah, yaitu hanya dengan menyeduhnya saja.

Di benua Afrika atau di negara asalnya tersebut, Rosella diolah menjadi selai atau jeli yang didapat dari kandungan kelopaknya yang berserat. Sedangkan di negara lainnya yaitu Jamaika, Rosella lebih diolah menjadi salad buah dan dimakan secara mentah atau dimakan dengan kacang yang ditumbuk ataupun direbus untuk kemudian dijadikan sebagai pengisi kue.

Ciri dan bentuk dari si bunga cantik, Rosella

Bunga Rosella umunya selalu ditemukan yang berbentuk kuncup dan juga merupakan bunga tunggal dengan kelopak sebanyak sekitar delapan hingga sebelas helai yang memiliki panjang kurang lebih sekitar satu sentimeter. Bunga ini juga memiliki warna merah, sebagai ciri khasnya sehingga terlihat mencolok. Sedangkan kelopaknya berdaging tebal atau gemuk.

Untuk ciri – ciri & Manfaat Tanaman Herbal Lain, Klik Disini :

Temu Mangga

Daun Dewa

Daun Pegagan

Kandungan bermanfaat dari bunga Rosella

Dapat dikatakan bahwa tanaman ini memiliki khasiat dan manfaatnya secara tersendiri. Mulai dari kelopak bunganya, buah, hingga daun dari bunga Rosella juga memiliki khasiat yang dapat dimanfaatkan terutama dalam hal pengobatan secara tradisional dengan herbal yang alami tersebut. meskipun begitu, pada umumnya bunga Rosella bukan hanya dimanfaatkan sebagai obat karena khasiatnya, namun dapat diolah menjadi makanan yang menyehatkan sekaligus pengobatan yaitu seperti misalnya dibuat sebagai teh, salad, sirup hingga dijadikan sebagai puding karena rasa dari bunga Rosella yang menyegarkan.

Kandungan zat yang bergizi ada pada bunga Rosella, diantaranya yaitu seperti zat besi dengan kadar yang cukup tinggi, protrin, niasin, riboflavia hingga vitamin C dan juga vitamin A ada pada bunga ;yang berwarna mencolok ini. Selain itu juga terdapat belasan jenis asam amino yang sudah tentu sangat dibutuuhkan oleh tubuh, terutama untuk soal kesehatan tubuh. Selebihnya yaitu kandungan arginin yang berfungsi unuk meremajakan sel kulit, sehingga tak heran jika bunga Rosella ini juga seringkali dimanfaatkan oleh para kaum wanita untuk merawat kecantikan kulit.

Kandungan lainnya yaitu terdapat kalsium dan juga protein yang dapat membentuk sel darah merah. Sehingga jika dikonsumsi secara rutin dan juga konsisten, bunga Rosella dapat membantu dalam proses terbentuknya hemoglobin namun berlangsung secara normal.

Khasiat dari bunga Rosella yang menakjubkan

Banyaknya penelitian yang dilakukan pada bunga Rosella seiring perkembangan zaman membuat banyaknya khasiat yang ditemukan oleh bunga yang umumnya berwarna merah ini. Khususnya di kalangan pengobatan yang dilakukan secara alternatif, kepopulerannya telah menjadikan bunga Rosella juga disebut sebagai obat herbal yang ampuh dalam mengatasi berbagai jenis penyakit.Manfaat Bunga Rosella

Untuk mengetahui lebih lengkapnya lagi, berikut berbagai jenis manfaat positif yang akan didapat jika mengkonsumsi bunga Rosella atau dijadikannya sebagai obat herbal yang alami namun dapat diolah dengan enak dan menyegarkan, diantaranya yaitu sebagai berikut ini;

  1. Sebagai pencegah kanker
    Dengan memanfaatkan bunga Rosella sebagai pengobatan, sel-sel kanker dapat terhambat sehingga akan menekan bahaya sel kanker pada tubuh. Hal tersebut karena adanya kandungan yang dapat menghambat sel kanker tersebut. Selain itu juga, bunga Rosella dapat mencegah gejala Leukemia atau gejala kanker darah karena dapat menanggulangi kerusakan DNA pada sel.
  1. Sebagai sumber dari antioksidan
    Mengapa bunga Rosella menjadi sumber dari antioksidan, karena bunga Rosella memiliki kandungan dari senyawa fenolik-nya. Terutama manfaat antioksidan tersebut terdapat pada kelopak dari bunga Rosella tersebut. Kandungan dari antioksidan tersebut juga empat kali lebih besar daripada tanaman herbal lainnya, yaitu kumis kucing. Senyawa lain yang ada pada antioksidan yaitu antosianin dan juga gossipetin. Kedua senyawa tersebut bermanfaat untuk melindungi tubuh dari gejala kanker, gejala diabetes hingga gejala dari penyakit jantung.
  1. Sebagai obat diet secara alami
    Menggunakan teh Rosella untuk menurunkan berat badan alias program diet dapat dikatakan sebagai cara diet yang sempurna. Bunga Rosella yang memiliki rasa segar ini mengandung vitamin C sehingga bermanfaat dalam membantu tubuh, terutama untuk melepaskan lemak dan juga kolestrol jahat yang ada pada tubuh. Agar berat badan berkurang, meminum atau mengkonsumsi Rosella dapat dilakukan pada pagi hari dan juga pada malam hari sebelum tidur. Bukan hanya untuk menurunkan berat badan, tetapi juga untuk membantu dalam meningkatkan metabolisme tubuh. Jika metabolisme tubuh baik, maka proses diet pun akan berjalan dengan lancar dan mudah namun tetap sehat dengan bentuk tubuh yang ideal.
  1. Sebagai peningkat sistem kekebalan tubuh
    Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dapat juga dibantu oleh bunga Rosella. Mencegah beragam jenis penyakit pada dasarnya harus dimulai dengan menjaga sistem kekebalan tubuh atau imun agar selalu sehat dan juga terjaga. Sistem kekebalan tubuh akan meningkat jika mengkonsumsi Rosella terutama jika dilakukan secara rutin dan teratur yaitu di pagi hari.
  1. Sebagai penurun tekanan darah
    Menurunkan tekanan darah hanya perlu dengan meminum teh dari bunga Rosella. Tentunya hal ini akan sangat bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya bagi mereka yang memiliki masalah kolestrol. Bunga Rosella akan membantu dalam mengontrol tekanan darah agar tubuh dapat bekerja dengan baik sehingga masalah serius bagi kesehatan akan terhindar. Pada penderita hipertensi, ekstrak dari bunga Rosella dapat dijadikan sebagai terapi dengan mengkonsumsi tehnya selama dua belas hari.

Minuman Bunga RosellaUmumnya, bunga Rosella dibuat atau diolah dengan cara dijadikan minuman seperti teh yaitu dengan cara diseduh dengan air panas, yang paling sering dan juga mudah untuk dilakukan. Selain itu juga dijadikan minuman segar sebagai sirup. Bahkan saat ini banyak pasar yang menyediakan bunga Rosella yang dijual dengan tampilan kering, sehingga lebih mudah dan praktis karena tinggal diseduh dengan air hangat. Di beberapa negara, bunga Rosella juga diolah dengan berbagai cara. Seperti halnya dijadikan sebagai sayuran yang dikukus atau sebagai bahan masakan, ataupun dijadikan selai setelah dimasak dengan dicampur gula.

Sebenarnya masih banyak manfaat dan khasiat dari bunga Rosella karena kandungan senyawanya yang menyehatkan tubuh, seperti misalnya mengencangkan kulit dan juga mencerahkannya. Dipercaya juga tidak memiliki efek samping yang berbahaya. Meskipun begitu, menjaga untuk selalu mengkonsumsinya secara teratur sesuai takaran dan tidak berlebihan menjadi sebuah hal yang bijak meskipun bunga Rosella termasuk dalam obat herbal dan alami.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.