6 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Khasiat Luar Biasa dari Buah Mengkudu

6 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan yang Perlu Anda KetahuiBuah mengkudu merupakan salah satu buah asli Asia Tenggara yang memiliki banyak khasiat, baik itu untuk kecantikan kulit maupun kesehatan. Siapa yang menyangka jika untuk mendapatkan kulit mulus dan halus, buah mengkudu bisa menjadi solusinya. Kaya akan nutrisi dan berbagai senyawa penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh, membuat lulur buah mengkudu berkhasiat untuk melembabkan kulit.  dan akan menjadikan kulit menjadi halus dan mulus. Sementara dibidang kesehatan sendiri, berbagai manfaat buah mengkudu sudah dibuktikan secara impiris dan digunakan secara turun temurun untuk mengatasi berbagai gangguan tubuh termasuk diabetes melitus.

 

Perubahan cuaca yang tidak menentu ditambah lagi dengan gaya hidup yang berantakan  membuat tubuh rentang terkena berbagai jenis penyakit. Diabetes melitus tipe 2 sendiri merupakan gangguan metabolisme tubuh yang disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan buruk dari penderitanya. Selain menerapkan gaya hidup sehat, tidak sedikit juga yang melengkapi proses penyembuhan dengan mengkonsumsi buah mengkudu. Begitu besar peran buah yang terkenal dengan nama noni tersebut dalam dunia kesehatan, hingga tidak sedikit yang melakukan riset untuk membuktikan khasiatnya secara ilmiah. Walaupun demikian muncul pertanyaan, amankan mengkonsumsi buah noni? Selengkapnya berikut adalah pembahasan mengenai manfaat buah mengkudu bagi kesehatan beserta efek samping yang mungkin ditimbulkannya.

 

Ciri khusus dan morfologi mengkudu

Dilihat dari tampilan fisiknya, buah mengkudu memiliki bentuk yang agak lonjong dengan permukaan kulit yang hampir dipenuhi oleh bintik-bintik kecil. Mengkudu mempunyai batang pohon berwarna cokelat berbentuk bengkok dan kasar serta dahan yang kaku dengan akarnya tunggang, untuk tingginya sendiri bisa mencapai 4 sampai 6 meter. Daun pada pohon mengkudu berdaun tebal, lebar dan biasanya berukuran besar dengan tepi daun yang rata. Letak dari daun-daun ini saling berhadapanan.

  • Kingdom : Streptophyta
  • Divisi : Tracheophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Super Orde : Asteranae
  • Ordo : Gentianales
  • Famili : Rubiaceae
  • Genus : Morinda L.
  • Spesies : Morinda citrifolia

Selain pahit, aroma menyengat yang dikeluarkan oleh buah mengkudu juga dinilai cukup menggangu bagi beberapa orang. Kondisi ini turut memunculkan berbagai cara pengolahan buah mengkudu yang  dapat mengurangi rasa pahit maupun aromanya tanpa harus merusak berbagai senyawa berkhasiat yang terkandung didalamnya. Biasanya sebelum dikomsumsi buah mengkudu diolah terlebih dahulu hingga menjadi jus, rujak, sayur bahkan sediaan pil sehingga lebih nyaman dikonsumsi.

Untuk Ciri – ciri tanaman & Manfaatnya Silakan Klik Disini :

Bawang Dayak

Daun Sirih

Daun Sirsak

Kandungan dan Manfaat Buah Mengkudu

Tingginya manfaat buah mengkudu, tidak terlepas dari berbagai senyawa aktif yang terkandung didalamnya. Buah yang mempunyai nama latin Morinda citrifolia L ini mengandung banyak senyawa berkhasiat yang dibutuhkan oleh tubuh diantaranya adalah  scolopetin, mineral, protein, vitamin, zat terpenoid, zat anti bakteri, zat anti kanker, zat bioaktif, xeronine dan proxeronine, asam kapril, morindone dan sebagainya. Berbagai senyawa berkhasiat ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengatasi berbagai jenis penyakit.

 

  1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Buah noni mengandung senyawa antioksidan yang fungsi untuk menangkal paparan radikal bebas yang diketahui sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh. Senyawa ini akan merangsang dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga Anda tidak mudah sakit. Selain itu manfaat buah mengkudu untuk meningkatkan daya tahan tubuh juga dikarenakan adanya koencim Q10, vitamin C, Vitamin E dan peptida yang terkandung dalam buah ini. Oleh karena itu disarankan untuk mengkonsumsi buah ini secara teratur, terutama ketika perubahan cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini.

 

  1. Mencegah perkembangan sel kanker

Tingginya kandungan antioksidan dalam buah noni juga disebut-sebut dapat mencegah seseorang terpapar kanker, senyawa yang mempunyai sifat melawan tumor ini dapat menghancurkan sel-sel kanker dan mencegah terjadinya penyebaran sel-sel abnormal tersebut di dalam tubuh. Namun meskipun demikian manfaat buah mengkudu yang satu ini perlu dikaji lebih lanjut secara ilmiah. Mengatasi tumor dengan buah noni dapat dilakukan dengan menghaluskannya hingga lembut kemudian ditempelkan pada benjolan yang disebabkan oleh tumor tersebut. Disarankan untuk rutin berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui perkembangannya.

 

  1. Mengatasi peradangan

Kandungan senyawa scolopetin dalam buah noni berfungsi untuk mencegah dan mengatasi infamasi pada sendi maupun peradangan yang terjadi pada permukaan kulit. Selain itu buah mengkudu juga mempunyai khasiat sebagai analgesik yang berfungsi untuk mengurangi rasa nyeri yang disebabkan oleh peradangan tersebut. Selain itu senyawa scolopetin juga efektif untuk mengatasi reaksi alerg.

 

  1. Mengatasi diabetes melitus

Seperti yang sudah dibahas diawal jika, buah noni menjadi salah satu tanaman herbal populer yang banyak digunakan untuk mengatasi diabetes melitus khususnya tipe 2. Buah noni mengandung banyak senyawa berkhasiat yang dapat membantu proses penyembuhan diabetes melitus seperti erat, vitamin,kalsium, kalium, fosfor dan masih banyak lagi.

 

Membuat jus buah mengkudu sangatlah mudah, Anda hanya perlu membersihkan terlebih dahulu buah mengkudu hingga benar-benar terbebas dari berbagai jenis pengotor setelah itu jemur hingga kering. Langkah selanjutnya adalah dengan mengumbuknya sampai halus. Ambil 1 sendok makan bubur buah mengkudu dan seduh dalam air panas, untuk mengurangi rasa pahit yang ditimbulkannya

 

Anda dapat menambahkan madu murni kemudian aduk rata. Konsumsi jus buah mengkudu ini 2 kali dalam sehari yaitu pada pagi dan sore hari secara teratur sampai terlihat manfaat buah mengkudu.

 

  1. Melancarkan sistem pencernaan

Bagi Anda yang sulit buang air besar atau mengalami diare, maka buah mengkudu bisa menjadi solusi yang tepat. Kandungan serat yang tinggi membuat buah noni dapat mengatasi berbagai masalah pada sistem pencernaan. Untuk merasakan manfaat buah mengkudu ini, Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung atau diolah terlebih dahulu menjadi jus.

 

  1. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Dalam sebuah penelitian diketahui bahwa senyawa xeronine dan proxeronine yang terkandung didalam buah mengkudu dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Seperti yang diketahui bahwa tinggi kadar LDL didalam tubuh dapat menyebabkan tubuh lebih mudah terserang berbagai penyakit berbahaya seperti stroke maupun serangan jantung.

 

Efek samping buah mengkuduManfaat Buah Mengkudu

Walaupun manfaat buah mengkudu sangatlah besar, namun beberapa orang enggan untuk mengkonsumsi tanaman herbal ini dikarenakan rasanya yang pahit dan juga aroma yang sangat menyengat hingga membuat kita ingin muntah bahkan hanya dengan mencium aromanya. Dengan alasan inilah tidak mengherankan jika tidak banyak yang menyukainya dan memilih untuk mencari metode pengobatan lainnya meskipun manfaat buah mengkudu sudah tidak diragukan lagi.

Selain rasa dan aroma yang tidak menyengakan, ternyata buah ini juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh orang-orang tertentu seperti wanita hamil dan wanita menyusui. Ada beberapa senyawa aktif yang terkandung di dalam buah noni yang dapat mempengaruhi perkembangan janin dan beresiko membunuh janin yang ada didalam rahim. Selain itu senyawa tersebut, juga diketahui dapat mempengaruhi substansi pada air susu ibu yang sangat berbahaya jika sampai terminum oleh bayi.

Beragam manfaat buah mengkudu juga tidak bisa dirasakan oleh mereka yang memiliki masalah pada organ ginjal, hati dan penderita hipertensi. Bagi yang memiliki masalah pada organ ginjal, dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi buah noni, mengingat tingginya kandungan pottasium dapat memperparah gangguan tersebut bahkan dapat memicu masalah kesehatan lainnya. Resiko tinggi juga berlaku untuk para penderita penyakit hati karena dapat memperparah kerusakan hati. Selain itu buah noni juga dketahui dapat meningkatkan tekanan darah naik.

Buah mengkudu merupakan tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat khususnya bagi kesehatan, untuk menghindari efek samping yang mungkin muncul, sebaiknya konsumsi buah noni ini sesuai dosis yang dianjurkan. Demikianlah manfaat buah mengkudu yang perlu Anda ketahui, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih kunjungan Anda.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.