Mengobati Penyakit Prostat Dengan Cara Alami

Mengobati Penyakit Prostat Dengan Cara Alami

Mengobati Penyakit Prostat Dengan Cara AlamiPenyakit prostat, merupakan penyakit yang sering kali dialami oleh kaum pria pada bagian organ vitalnya. Biasanya penderita penyakit prostat ini, sering kali mengalami gejala yang dianggap sepele. Untuk itu ada baiknya kita mengetahui, apa saja gejala dari penyakit prostat tersebut. Berikut beberapa gejala dari penyakit prostat yang perlu kita ketahui.

  1. Sering buang air kecil
  2. Ketika membuang air kecil seperti tidak selesai atau tidak tuntas
  3. Setelah membuang air kecil, ada rasa ingin membuang air kecil kembali.
  4. Pada gejala umum, penyakit prostat sering kali dialami oleh pria dengan usia kurang lebih 40 tahun keatas. Akan tetapi, pria yang usia dibawah 40 tahun juga bisa mengalami penyakit prostat ini.

Apabila Anda mengalami ciri-ciri diatas, ada baiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter, untuk mengetahui apakah Anda menderita penyakit prostat atau tidak.

Penyakit prostat

Prostat merupakan kelenjar yang dimiliki oleh pria. Letak dari kelenjar prostat ini, terletak diantara penis dan kandung kemih, dan mengelilingi saluran yang membawa air seni dari kandung kemih ke penis. Untuk ukuran prostat ini, kurang lebih sebesar buah kenari. Akan tetapi, jika mengalami pembesaran pada prostat, ukurannya bisa sebesar kurang lebih seperti buah jeruk. Pada kasus penyakit prostat, biasanya tedapat tiga jenis masalah yang sering kali dialami. Ketiga jenis masalah ini adalah, pembesaran prostat, peradangan prostat, dan juga kanker prostat.

Pembesaran prostat jinak

Kelenjar prostat yang tumbuh secara berlebihan, bisa menyebabkan pembesaran prostat jinak. Hal ini biasanya seringkali terjadi pada pria-pria yang fungsi kerja dari hormonnya sudah semakin menurun, dan ini biasanya di alami oleh pria-pria yang usianya sudah lanjut. Gejala yang biasa dialami ketika mengalami pembesaran prostat jinak adalah, air kemih yang dibuang sangat sedikit, tidak tuntas dalam membuang air kemih, dan sering terbangun pada malam hari untuk buang air kecil.

Radang prostat

Radang prostat, merupakan tingkat lanjut dari penyakit prostat. Biasanya, radang atau perdangan pada prostat ini disebabkan oleh bakteri. Hal ini dikarenakan kurangnya menjaga kebersihan pada area alat vitalnya. Dampak yang dirasakan oleh penderita radang prostat adalah, rasa sakit yang sangat luar biasa.Jika peradangan prostat ini terjadi rutin dan terbilang parah, maka bisa merusak kelenjar prostat itu sendiri.

Kanker prostat

Kanker prostat biasanya akan muncul pada saat, kanker sudah menyebar dan keluar dari prostat. Dari kasus kanker prostat yang terjadi, penyebab utama dari kanker prostat ini masih belum bisa diidentifikasi dengan jelas. Akan tetapi, ada dua jenis kanker prostat yang bisa diketahui.

  1. Kanker prostat dini, kanker yang masih berada di dalam area prostat
  2. Kanker prostat lanjut, kanker yang sudah menyerang bagian luar kelanjar prostat.

Penyebab penyakit prostat

Dari hampir semua penyakit memiliki penyebab, begitu juga dengan penyakit prostat ini. Untuk itu, mengetahui penyebab dari penyakit prostat ini, bisa membuat kita lebih waspada agar tidak terkena penyakit prostat ini. Berikut beberapa penyebab dari penyakit prostat.

  1. Faktor keturunan
    Salah satu penyebab dari penyakit prostat adalah, adanya faktor keturunan. Apabila anggota keluarga Anda ada yang mengalami penyakit prostat, maka kemungkinan Anda juga bisa mengalami penyakit prostat ini.
  1. Makanan yang mengandung kadar lemak tinggi
    Asupan makanan adalah, kunci utama dari kesehatan Anda setelah gaya hidup. Mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi, bisa menyebabkan penyakit prostat ini dialami. Oleh karena itu, hindari atau kurangi makanan yang mengandung kadar lemak yang tinggi.
  1. Jarang berolahraga
    Olahraga merupakan aktifitas yang sangat dianjurkan untuk menjaga kebugaran dan kesahatan tubuh. Dengan melakukan olahraga dengan rutin dan teratur, Anda bisa terhindar dari penyakit seperti prostat. Anda bisa melakukan olahraga seperti, jogging untuk tetap menjaga kesehatan tubuh Anda.
  1. Mengkonsumsi obat-obatan terlarang
    Penderita penyakit prostat, sering kali dialami oleh orang yang memiliki kecanduan terhada obat-obatan terlarang. Oleh karena itu, hindari mengkonsumsi obat-obatan terlarang, agar terhindar dari berbagai macam penyakit, yang salah satunya adalah penyakit prostat.
  1. Merokok
    Merokok memang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Salah satu penyakit yang bisa disebabkan oleh merokok adalah, penyakit prostat. Apabila saat ini Anda merupakan perokok aktif, maka sebaiknya untuk berhenti merokok. Karena tidak hanya penyakit prostat saja yang bisa menyerang Anda, tetapi juga penyakit-penyakit yang lainnya seperti kanker.

Makanan dan minuman pantangan bagi penderita penyakit prostatKanker-Prostat

Penderita penyakit prostat ini, memiliki beberapa pantangan makanan dan minuman yang harus dihindari. Berikut ini adalah pantangan makanan dan minuman tersebut.

  1. Sayuran seperti, tauge, sawi putih, dan juga kangkung
  2. Daging dan ikan asin
  3. Makanan seafood
  4. Makanan yang menggunakan zat pengawet
  5. Daging hewan ungags
  6. Minuman ringan
  7. Minuman beralkohol
  8. Buah-buahan seperti, duku, nanas, durian, nangka, dan anggur.

Makanan dan minuman tersebut harus dihindari oleh penderita prostat. Dengan tujuan, agar penyakit prostat yang dialami bisa segera sembuh dengan baik dan benar.

Tumbuhan dan obat herbal untuk penyakit prostat

Hampir setiap penyakit, memiliki obat yang terdapat secara alami. Obat alami tersebut biasanya dikenal dengan obat herbal, yang berasa dari tumbuhan. Untuk penyakit prostat, ada beberapa obat herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit prostat tersebut. Berikut beberapa obat herbal tersebut.

  1. Bawang putih
    Bawang putih yang biasanya digunakan sebagai bumbu masakan, ternyata bisa digunakan untuk mengobati penyakit prostat. Cara menggunakannya adalah, bisa dengan cara dimakan langsung atau bawang putih tersebut dihaluskan dengan cara diblender. Mengkonsumsi bawang putih dengan rutin dan teratur, bisa mengobati penyakit prostat
  1. Buah manggis
    Buah yang memiliki rasa asam dan juga manis ini, bisa digunakan sebagai obat untuk mengobati penyakit prostat. Penderita penyakit prostat bisa memakan langsung buah manggis ini, sebagai obat penyakit prostatnya. Dengan mengkonsumsi buah manggis secara rutin dan teratur, maka penyakir prostat bisa sembuah dengan baik dan benar.
  1. Daun sirsak
    Daun sirsak memang sudah dikenal akan manfaatnya. Salah satu manfaat dari daun sirsak adalah untuk mengobati penyakit prostat. Cara menggunakan daun sirsak sebagai obat penyakit prostat adalah, dengan merebus daun sirsak tersebut dan meminum air rebusannya. Ambil kurang lebih 5 lembar daun sirsak dan kemudian direbus hingga sisa satu gelas. Minum air rebusan daun sirsak ini 2 kali sehari, untuk mengobati penyakit prostat.

Dari pembahasan diatas, bisa ditarik kesimpulan, bahwa menjaga kesehatan itu sangat perlu. Terutama untuk terhindar dari berbagai macam penyakit, seperti penyakit prostat. Demikian sedikit ulasan diatas, semoga dengan ulasan di atas tersebut bisa membantu, dan menjadi referensi Anda dalam mengenal dan mengobati penyakit prostat.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.