7 Khasiat Ampuh Daun Benalu

Mengenal Tanaman Benalu

7 Khasiat Ampuh Daun BenaluSiapa sangka bahwa di balik labelnya sebagai parasit, benalu ini memiliki manfaat yang cukup baik untuk kesehatan. Di Cina, benalu sudah lama digunakan sebagai salah satu ramuan obat, terutama untuk obat penyakit kanker. Daun ataupun seluruh bagian tanaman dapat digunakan sebagai obat.

Selama ini, orang lebih banyak mengenal tanaman benalu sebagai tanaman parasit atau pengganggu. Benalu menempel pada tanaman lain sekaligus mengambil nutrisi dari tumbuhan inangnya tersebut. Jika dibiarkan terus-menerus,  lama-kelamaan tumbuhan inang yang ditempeli benalu menjadi kurus atau bahkan mati. Karena menempel pada tumbuhan lain, benalu ini tidak membutuhkan media konvensional seperti tanah atau kompos sebagai tempat tumbuh.

Biji tumbuhan ini menghasilkan getah yang lengket berbentuk jeli. Burung adalah hewan yang berperan dalam penyebaran tanaman ini. Jika burung memakan buah dan bijinya yang lengket tertempel di dahan pohon, bijinya yang menempel di dahan akan berkecambah lalu tumbuh menjadi benalu muda.

Benalu biasa tumbuh di pohon-pohon besar di kawasan tropis. Tanaman ini mengambil sari makanan lewat akarnya yang menembus kayu tumbuhan inang. Benalu yang memilki nama latin Loranthus ini, bisa kita jumpai di pohon mangga, belimbing, apel, randu, atau teh. Dalam batang dan daun benalu mengandung zat tanin, flavoid, alkaloida, dan saponin.  Kadar zat dalam benalu juga dipengaruhi oleh tempat tumbuh atau tanaman inangnya.  Misalnya, benalu yang tumbuh pada pohon belimbing bisa berbeda kandungan zatnya jika dibandingkan dengan  benalu yang tumbuh pada pohon lain seperti mangga.

Zat flavoid dikenal memiliki banyak manfaat di antaranya sebagai antikanker, analgesik (pereda nyeri), antioksidan, antiradang, anti-inflamasi, antivirus,  mencegah keracunan hati, merangsang kekebalan tubuh, mencegah penggumpalan darah, dan antialergi. Keluarga benalu Loranthaceae dikenal memiliki kandungan tanin. Dalam dunia pengobatan, zat tanin sering dipakai untuk antivirus, obat diare, atau penawar racun.

Untuk Ciri – ciri tanaman & Manfaatnya Silakan Klik Disini :

Bawang Putih

Ciplukan

Daun Dewa

Manfaat Daun Benalu

Ada banyak manfaat dari daun tanaman parasit ini, di antaranya adalah:

  1. Mengobati kanker
    Beberapa jenis benalu terbukti dapat menyembuhkan penyakit kanker. Pada penelitian yang dilakukan tahun 1978, benalu teh kering yang sudah direbus, airnya bisa dikonsumsi untuk obat kanker rahim dan jenis kanker yang lain. Dua tahun kemudian, benalu sawo dipercaya menjadi obat untuk tumor payudara. Selajutnya,  di tahun 1983, benalu beringin, benalu jeruk nipis, serta benalu teh dipercaya dapat mengusir tumor.Penelitian tentang benalu rupanya terus berlanjut. Pada tahun 1984, ditemukan fakta bahwa air rebusan benalu dan daun tapak dara  (Catharanthus roseus) bisa dimanfaatkan untuk mengobati kanker.Selanjutnya, pada tahun 1995, di Desa Gentasari, Kroya, Cilacap, sangat marak penggunaan benalu sebagai obat tradisional. Peristiwa tersebut diteliti oleh Samiran dari Puslitbang Botani LIPI, yang melakukan pengamatan atas maraknya penggunaan benalu. Sempat ditemukan penderita kanker usus yang yang berhasil sembuh setelah mengonsumsi rebusan benalu mangga.
  1. Mengobati Epilepsi
    Di Eropa, penggunaan benalu sebagai obat gangguan saraf seperti epilepsi telah dilakukan sejak abad 16. Seseorang yang menderita epilepsi akan cenderung kesusahan untuk mengendalikan tubuhnya. Daun benalu ini dipercaya mampu mengobati penyakit saraf ini.
  1. Mengobati Radang Sendi
    Biasanya, radang sendi identik dengan penyakit usia tua. Akan tetapi ternyata yang masih berusia muda pun bisa mengalami radang sendi atau  Namun tidak jarang mereka yang masih muda pun bisa mengalami penyakit radang sendi atau arthritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan zat dalam benalu mampu membantu pemulihan radang pada persendian.Manfaat Benalu
  1. Menurunkan Tekanan Darah
    Tekanan darah yang tinggi bisa menjadi pintu masuk bagi penyakit yang lain. Stroke dan sakit jantung adalah contoh penyakit yang bisa ditimbulkan dari tingginya tekanan darah. Daun benalu ini bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah.
  1. Melancarkan Peredaran Darah
    Lancarnya peredaran darah bisa menjadikan badan sehat secara keseluruhan. Hal ini disebabkan karena di dalam darah terdapat nutrisi dan gizi dari makanan yang kita konsumsi untuk dialirkan ke seluruh tubuh. Beberapa zat dalam daun benalu bisa membantu tubuh untuk memperlancar peredaran darah.
  1. Mengobati Hepatitis
    Hepatitis merupakan penyakit yang disebabkan oleh masuknya virus ke dalam tubuh. Jika dibiarkan terus, bisa saja muncul penyakit kanker hati karena memang virus hepatitis menyerang bagian hati. Teh daun benalu dapat mengobati penyakit ini.
  1. Mengembalikan Fungsi Hati dan Ginjal
    Jika ingin memiliki hati dan ginjal yang sehat, tidak ada salahnya jika Anda mengonsumsi daun benalu.  Dalam benalu terkandung  beberapa zat yang berguna untuk membersihkan racun yang ada di dalam hati ataupun ginjal. Dampaknya, ginjal dan hati menjadi bersih sehingga fungsi hati dan ginjal bisa berjalan dengan normal.Beberapa jenis benalu dapat digunakan untuk berbagai macam obat, di antaranya adalah benalu mangga untuk ambein, sesak nafas, liver, penyembuh luka; benalu salam untuk gondok dan menyeluruh (komplek) benalu randu untuk sesak, hernia, ginjal, saraf, benalu kelor untuk gondok.

Cara Membuat Ramuan Daun Benalu

Daun benalu ataupun tanaman benalu untuk obat  herbal dapat disajikan sebagai minuman teh. Cara membuatnya tidak sulit. Pertama, siapkanlah terlebih dahulu pohon benalunya. Jenis benalu yang bagus untuk obat biasanya benalu teh atau benalu jeruk.

Potonglah daun benalu beserta tanamannya hingga menjadi kecil, kira-kira 1,5 hingga 2 cm. Setelah itu, jemur potongan-potongan tersebut hingga kering. Jika sudah kering, kukus benalu selama satu jam untuk membunuh mikroba yang barangkali ada di dalamnya. Angkat lalu tiriskan dan jemur kembali hingga kering. Jadilah teh benalu.

Cara penyajian teh benalu hampir sama dengan saat kita membuat teh biasa. Masukkan segenggam teh benalu ke dalam poci dan seduh menggunakan air panas. Teh benalu siap dinikmati.

Efek Samping Daun Benalu

Daun benalu memang terbukti memiliki kegunaan yang baik untuk kesehatan. Salah satu kegunaan daun benalu adalah bisa digunakan untuk obat kanker. Akan tetapi sebaiknya kita waspada terhadap dampak dari pemanfaatan daun benalu sebagai obat.

Berikut ini adalah beberapa efek samping yang barangkali bisa ditimbulkan oleh daun benalu.

  • Pada tahap wajar, mengonsumsi benalu dapat menyebabkan diare.
  • Dalam dosis sedang, daun benalu dapat menyebabkan sakit perut atau kembung, sampai mulut kering.
  • Takaran yang agak berlebihan pada penggunaan daun benalu juga dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan.
  • Takaran yang berlebihan pada penggunaan daun benalu dapat berujung pada kematian.

Jika Anda mengalami pusing atau mata berkunang-kunang, barangkali Anda mengalami keracunan, apalagi jika Anda mengonsumsi secara berlebihan. Sebaiknya, sebelum melakukan konsumsi daun benalu untuk obat, Anda melakukan konsultasi pada ahli.

Beberapa hal di atas adalah beberapa manfaat yang bisa didapat dari konsumsi daun benalu/ tanaman benalu. Anda bisa mencobanya sebagai pengobatan alternatif.

Semoga bermanfaat.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.