20 Cara Meninggikan Badan yang Perlu Anda Ketahui

Cara Meninggikan Badan yang Perlu Anda Ketahui

meninggikan-badanBadan yang tinggi merupakan idaman setiap orang, baik wanita atau pria. Badan yang memiliki tinggi ideal akan dianggap dapat meningkatkan rasa percaya diri, menunjang karir, dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Ukuran ideal bagi seseorang tidak hanya memiliki berat badan yang ideal, namun juga memiliki tinggi badan yang ideal. Dengan demikian, tinggi badan merupakan hal yang penting untuk diperhatikan.

Seseorang yang tidak memiliki tinggi badan yang ideal akan berkurang rasa percaya dirinya, bahkan pada pekerjaan-pekerjaan tertentu mempersyaratkan tinggi badan minimal. Misalnya pekerjaan seperti polisi, TNI, pramugari, dan sebagainya. Akan sangat sulit bagi Anda untuk menggapai cita-cita Anda bila memiliki tinggi badan yang tidak ideal. Selain itu, memiliki tinggi badan yang tidak ideal juga akan mempengaruhi kehidupan secara umum. Misalnya tidak mampu meraih sesuatu yang tinggi.

Tinggi badan ternyata penting untuk diperhatikan. Tinggi badan seseorang akan maksimal berkembang pada usia 7-18 tahun. Lebih dari usia tersebut masih bisa, namun tidak semaksimal pada usia pertumbuhan. selain itu, tinggi badan juga dipengaruhi oleh faktor genetik. Mitosnya, tinggi badan seorang wanita akan dipengaruhi oleh tinggi badan ayahnya. Sedangkan tinggi badan seorang pria akan dipengaruhi oleh tinggi badan ibunya. Hal tersebut memanglah benar. Berikut cara menghitung tinggi badan secara medis.

Tinggi pria dihitung dengan rumus (TB ibu + 13) + (TB ayah) = x : 2 = TB Anda +/- 8,5 cm. Misalnya pria A memiliki ibu dengan TB 150 dan ayah dengan TB 160. Maka perkiraan tingginya adalah (150 + 13) + 160 = 323 : 2 = 161,5 +/- 8,5 cm. Jadi, perkiraan tinggi Anda di antara 153-170 (161,5 – 8,5 atau 161,5 + 8,5).

Tinggi wanita dihitung dengan rumus (TB ayah – 13) + (TB ibu) = x : 2 = TB Anda +/- 8,5 cm. Misalnya wanita A memiliki ayah dengan TB 160 dan ibu dengan TB 150. Maka perkiraan tingginya adalah (160 – 13) + 150 = 297 : 2 = 148,5 +/- 8,5 cm. Jadi, perkiraan tinggi Anda di antara 140-157 (148,5 – 8,5 atau 148,5 + 8,5).

Meskipun demikian, bagi Anda yang ingin menambah tinggi Anda, terdapat cara meninggikan badan dengan yaitu hanya dengan melakukan kebiasaan sederhana yang dapat meningkatkan tinggi badan dan mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan tinggi badan Anda.

 

Kebiasaan untuk Meningkatkan Tinggi Badan

  1. Bersepeda

Jika Anda memiliki kebiasaan menggunakan kendaraan untuk menjangkau sebuah tempat, ubah dengan menjangkau dengan bersepeda. Mengayuh sepeda akan mendorong kaki Anda untuk melakukan peregangan. Cara ini dapat membuat kaki Anda tumbuh lebih panjang. Buatlah bantalan duduk pada sepeda Anda lebih tinggi sehingga akan memerlukan upaya yang lebih untuk dapat mencapai kayuh sepeda. Cara ini akan menambah tinggi badan Anda dengan cepat.

 

  1. Melompat

Jika waktu Anda senggang, lakukanlah kegiatan melompat-lompat. Boleh juga bila menggunakan tali. Melompat dapat meningkatkan elastisitas dan menguatkan tulang Anda, khususnya kaki. Melompat akan memberikan Anda kesempatan untuk melompat dengan konsisten. Selain dapat memaksimalkan pertumbuhan tulang Anda, melompat juga dapat melatih jantung Anda.

 

  1. Bergelantungan

Waktu Anda senggang? Daripada ngemil, lebih baik lakukan hanging exercise atau bergelantungan. Bergelantungan akan memicu tulang-tulang Anda untuk memanjang. Anda dapat meraih apapun untuk menahan tubuh Anda seperti bingkai pintu, ranting pohon, dan sebagainya. Benda-benda yang Anda gunakan ini hendaknya yang kuat dan mampu menopang tubuh Anda.

 

  1. Tidur terlentang

Posisi tidur yang paling baik untuk memaksimalkan pertumbuhan tulang Anda yaitu posisi tidur terlentang. Posisi tidur yang terlentang juga tidak akan menyebabkan bagian tubuh lain membebani bagian tubuh lainnya.

 

  1. Meregangkan tubuh

Lakukan peregangan tubuh sesaat bangun tidur atau saat-saat waktu luang. Meregangkan tubuh akan membantu tulang-tulang Anda elastis.

 

  1. Menghindari stereoid dan obat-obatan penghambat pertumbuhan tulang

Steroid atau obat-obatan lain yang dapat menghambat pertumbuhan tulang lebih baik dihindari. Hati-hati pula dalam mengonsumsi suplemen kesehatan, pilih yang bebas kandungan steroid.

 

  1. Menghindari kafein

Kafein memang tidak secara langsung menghambat pertumbuhan tulang, namun kafein akan mengganggu waktu istirahat Anda. Sebagian besar orang terpengaruh kafein dengan tidak dapat tidur. Padah tidur adalah saat di mana sel tubuh diperbarui, termasuk pada hormon pertumbuhan.

 

  1. Menghindari rokok

Sebuah penelitian kesehatan mengungkapkan bahwa anak-anak yang sejak kecil mengonsumsi rokok, hormon pertumbuhannya akan terganggu.

 

  1. Menghindari alkohol

Alkohol dapat merusak tubuh, termasuk hormon pertumbuhan. jika hormon pertumbuhan rusak, maka peluang untuk dapat bertumbuh tinggi akan semakin kecil.

 

  1. Istirahat cukup

Ketika tidur merupakan saat tubuh melakukan regenerasi sel. Sel yang rusak diperbarui, termasuk pada hormon pertumbuhan Anda.

Makanan untuk Meningkatkan Tinggi Badan

  1. Susu

Susu kaya akan kandungan kalsium yang dibutuhkan untuk tulang. Selain itu, susu juga mengandung protein yang baik untuk regenerasi sel.

 

  1. Keju

Keju merupakan produk olahan dari susu. Keju juga memiliki kandungan yang baik untuk pertumbuhan tulang.

 

  1. Oatmealcara-meninggikan-badan-secara-alami

Oatmeal merupakan produk dari biji-bijian. Biji-bijian kaya akan kandungan protein, vitain D, dan kalsium yang dibutuhkan untuk tulang.

 

  1. Daging ayam

Daging ayam kaya akan protein. Protein dibutuhkan oleh tubuh untuk memperbaiki sel, termasuk hormon pertumbuhan.

 

  1. Daging sapi

Daging sapi juga kaya akan protein, selain itu, daging sapi terkandung zat besi yang baik pula untuk kesehatan tulang.

 

  1. Ikan

Ikan kaya akan kandungan protein, vitamin D, dan lemak. dalam mengonsumsi ikan sebaiknya dengan cara direbus atau dibakar, ini akan menghindarkan Anda mengonsumsi lemak tambahan dari minyak goreng.

 

  1. Brokoli

Brokoli memiliki kandungan vitamin, mineral, serat, dan zat besi. Brokoli selain dapat digunakan untuk meningkatkan tinggi badan, juga dapat menurunkan berat badan.

 

  1. Lobak

Lobak kaya akan protein, vitamin, mineral, dan serat. Lobak mampu menghasilkan hormon pertumbuhan yang akan memicu perkembangan, kekuatan, dan kepadatan tulang Anda.

 

  1. Bok Choi

Bok Choi atau sawi daging kaya akan mineral, vitamin, dan karbohidrat. Selain sebagai sumber energi, bok choy juga dapat merangsang pertumbuhan hormon yang dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan tinggi badan.

 

  1. Okra

Sayuran ini memiliki bentuk seperti cabai besar berwarna hijau. Okra bermanfaat untuk meningkatkan tinggi badan karena kaya akan kalsium serat, karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

Kesimpulan

Cara meninggikan badan yaitu dengan melakukan kebiasaan yang baik untuk meningkatkan tinggi badan dan mengonsumsi makanan yang baik pula untuk meningkatkan badan. Kebiasaan-kebiasaan yang baik untuk meningkatkan tinggi badan Anda yaitu bersepeda, melompat, bergelantungan, tidur terlentang, meregangkan tubuh, menghindari stereoid dan obat-obatan penghambat pertumbuhan tulang, menghindari kafein, menghindari rokok, menghindari alkohol, dan istirahat cukup. Sedangkan makanan yang baik untuk meningkatkan tinggi badan yaitu susu, keju, oatmeal, daging ayam, daging sapi, ikan sarden, brokoli, lobak, bok choi, dan okra.

 

Terima kasih telah menyimak 20 cara meninggikan badan yang perlu Anda ketahui. Semoga dapat memberikan manfaat dan menambah khazanah pengetahuan Anda seputar kesehatan. Nantikan cara-cara lain yang penting pula untuk Anda ketahui.

Comments

comments