Kenali 5 Faktor Penyebab Alergi

Kenali Penyebab Alergi yang belum anda ketahui

alergiSiapa yang tak mengenal kata ‘alergi’?

Hal ini rupanya adalah salah satu reaksi dari sistem kekebalan tubuh akan sesuatu yang dianggap berbahaya meskipun terkadang yang masuk ke dalam tubuh bukanlah hal berbahaya. Namun selain ‘masuk’ ke dalam tubuh, alergi juga merupakan reaksi akan sentuhan pada tubuh.

Substansi pemicu alergi atau dikenal dengan nama alergen hanya akan berdampak ke orang yang mempunyai alergi tersebut. Jika hal ini terjadi pada orang lain yang tak mempunyai alergi tersebut, maka alergen tak akan memicu reaksi akan kekebalan tubuh seseorang. Beberapa jenis dari substansi yang menyebabkan adanya reaksi alergi antara lain bulu hewan, obat-obatan, serangga, debu, serbuk sari, atau lainnya.

Gejala pada tiap alergi tidaklah sama. Hal ini disebabkan oleh jenis alergen. Contohnya, apabila seseorang alergi akan makanan khusus, maka akan menyebabkan gejala ke sistem pencernaan maupun mulut.

Berikut adalah beberapa gejala yang terlihat saat seseorang mengalami alergi akan sesuatu:

  • Alergi Yang Disebabkan Oleh Sengatan Atau Gigitan Serangga
    Biasanya gejala yang dirasakan yakni adanya pembengkakan di bagian yang digigit, kemudian gatal di seluruh tubuh, sesak dada, sesak napas, dan batuk-batuk.
  • Alergi Yang Disebabkan Oleh Substansi dari Udara (Debu, Serbuk Sari, dan Semacamnya)
    Reaksi tubuh akan alergi ini pada awalnya adalah bersin-bersin. Kemudian gejala tersebut akan merambat menjadi hidung yang berair dan mampet sehingga kesulitan bernapas. Gatal yang dirasakan yakni pada hidung, disusul mata yang merah, kemudian berair, bahkan hingga bengkak.
  • Alergi Yang Disebabkan Oleh Makanan
    Reaksi dari tubuh yakni adanya sensasi gatal ataupun gatal di dalam mulut. Kemudian akan terjadi pembengkakan pada lidah, bibir, tenggorokan, bibir, ataupun wajah. Kemudian, alergi ini juga nantinya menjadikan ruam gatal dan merah muncul di bagian kulit, merasakan mual, sakit perut, bahkan diare.
  • Alergi Yang Disebabkan Oleh Obat
    Tidak hanya makanan, substansi udara, dan serangga, namun obat juga dapat menimbulkan alergi pada beberapa orang tertentu. Gejala yang dirasakan biasanya gatal-gatal pada permukaan kulit, pembengkakak di bagian wajah, ruam, sulit bernapas, hingga anafilaksis.
  • Selain yang sudah disebutkan di atas, alergi juga dapat muncul dari beberapa hal lain seperti perhiasan, parfum, pewarna rambut, sabun, atau sampo. Biasanya pada alergi seperti ini, penderitanya akan mengalami gatal, ruam kemerahan, sampai bersisik.

Bagaimana Mengetahui Kapan Kita Alergi?

Ada begitu banyak fakta dan mitos di dalam pembahasan alergi. Tak sedikit orang mengatakan bahwa alergi terhadap makanan merupakan merupakan masalah alergi paling umum. Padahal faktanya, alergi ini merupakan alergi paling jarang. Banyak orang berasumsi bahwa kondisi seseorang terhadap makanan dapat digolongkan sebagai alergi. Kenyataannya hanya 1 s.d 2% dari 20% dewasa dan anak-anak yang benar-benar alergi terhadap makanan.

Akan tetapi, bila seseorang mengalami masalah terhadap makanan tertentu dan mengalami bengkak, gatal-gatal, dan bentol pada kulit, maka kemungkinan besar orang tersebut memang memiliki alergi pada satu jenis makanan. Ada baiknya segera pergi ke dokter guna melakukan tes alergi.

Dan apakah alergi pada satu makanan hanya akan terjadi bila makanan tersebut merupakan makanan olahan? Nyatanya tidak. Menyantap makanan organik juga bisa mendatangkan alergi tertentu pada seseorang, seperti susu, kacang, telur, ikan, dsb. Penyebab alergi biasanya karena kandungan protein di dalam bahan makanan tersebut.

Mengenal Faktor Penyebab Munculnya Alergi

Di bawah ini merupakan beberapa faktor yang menjadi penyebab alergi, antara lain:

  • Genetis atau Faktor Keturunan
    Meskipun alergi bisa saja terjadi pada semua orang, dari bayi hingga lansia, rupanya resiko paling besar ada pada anak yang mempunyai orangtua dengan alergi khusus. Biasanya, pada anak ini, gejala alergi seperti makanan, obat, ataupun asma akan sering muncul. Biasanya, orang-orang tertentu ini tak mengalamai alergi dalam waktu yang cukup lama. Tetapi, setidaknya setelah 5 s.d 10 tahun mengalaminya, kerentanan terhadap alergen akan sama seperti orangtuanya. Namun perlu diingat, walaupun orangtua tak mengidap alergi apapun, bukan berarti seorang anak tak akan mengalami alergi. Seorang anak memiliki kemungkinan terkena alergi hingga angka 12,5%.
  • Faktor Kejiwaan
    Rupanya pencetus alergi juga berasal dari gangguan kejiwaan seperti merasa takut, marah, ataupun cemas. Gejala alergi dingin dingin biasanya akan menimbulkan eksim di permukaan kulit. Orang yang memiliki bakat alergi ini lalu bersifat pemarah dan emosional akan menjadikan gejala alergi menjadi akut pada kulit.
  • Faktor Makanan
    Pada alergi ini biasanya timbul dikarenakan adanya respon dari sistem kekebalan tubuh dalam melepas antibodi terhadap makanan tertentu. Alergi ini kerap terjadi pada anak-anak dan orang dewasa.
  • Faktor psikis
    Yang dimaksud di sini ialah stress. Penyebab timbulnya stress yakni emosi dalam keadaan tak stabil dan tidak bisa dikontrol dengan baik. Dan ketika seseorang sedang dalam keadaan stress, produksi Imunoglobulin E serta protein dapat memicu timbulnya reaksi alergi pada tubuh. Gejala yang muncul yakni gatal-gatal.
  • Faktor lingkungan
    Bila seseorang mengalami alergi tanpa ada faktor pasti, maka kemungkinan terakhir dari penyebab munculnya alergi ialah lingkungan. Beberapa penyebab seseorang alergi substansi udara biasanya dikarenakan oleh debu sekitar rumah, asap kendaraan, bau cat, asap rokok, dan lain-lain. Gejala yang timbul dari alergi ini antara lain sulit bernapas (gangguan pernapasan / asma), mata merah dan berair, serta batuk-batuk.

Makanan dan Minuman Yang Menyebabkan Alergialergi-walafiat

Jenis makanan dan minuman yang menyebabkan munculnya alergi tidaklah sama di setiap orang. Ada yang mengalami alergi kacang-kacangan, namun di individu lain, ia merasakan alergi setelah memakan telur. Biasanya alergi muncul pada bahan makanan dengan kandungan protein tinggi. Oleh karenanya, lebih baik memerhatikan dan segera melakukan tes alergi bila gejala alergi makanan timbul saat tengah mengonsumsi sesuatu.

Cara Mengobati Alergi Secara Alami

Berikut ini adalah beberapa bahan makanan yang dapat meredakan alergi, antara lain:

  • Madu
    Bahan makanan yang diproduksi secara lokal jauh lebih disarankan sebab memiliki kandungan serbuk sari yang nantinya mampu melawan reaksi alergi dengan merangsang sistem kekebalan pada tubuh. Madu merupakan cara paling efektif dalam mengobati alergi.
  • Quercetin
    Antioksidan jenis ini dapat ditemukan dalam apel, bawang, teh hitam, ataupun berry, Quercetin mempunyai kemampuan untuk memblokir sintesis histamin. Karenanya, nanti ia memiliki fungsi dalam mengurangi gejala alergi.
  • Antioksidan alami
    Ini dapat kita peroleh dalam buah-buahan serta sayur-mayur. Beberapa jenis buah serta sayuran yang dianjurkan dalam mengobati alergi ialah ekstrak biji anggur, apel, tomat, pisang, bawang, serta wortel.

Memiliki alergi dapat mempengaruhi aktivitas karena gejala yang timbul. Karenanya, ketahuilah jenis alergi dan segera obati sebelum menjadi masalah yang berlarut-larut. Terima kasih telah membaca dan mengikuti artikel ini. Semoga bermanfaat. Jagalah terus kesehatan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.