20 Cara Menjaga Kesehatan Mata yang Perlu Anda Ketahui

Ketahui Cara Menjaga Kesehatan Mata

kesehatan-mataMata merupakan salah satu indera yang sangat kita butuhkan. Tanpa mata kita tidak dapat menjalankan segala aktivitas dengan baik. Mata adalah jendela dunia. Kalimat tersebut memang benar adanya karena mata kita gunakan sebagai melihat segala sesuatu dan dari penglihatan inilah kita dapat melakukan berbagai aktivitas yang bermanfaat.

Sudah barang tentu kita harus menjaga kesehatan mata kita. Pentingnya indera kita yang satu ini hendaknya membuat kita untuk selalu menjaga dan menyayanginya. Dengan menjaga kesehatan mata, kita akan senantiasa terhindar dari penyakit mata. Macam-macam penyakit mata antara lain bintitan, miopi, presbiopi, katarak, gloukoma, rabun, silinder, dan sebagainya. Berbagai penyakit mata ini akan membuat kemampuan penglihatan kita menurun, bahkan pada kondisi terparah tidak dapat berfungsi. Selain itu, dengan menjaga kesehatan mata kita merupakan cara kita bersyukur kepada Tuhan yang telah menciptakan mata untuk kita.

Berbagai penyakit mata tersebut merupakan disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah kebiasaan buruk kita seperti mengucek mata, membaca terlalu dekat, dan menonton televisi terlalu dekat. Selain itu, penyakit mata juga disebabkan oleh faktor lain misalnya penyakit gula dan faktor genetik atau keturunan.

Berbicara lebih lanjut mengenai kesehatan mata, terdapat mitos yang menyebar di masyarakat bila orang yang memakai kacamata (plus atau minus) bila terus memakai kacamata akan memperburuk kondisinya. Dalam hal ini semakin lama memakai kacamata akan semakin bertambah plus atau minusnya. Hal ini adalah mitos semata, faktanya orang yang terlanjur terkena miopi (mata minus) atau presbiopi (mata plus) bila tidak segera mendapatkan kacamata yang dapat membantu dalam melihat maka akan semakin parah keadaannya. Parahnya plus atau minus yang diderita ini disebabkan oleh kebiasaan buruk yang terus dilakukan sementara tidak ada alat bantu atau kacamata untuk menolongnya.

Cara menjaga kesehatan mata dilakukan dengan melakukan kebiasaan yang baik untuk mata kita dan mengonsumsi makanan yang baik pula untuk mata kita. Berikut selengkapnya 20 cara menjaga kesehatan mata baik dari kebiasaan yang dilakukan maupun makanan yang perlu dikonsumsi.

 

Kebiasaan untuk Menjaga Kesehatan Mata

  1. Hindari memakai lensa kontak

Ketika memakai kontak lensa, mata Anda akan lebih banyak berpeluang terpapar bakteri dan kotoran. Bakteri dan kotoran ini dapat menginfeksi mata Anda. Jika terpaksa memakai lensa kontak, hindari pemakaian lebih dari 19 jam. Hal ini dikhawatirkan akan menyebabkan kerusakan mata permanen.

 

  1. Hindari penggunaan tetes mata

Tetes mata hanya digunakan ketika mata sedang terinfeksi yang biasanya menunjukkan gejala mata merah. Selain kondisi tersebut, hindari penggunaan tetes mata. Penggunaan tetes mata saat kita tidak membutuhkannya akan dikhawatirkan mengganggu kenyamanan mata.

 

  1. Hindari terlalu dekat menonton televisi

Menonton televisi terlampau dekat akan memperbesar daya mata. Akibatnya mata akan terasa cepat lelah. Ketika mata Anda lelah karena menonton televisi terlalu dekat, mengistirahatkan mata merupakan pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan mata Anda.

 

  1. Hindari mengucek mata

Mengucek atau menggosok mata Anda akan memberikan tekanan pada mata Anda. Jika mata Anda gatal, gosoklah secara lembut agar mata Anda tidak tertekan.

 

  1. Hindari terlalu lama di depan komputer atau laptop

Terlalu lama bekerja di depan komputer atau laptop akan melelahkan mata Anda. Mata yang lelah ketika terus dipaksa bekerja akan menunjukkan penolakan berupa mata memerah, berair, bahkan dapat menyebabkan pusing.

 

  1. Hindari membaca di ruangan redup

Membaca pada ruang yang redup akan memaksa mata bekerja secara berlebih. Mata akan berupaya untuk menangkap bayangan dengan cahaya yang tidak memadai. Akibatnya mata Anda akan terasa tegang.

 

  1. Hindari melihat cahaya secara langsung

Melihat cahaya yang terang secara langsung akan merusak mata Anda. Terlebih lagi bila melihat matahari. Cahaya matahari mengandung sinar UV A dan UV B yang dapat menembus masuk dalam mata Anda.

 

  1. Melatih mata

Lakukan latihan mata dengan cara memfokuskan pandangan pada benda yang dekat dan benda yang jauh. Ini akan melatih otot-otot mata Anda.

 

  1. Melihat pemandangan serba hijau dan biru

Pemandangan yang serba hijau dan biru akan membuat otot-otot mata Anda lebih rileks. Setiap mata Anda tegang, beristirahatlah dengan melihat pemandangan berwarna hijau atau biru.

 

  1. Memakai kacamata hitam antiUV di luar ruangan

Memakai kacamata hitam ketika di luar ruangan, utamanya yang mengandung antiUV akan menyelamatkan Anda dari risiko kerusakan mata akibat sinar ultraviolet.

 

Makanan untuk Menjaga Kesehatan Matamata-sehat

  1. Wortel

Wortel sepertinya telah banyak dikenal sebagai makanan yang baik untuk kesehatan mata. Wortel kaya akan betakaroten yang merupakan jenis vitamin A. Betakaroten ini mampu memaksimalkan fungsi retina pada mata.

 

  1. Tomat

Tomat merupakan buah yang juga kaya akan vitamin A. Vitamin A mampu menjaga kesehatan mata. Selain vitaim A, tomat juga mengandung lycopene yang merupakan antioksidan terbaik.

 

  1. Bayam

Bayam kaya akan vitain B. Namun, bayam juga mengandung vitamin A, salah satunya betakaroten. Betakaroten mampu menjaga kesehatan mata dengan memaksimalkan fungsi pada retina.

 

  1. Brokoli

Meskipun kandungan vitamin terbanyak dalam brokoli adalah vitamin B dan vitamin C, dalam sayuran ini juga terdapat betakaroten yang merupakan jenis vitamin A. Brokoli dapat menjadi bahan makanan alternatif untuk menjaga kesehatan mata Anda.

 

  1. Alpukat

Alpukat juga mengandung vitamin A. Selain itu, alpukat juga mengandung lutein yang dapat mencegah degenerasi makula dan katarak.

 

  1. Ikan salmon

Ikan salmon kaya pula akan kandungan vitamin A. Konsumsi ikan salmon sebagai lauk pauk dapat menjaga kesehatan mata Anda.

 

  1. Biji bunga matahari

Kandungan selenium dan vitamin E dalam bunga matahari mampu mencegah katarak dan gangguan mata lainnya.

 

  1. Bluberi

Kandungan betakaroten pada bluberi dapat meningkatkan sirkulasi darah ke mata. Bluberi ternyata populer untuk pengobatan katarak, miopi, rabun senja, dan penyakit mat lainnya.

 

  1. Kale

Kale mengandung vitamin A dan lutein. Vitamin A dan lutein mampu menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit mata.

 

  1. Telur

Selain kaya akan protein, terdapat kandungan dalam telur yang dapat menjaga kesehatan mata yaitu vitamin A dan lutein.

Kesimpulan

Cara menjaga kesehatan mata yaitu dengan melakukan kebiasaan yang baik untuk kesehatan mata dan mengonsumsi makanan yang baik pula untuk mata kita. Kebiasaan-kebiasaan yang baik untuk menjaga mata kita yaitu menghindari memakai lensa kontak, menghindari penggunaan tetes mata, menghindari terlalu dekat menonton televisi, menghindari mengucek mata, menghindari terlalu lama di depan komputer atau laptop, menghindari membaca di ruangan redup, menghindari melihat cahaya secara langsung, melatih mata, melihat pemandangan serba hijau dan biru, serta memakai kacamata hitam antiUV di luar ruangan. Sedangkan makanan yang baik untuk menjaga kesehatan mata yaitu wortel, tomat, bayam, brokoli, alpukat, ikan salmon, biji bunga matahari, blueberry, kale, dan telur.

 

Terima kasih telah menyimak 20 cara menjaga kesehatan mata yang perlu Anda ketahui. Semoga dapat memberikan manfaat dan menambah khazanah pengetahuan Anda seputar kesehatan. Nantikan cara-cara lain yang penting pula untuk Anda ketahui.

Comments

comments